6 Klub Jesse Lingard sebelum Nottingham Forest

 Paling lama bersama Manchester United meski kurang sukses

Teka-teki klub baru Jesse Lingard terjawab sudah. Berstatus sebagai pemain bebas transfer, Lingard resmi bergabung dengan klub promosi, Nottingham Forest mulai musim 2022/2023.

Lingard menandatangani kontrak satu tahun bersama Nottingham Forest. Diproyeksi jadi pilar kunci, ia pun dipersilakan untuk mengenakan nomor punggung 10.

Sebelum bergabung dengan salah satu klub legendaris Inggris tersebut, setidaknya Jesse Lingard pernah membela enam klub berbeda.

Selain diingat selama berseragam Manchester United dan West Ham United, klub mana saja yang pernah dibela oleh Lingard sepanjang kariernya?

1. Manchester United

6 Klub Jesse Lingard sebelum Nottingham Forestpotret Jesse Lingard berseragam Manchester United. (twitter.com/JesseLingard)

Jesse Lingard bergabung ke akademi Manchester United pada tahun 2000. Sebelumnya, ia menimba ilmu di akademi lokal, Fletcher Moss Rangers dan Penketh United. Bersama skuad muda United, Lingard mulai menunjukkan bakatnya.

Setelah dipinjamkan ke beberapa klub, Lingard mendapatkan debut bersama MU pada awal musim 2014/2015 di bawah kepemimpinan Louis van Gaal. Ia mulai tampil reguler bersama skuad The Red Devils sejak musim 2015/2016. Sayangnya, performa Lingard mulai merosot pada musim 2020/2021 hingga akhirnya dipinjamkan ke West Ham United pada Januari 2021.

Sekembalinya dari London Stadium, Lingard sempat tampil dalam 22 laga dengan catatan 2 gol serta 1 assist di semua kompetisi musim 2021/2022. Sayangnya, kontraknya bersama Manchester United habis pada akhir Juni 2021. Jesse Lingard akhirnya resmi hengkang dari Old Trafford setelah mengabdi selama 20 tahun.

Selama membela MU, Lingard tampil dalam 231 laga dan berhasil membukukan 35 gol serta 21 assist. Pemain kelahiran 15 Desember 1992 ini sukses mempersembahkan beberapa gelar bergengsi,seperti juara Liga Eropa 2016/2017, Piala FA 2016, Piala Liga 2017, serta Community Shield 2017.

2. Leicester City

6 Klub Jesse Lingard sebelum Nottingham ForestJesse Lingard sempat dipinjamkan ke Leicester City. (twitter.com/LCFC)

Lingard menjalani masa peminjaman perdananya ke Leicester City yang kala itu masih berkutat di kompetisi EFL Championship. Sosok Lingard 20 tahun dipinjamkan bersama rekan setimnya di tim muda MU, Michael Keane.

Pada November 2012, Lingard mendapatkan debut seniornya saat melawan Bolton Wanderers. Bersama The Foxes, Lingard sukses mencatatkan lima penampilan dalam masa peminjaman selama 2 bulan.

3. Birmingham City

6 Klub Jesse Lingard sebelum Nottingham ForestJesse Lingard tampil gemilang dalam masa peminjaman di Birmingham City. (twitter.com/BCFC)

Lingard kembali dipinjamkan ke klub Championship pada September 2013, kali ini ke Birmingham City. Bersama skuad Blues, dirinya bermain dalam 13 pertandingan dan sukses mencatatkan 6 gol serta 3 assist. Berkat penampilan impresifnya, masa peminjaman yang semula hanya satu bulan diperpanjang hingga Januari 2014.

Debut Lingard bersama Birmingham mungkin menjadi salah satu momen tak terlupakan bagi dirinya serta Birmingham. Debutnya diwarnai kemenangan Birmingham atas Sheffield Wednesday dengan skor 4-1 di ajang Championship.

Keempat gol Birmingham dicetak oleh Jesse Lingard seorang diri. Tentunya pencapaian itu sangat luar biasa mengingat usianya yang baru 20 tahun.

Baca Juga: 6 Pemain yang Sudah Diboyong Nottingham Forest pada Musim Panas 2022

4. Brighton & Hove Albion

6 Klub Jesse Lingard sebelum Nottingham Forestpotret Jesse Lingard bersama Brighton (twitter.com/OfficialBHAFC)

Setelah masa peminjaman yang singkat bersama Birmingham, Lingard dipinjamkan ke Brighton & Hove Albion. Pada periode kali ini, ia dipinjamkan hingga akhir Mei 2014.

Penampilan Lingard serta kontribusinya untuk tim semakin meningkat. Lingard sukses mencatatkan 17 penampilan di semua ajang bersama The Seagulls. Dari penampilannya, ia menorehkan 4 gol serta 4 assist. Dirinya turut membantu Albion mencapai babak play-off Championship musim 2013/2014.

5. Derby County

6 Klub Jesse Lingard sebelum Nottingham Forestpotret Jesse Lingard berseragam Derby County. (twitter.com/dcfcofficial)

Pada 2014/2015, Lingard berkesempatan melakukan debut bersama Manchester United. Ia masuk ke starting eleven melawan Swansea City pada partai pembuka English Premier League. Debutnya itu menjadi satu-satunya penampilan Lingard bersama United di musim tersebut.

Pada Februari 2015, Lingard kembali dipinjamkan ke klub Championship lainnya, Derby County, untuk menambah jam terbang. Lingard tampil dalam 15 laga bersama Derby di semua ajang. Ia sukses mencetak 2 gol serta 2 assist untuk skuad yang kala itu diasuh oleh Steve McClaren.

6. West Ham United

6 Klub Jesse Lingard sebelum Nottingham ForestJesse Lingard bersinar saat dipinjamkan ke West Ham United. (twitter.com/twitter.com/WestHam)

Lingard mengalami kesulitan pada musim 2020/2021 setelah sempat menjadi pemain reguler MU selama beberapa musim. Lingard akhirnya dipinjamkan ke West Ham United pada paruh musim kedua 2020/2021. Momen ini menjadi ajang reuni dengan mantan manajer Manchester United, David Moyes.

Bersama The Hammers, Lingard menemukan kembali performa terbaiknya. Ia tampil dalam 16 pertandingan dan sukses mencatatkan 9 gol serta 5 assist di semua ajang. Sumbangsihnya turut membantu West Ham bertengger di posisi keenam klasemen akhir English Premier League dan berhak tampil di ajang Liga Eropa 2022/2023.

Menarik untuk menantikan kiprah Jesse Lingard bersama klub barunya, Nottingham Forest. Mampukah sinarnya kembali terpancar terang bersama klub pemilik dua trofi Liga Champions tersebut?

Baca Juga: 5 Pemain yang Digaet Nottingham Forest dari Manchester United

Gilang Rama W. Photo Verified Writer Gilang Rama W.

Tertarik dengan sepak bola, hiburan, sains, serta isu sosial dan lingkungan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya