Comscore Tracker

5 Edisi Turnamen Besar ketika Jerman Gagal Lolos dari Fase Grup

Jerman dua kali beruntun gagal lewati fase grup Piala Dunia

Timnas Jerman mempunyai julukan sebagai tim spesialis turnamen karena selalu berhasil tampil bagus di setiap turnamen besar yang mereka ikuti. Namun, hal tersebut nyatanya tak tercermin dalam dua edisi Piala Dunia terakhir.

Der Panzer bahkan harus menanggung malu karena gagal lolos dari fase grup. Kejadian ini jelas menodai nama besar Jerman yang punya empat trofi Piala Dunia. Berikut lima edisi turnamen besar ketika Jerman gagal lolos dari fase grup.

1. Piala Eropa 1984 jadi kali pertama Jerman gagal lolos dari fase grup

5 Edisi Turnamen Besar ketika Jerman Gagal Lolos dari Fase GrupJerman gagal lolos dari fase grup Piala Eropa 1984 (uefa.com)

Jerman Barat mengawali Piala Eropa 1984 dengan hasil imbang kontra Portugal dan kemenangan 2-1 atas Romania. Hal tersebut membuat mereka hanya butuh hasil imbang ketika bertemu Spanyol pada laga terakhir.

Jerman sepertinya akan lolos ketika keduanya bermain imbang tanpa gol. Namun, gol telat dari Antonio Maceda di menit ke-90 membuat Spanyol melangkah ke semifinal sementara Jerman Barat harus puas berada di peringkat ketiga. Ini merupakan kali pertama Jerman kandas di fase grup pada turnamen besar.

2. Der Panzer terhenti dari fase grup pada Piala Eropa 2000

5 Edisi Turnamen Besar ketika Jerman Gagal Lolos dari Fase GrupErich Ribeck gagal bawa Jerman lolos dari fase grup Piala Eropa 2000 (bayer04.de)

Jerman tergabung di grup neraka bersama Portugal, Inggris, dan Romania pada Piala Eropa 2000. Jerman yang dilatih oleh Erich Ribeck tak mampu berbuat banyak dalam dua laga pertama ketika mereka diimbangi Romania dan takluk dari Inggris.

Kekalahan dari Portugal dengan skor 0-3 memastikan Jerman menjadi juru kunci grup A dengan koleksi satu poin. Hasil ini merupakan raihan terburuk Der Panzer sepanjang keikutsetaan mereka di Piala Eropa.

Baca Juga: Pesta Gol Jerman vs. Kosta Rika Tak Mampu Bawa Keduanya Lolos 16 Besar

3. Jerman kembali gagal lolos ke fase gugur pada Piala Eropa 2004

5 Edisi Turnamen Besar ketika Jerman Gagal Lolos dari Fase GrupJerman gagal lolos dari fase grup Piala Eropa 2004 (uefa.com)

Kegagalan Jerman lolos dari fase grup Piala Eropa 2000 ternyata berlanjut pada gelaran empat tahun berselang. Tergabung bersama Belanda, Republik Ceko, dan Latvia, Jerman diprediksi lolos mendampingi Belanda.

Namun, mereka justru tak mampu memetik satu pun kemenangan sepanjang turnamen. Jerman dua kali meraih hasil imbang kontra Belanda dan Latvia. Harapan Jerman untuk lolos akhirnya kandas setelah mereka dipermalukan Republik Ceko dengan skor 1-2.

4. Piala Dunia 2018 merupakan kali pertama Jerman gagal lolos dari fase grup

5 Edisi Turnamen Besar ketika Jerman Gagal Lolos dari Fase GrupJerman gagal lolos dari fase grup Piala Dunia 2018 (bundesliga.com)

Berstatus sebagai juara bertahan, siapa yang menyangka Jerman bakal angkat koper lebih awal pada Piala Dunia 2018. Tim asuhan Joachim loew tersebut sudah dikejutkan dengan kekalahan dari Meksiko pada laga pertama.

Jerman bisa sedikit bernafas ketika mereka mampu menundukkan Swedia di laga kedua. Kejutan kemudian terjadi ketika Korea Selatan mampu mengalahkan jerman dengan lewat dua gol di masa injury time. Hal ini membuat Jerman untuk pertama kalinya gagal lolos fase grup Piala Dunia.

5. Hasil buruk kembali membayangi Jerman pada Piala Dunia 2022

5 Edisi Turnamen Besar ketika Jerman Gagal Lolos dari Fase GrupKemenangan Jepang atas Spanyol membuat Jerman gagal lolos dari fase grup Piala Dunia 2022 (twitter.com/FIFAWorldCup)

Misi wajib menang diusung Jerman ketika bertemu Kosta Rika pada laga ketiga demi mengamankan satu tiket lolos ke babak 16 besar. Sempat tertinggal 1-2, Jerman pada akhirnya mampu menaklukan Kosta Rika dengan skor 4-2.

Namun, kemenangan tersebut tak ada artinya karena di pertandingan lainnya Jepang berhasil mengalahkan Spanyol 2-1. Hasil ini membuat poin Jerman sama dengan Spanyol tetapi Der Panzer tetap gagal lolos karena kalah selisih gol.

 

Julukan sebagai tim spesialis turnamen nyatanya tak terbukti dalam lima edisi turnamen besar tersebut. Tim sebesar Jerman yang punya koleksi empat trofi Piala Dunia ternyata bisa dua kali beruntun gagal lolos dari fase grup Piala Dunia.

Baca Juga: Jerman Kena Karma di Piala Dunia 2022, Benarkah?

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya