3 Tim yang Menggagalkan Barcelona Meraih Trofi pada 2023/2024

Barcelona mengakhiri musim tanpa gelar juara

Barcelona benar-benar tak mampu tampil apik di semua kompetisi yang mereka ikuti musim ini. Hal itu membuat Barcelona dipastikan gagal meraih satu pun trofi pada 2023/2024. Hasil itu lebih buruk dari musim lalu saat Blaugrana masih mampu menjuarai LaLiga Spanyol dan Piala Super Spanyol. 

Terdapat tiga tim yang bertanggung jawab atas hasil buruk yang diterima Barcelona musim ini. Sebab, ketiga tim tersebut terlalu tangguh untuk dikalahkan anak asuh Xavi Hernandez tersebut. Berikut tiga tim yang membuat Barcelona gagal meraih trofi pada 2023/2024.

1. Real Madrid mengalahkan Barcelona dalam perebutan trofi Piala Super Spanyol dan LaLiga

3 Tim yang Menggagalkan Barcelona Meraih Trofi pada 2023/2024Real Madrid (realmadrid.com)

Real Madrid berhasil mengalahkan Barcelona dalam perebutan dua trofi pada 2023/2024, yakni Piala Super Spanyol dan LaLiga. Pada Piala Super Spanyol, Barcelona takluk dari sang rival dengan skor telak 1-4. Dalam laga tersebut, hattrick dari Vinicius Jr dan 1 gol dari Rodrygo hanya mampu dibalas 1 kali oleh Robert Lewandowski.

Los Blancos juga tampil lebih konsisten di LaLiga untuk menggenggam gelar juara. Los Blancos hanya takluk sekali, yakni ketika menghadapi Atletico Madrid. Sementara itu, Barcelona tampil tak terlalu baik dengan menelan lima kekalahan. Barcelona juga selalu takluk dari Real Madrid dalam dua pertemuan di LaLiga.

Baca Juga: 4 Pelatih yang Pernah Menangani Barcelona dan Bayern Munich

2. Athletic Bilbao menjegal langkah Barcelona untuk menjuarai Copa del Rey

3 Tim yang Menggagalkan Barcelona Meraih Trofi pada 2023/2024Barcelona kalah 2-4 dari Athletic Bilbao pada perempat final Copa del Rey 2023/2024. (fcbarcelona.com)

Athletic Bilbao menjadi tim yang menjegal langkah Barcelona untuk menjuarai Copa del Rey. Kedua tim bertemu pada perempat final setelah Barcelona menaklukan Unionistas sementara Athletic Bilbao memulangkan Alaves. Athletic Bilbao mendapat keuntungan karena pertandingan dimainkan di San Mames.

Athletic Bilbao berhasil unggul cepat setelah Gorka Guruzeta mencetak gol pada menit pertama. Barcelona kemudian berhasil membalikkan kedudukan menjadi 2-1 berkat aksi Robert Lewandowski dan Lamine Yamal. Namun, Athletic Bilbao memaksa skor kembali imbang setelah Oihan Sancet menjebol jala Inaki pena.

Skor sama kuat memaksa laga berlanjut ke babak perpanjangan waktu. Los Leones berhasil membuat skor menjadi 3-2 setelah Inaki Williams berhasil membobol jala Barcelona. Gol Nico Williams jelang pertandingan berakhir memastikan langkah Athletic Bilbao ke semifinal.

3. Paris Saint-Germain menumbangkan Barcelona di Liga Champions

3 Tim yang Menggagalkan Barcelona Meraih Trofi pada 2023/2024Kylian Mbappe (uefa.com)

Barcelona tergabung di Grup H Liga Champions Eropa bersama FC Porto, Royal Antwerp, dan Shakhtar Donetsk. Barcelona berhasil menjadi pemuncak grup dengan koleksi 12 poin, diikuti Porto. Meski begitu, mereka sempat menderita dua kekalahan dari Shaktar Donetsk dan Royal Antwerp.

Pada babak 16 besar, Barcelona bertemu dengan juara Serie A, Napoli. Pada leg pertama yang dimainkan di Stadio Diego Armando Maradona, kedua tim bermain imbang setelah gol Robert Lewandowski berhasil dibalas Victor Osimhen. Ketika berperan sebagai tuan rumah, Barcelona mampu meraih kemenangan dengan skor 3-1 untuk mengunci satu tiket ke perempat final.

Barcelona bertemu Paris Saint-Germain (PSG) yang sebelumnya mengalahkan Real Sociedad. Pada leg pertama, Barcelona berhasil meraih modal bagus dengan membawa pulang kemenangan 3-2 dari kandang PSG. Pada leg kedua, Barcelona sempat berada di atas angin setelah Raphinha berhasil mencetak gol. Petaka terjadi setelah Ronald Araujo menerima kartu merah. Hal itu membuat PSG berhasil mencetak empat gol yang membuat Barcelona kalah 4-6 secara agregat.

Barcelona harus rela mengakhiri musim 2023/2024 tanpa satu pun trofi. Blaugrana harus segera berbenah jika kejadian serupa tak ingin kembali mereka alami musim depan.

Baca Juga: Hansi Flick Hampir Pasti Gantikan Xavi Hernandez di Barcelona

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya