5 Pemain yang Mencetak Gol dan Assist 2 Digit pada 2022/2023

Lionel Messi memimpin

Kompetisi-kompetisi pada 2022/2023 tengah terhenti karena jeda internasional. Setelah ini, seluruh gelaran antarklub di Benua Biru akan tancap gas hingga akhir musim. Kebetulan jeda internasional baru kembali pada Juni 2023 nanti.

Sejak berlangsung pada Agustus 2022 lalu, hanya terdapat lima pemain yang memberikan kontribusi cukup komplet. Pasalnya, mereka mampu mengemas gol dan assist sebanyak dua digit.

Siapa saja pemain yang mencetak gol dan assist dua digit pada 2022/2023?

1. Lionel Messi (PSG)

5 Pemain yang Mencetak Gol dan Assist 2 Digit pada 2022/2023Lionel Messi (instagram.com/leomessi)

Lionel Messi memimpin daftar ini dengan catatan 13 gol dan 13 asisst untuk Paris Saint-Germain. Hanya Kylian Mbappe (19) yang mencetak lebih banyak gol dibanding dirinya di Ligue 1 Prancis.

Dari sisi assist, jumlah di atas membuat kapten Timnas Argentina tersebut bertengger sebagai kreator gol paling banyak. Kevin De Bruyne (Manchester City) satu-satunya pemain yang mampu menyamai torehan assist Messi.

2. Neymar Jr (PSG)

5 Pemain yang Mencetak Gol dan Assist 2 Digit pada 2022/2023Neymar Jr (instagram.com/neymarjr)

Di urutan selanjutnya, ada Neymar Jr yang telah mengoleksi 13 gol dan 11 assist. Sayangnya, jumlah tersebut tidak bisa bertambah karena petualangan bintang asal Brasil tersebut berakhir untuk musim ini.

Pada 6 Maret 2023 lalu, PSG mengumumkan Neymar Jr harus menjalani operasi di pergelangan kaki kanannya. Mereka menyebut masa pemulihannya akan menghabiskan waktu sekitar 3 hingga 4 bulan.

Baca Juga: Lionel Messi Jadi Prioritas Inter Miami pada Musim Panas 2023

3. Khvicha Kvaratskhelia (Napoli)

5 Pemain yang Mencetak Gol dan Assist 2 Digit pada 2022/2023Khvicha Kvaratskhelia (instagram.com/kvara7)

Keberhasilan Napoli memuncaki klasemen Serie A Italia tidak terlepas dari kontribusi 12 gol dan 12 assist Khvicha Kvaratskhelia. Ia menjadi pemain pertama yang mampu mencetak minimal 10 gol dan 10 assist pada musim debutnya di Italia.

Pemain asal Georgia tersebut baru saja dibeli I Partenopei dari Dinamo Butami dengan mahar sekitar Rp199 miliar. Napoli pun kini mengecap manis kesabaran mereka memantau sang pemain selama 2 tahun.

4. Bukayo Saka

5 Pemain yang Mencetak Gol dan Assist 2 Digit pada 2022/2023Bukayo Saka (instagram.com/bukayosaka87)

Bukayo Saka seperti Kvaratskhelia. Ia menjadi sosok penting Arsenal di English Premier League (EPL). Catatan 12 gol dan 10 assist miliknya membantu Arsenal terus menjaga puncak klasemen dari kejaran Manchester City.

Dari sisi gol, Saka hanya tertinggal satu gol dari top skor klub, Gabriel Martinelli. Sementara, untuk assist, pemain berusia 21 tahun itu melewati catatan kapten dan playmaker utama, Martin Odegaard (7).

5. Randal Kolo Muani

5 Pemain yang Mencetak Gol dan Assist 2 Digit pada 2022/2023Randal Kolo Muani (instagram.com/r_kolomuani)

Randal Kolo Muani telah mencetak 11 gol dan 12 asisst untuk Eintracht Frankfurt di Bundesliga Jerman. Sayangnya, kesuksesan di level individu tersebut tidak diikuti dengan keberhasilan secara kolektif. Tidak seperti nama-nama di atas, Muani dan Eintracht saat ini hanya duduk di posisi keenam.

Seperti Kvaratskhelia, Muani juga merupakan pemain baru di Eintracht. Klub bahkan bisa dibilang lebih untung karena menggaetnya dari Nantes secara gratis. Bagi Eintracht, Muani tercatat sebagai top skor sekaligus top assist.

Berapakah jumlah gol dan assist yang akan dikemas kelima pemain tersebut pada akhir musim? Mungkinkah ada pemain lain yang menyalip mereka? Menarik untuk ditunggu!

Baca Juga: 5 Pemain Georgia yang Pernah Berkarier di Serie A, Termasuk Kvara

Ibnu Gifar Ramzani Photo Verified Writer Ibnu Gifar Ramzani

Penulis buku "Kick Off!: Melacak Perkembangan Awal Futsal di Indonesia 1989-2006" (Penerbit Dramaturgi, Juni 2021)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya