Comscore Tracker

7 Pemain Sepak Bola Asal Swedia yang Pernah Membela Arsenal

Freddie Ljungberg bukan satu-satunya

Pada Oktober 2020 lalu, Arsenal memboyong seorang striker asal Swedia yang bernama Nikolaj Moller dari klub Malmo. Moller memang tidak langsung masuk skuad utama Arsenal. Ia dibina terlebih dahulu di tim muda The Gunners.

Sejauh ini, bersama tim Arsenal U-23, pemain ini telah bermain sebanyak 17 pertandingan dan mencetak 5 gol serta 2 assist. Dengan tinggi yang mencapai 1,9 meter dan potensi yang dimilikinya, pemain ini pun digadang-gadang sebagai the next Zlatan Ibrahimovich.

Moller memang belum mencatatkan debutnya untuk tim utama Arsenal. Namun, dalam beberapa kesempatan, ia sering diminta untuk ikut berlatih bersama skuad asuhan Mikel Arteta. Dengan usia yang masih 18 tahun, striker ini jelas masih punya banyak waktu untuk berkembang.

Bukan tidak mungkin Ia menjadi pemain kunci Arsenal dalam beberapa musim ke depan, sekaligus mengikuti jejak para senior senegaranya yang sudah terlebih dahulu membela The Gunners. Sejauh ini, terdapat tujuh pemain asal Swedia yang pernah berseragam Arsenal. Siapa saja ketujuh pemain tersebut? Berikut daftarnya.

1. Freddie Ljungberg

7 Pemain Sepak Bola Asal Swedia yang Pernah Membela Arsenalshoot.co.uk

Ljungberg memang bukan pemain pertama asal Swedia yang membela Arsenal. Namun jelas, ia merupakan yang tersukses. Catatannya selama sembilan musim (1998--2007) bersama The Gunners bisa menunjukkan hal tersebut.

Winger yang terbilang mungil ini bermain sebanyak 327 pertandingan dan mencetak 72 gol serta 37 assist. Freddie meraih 2 gelar Liga Inggris, 3 piala FA, dan 1 Piala Community Shield.

Tidak hanya sebagai pemain, Ljungberg juga mengabdi untuk Arsenal sebagai pelatih. Dimulai dari menangani tim Arsenal U-15 pada 2016, lalu menjadi pelatih tim U-23 pada 2018. Sampai puncaknya menjadi pelatih sementara tim senior selama periode November--Desember 2019 menggantikan Unai Emery yang dipecat.

2. Sebastian Larsson

7 Pemain Sepak Bola Asal Swedia yang Pernah Membela Arsenal90min.com

Sebastian Larsson bergabung dengan akademi Arsenal saat masih berusia 16 tahun pada Juli 2001. Ia baru mendapatkan debutnya pada bulan Oktober 2004 dalam pertandingan di Piala Carling melawan Manchester City. Di musim itu, Larsson mencatatakan dua penampilan tambahan di kompetisi yang sama.

Musim berikutnya, pemain berposisi gelandang ini diberi kesempatan lebih banyak. Ia tampil dalam sembilan pertandingan. Rinciannya, 3 di Liga Inggris, 1 di Piala FA, 4 di Piala Carling, dan 1 di Liga Champions.

Kesulitan bersaing dengan pemain senior, Larsson dipinjamkan ke Birmingham di musim berikutnya. Di musim berikutnya lagi, ia pun pindah secara permanen ke tim tersebut.

3. Kim Kallstrom

7 Pemain Sepak Bola Asal Swedia yang Pernah Membela Arsenalen.as.com

Kim Kallstrom mungkin menjadi salah satu transfer paling absurd yang pernah dilakukan Arsenal. Pada 31 Januari 2014, ia didatangkan dari Spartak Moscow sebagai pemain pinjaman. Namun, kondisinya saat itu sedang mengalami cedera.

Akibatnya, selama enam bulan membela The Gunners pemain ini hanya mencatatkan empat penampilan. Menariknya, salah satu penampilan ia catatkan dalam pertandingan penting, yaitu semifinal Piala FA melawan Wigan Athletic.

Pertandingan tersebut berakhir dengan adu penalti. Kim yang hanya bermain selama tujuh menit ikut menjadi eksekutor dan sukses melakukan tugasnya. Arsenal pun melaju ke final dan berhasil menjadi juara.

Baca Juga: 5 Pemain Berkebangsaan Swedia yang Pernah Membela Manchester United

4. Rami Shaaban

7 Pemain Sepak Bola Asal Swedia yang Pernah Membela Arsenalfootball.london

Arsenal mendatangkan Rami Shaaban dari klub Swedia, Djurgardens IF, pada Juli 2002. Sebetulnya, pemain berposisi kiper ini mengawali karirnya di Arsenal cukup baik. Shabaan yang merupakan pelapis dari kiper utama Arsenal saat itu, David Seaman, mencatatkan lima penampilan dalam lima bulan pertamanya.

Namun sayang, dalam satu sesi latihan, kiper ini mengalami patah tulang kaki kanan. Akibat cedera tersebut, ia pun tidak pernah lagi membela Arsenal di lapangan. Shabaan dipinjamkan ke West Ham pada Januari 2004 sebelum kemudian dilepas secara gratis ketika ia kembali.

5. Anders Limpar

7 Pemain Sepak Bola Asal Swedia yang Pernah Membela Arsenalarsenal.se

Anders Limpar merupakan pemain Swedia pertama yang membela Arsenal. Pemain ini didatangkan The Gunners dari klub Italia, Cremonese, pada Juli 1990. Secara pencapaian gelar, Limpar mungkin pemain yang paling bisa mendekati Ljungberg.

Pemain berposisi gelandang ini meraih 1 gelar Liga Inggris, 1 Piala Liga, 1 Piala FA, dan 1 Piala Winners UEFA. Total, Limpars mencatatkan 116 penampilan dan mencetak 20 gol. Ia pindah ke Everton pada 1994.

6. Kristoffer Olson

7 Pemain Sepak Bola Asal Swedia yang Pernah Membela Arsenalsportsmole.co.uk

Seperti halnya Larsson, Kristoffer bergabung dengan Arsenal sejak masih muda. Ia didatangkan dari tim Swedia, Norkopping, saat berusia 16 tahun pada Juli 2011. Kariernya bersama The Gunners dihabiskan di akademi.

Di tim utama, pemain berposisi gelandang ini hanya mencatatkan satu penampilan melawan West Bromwich Albion dalam ajang Piala Liga pada September 2013. Ia dijual ke klub Denmark, FC Midtjylland, pada Januari 2015.

7. Stefan Schwarz

7 Pemain Sepak Bola Asal Swedia yang Pernah Membela Arsenalthesun.co.uk

Stefan Schwarz bergabung dengan Arsenal dari Benfica pada Juli 1994. Ia hanya bermain selama satu musim bersama The Gunners.

Dalam waktu yang singkat itu, pemain berposisi gelandang ini mencatatkan 45 penampilan dan mencetak sembilan gol. Ia dijual ke Fiorentina pada musim berikutnya.

 

Itu tadi tujuh pemain asal Swedia yang pernah berseragam Arsenal. Menarik untuk menunggu apakah Nikolaj Moller bisa sukses seperti Ljungberg atau gagal seperti beberapa nama lainnya di atas.

Baca Juga: 5 Pemain yang Dikaitkan dengan Arsenal pada Transfer Musim Panas 2021

Gifar Ramzani Photo Verified Writer Gifar Ramzani

Alumni jurusan Sejarah Universitas Padjadjaran.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya