Awas! 4 Kejayaan Masa Lalu Ini Siap Diulangi Nottingham Forest

Klub legendaris yang siap mengguncang Premier League

Premier League kedatangan anggota baru. Klub tersebut adalah Nottingham Forest FC. Klub yang bermarkas di stadion di stadion City Ground ini menjadi sorotan karena akhirnya kembali ke kasta tertinggi setelah 23 tahun.

Meski berstatus tim promosi, Nottingham bukan klub kaleng-kaleng. Mereka adalah salah satu tim legendaris di Inggris dengan segudang prestasi.

Siap bikin kejutan, ini dia 4 kejayaan masa lalu Nottingham Forest yang siap mereka ulangi musim ini.

1. Mengoleksi dua gelar Liga Champions, setara dengan Chelsea

Awas! 4 Kejayaan Masa Lalu Ini Siap Diulangi Nottingham ForestNottingham Forest (instagram.com/officialnffc)

Generasi pencinta bola millennial mungkin tak akrab dengan nama klub satu ini. Tapi jangan salah, soal gelar juara Liga Champions, Nottingham Forest setara dengan Chelsea. 

Nottingham tercatat pernah mengangkat trofi Liga Champions dua kali lho. Keberhasilan itu mereka raih pada musim 1979 dan 1980 saat kompetisi ini masih bernama Eropean Cup.

Pada musim 1979, mereka mampu mengalahkan Malmo FC dari Swedia di final dengan skor 1-0. Setahun setelahnya mereka kembali menjuarai kompetisi itu setelah mengandaskan Hamburg SV juga dengan skor 1-0.

2. Satu dari delapan tim di Eropa yang berhasil menjuarai Liga Champions secara back to back

Awas! 4 Kejayaan Masa Lalu Ini Siap Diulangi Nottingham ForestNottingham Forest (instagram.com/officialnffc)

Dua kali raihan juara European Cup atau Liga Champions yang dicatatkan oleh Nottingham juga membawa rekor lain. Mereka adalah satu dari delapan tim di Eropa yang berhasil mencetaknya secara dua kali beruntun atau lebih alias back to back. 

Nottingham setara dengan Real Madrid (5 kali beruntun dan 2 kali beruntun), Benfica (2 kali beruntun), Inter Milan (2 kali beruntun), Ajax Amsterdam (3 kali beruntun), Bayern Munich (3kali beruntun), Liverpool (2 kali beruntun), dan AC Milan (2 kali beruntun).

Baca Juga: 5 Klub Tertua di Premier League 2022/2023, Ternyata Nottingham Forest!

3. Pernah pecundangi Barcelona di European Super Cup

Awas! 4 Kejayaan Masa Lalu Ini Siap Diulangi Nottingham ForestNottingham Forest (instagram.com/officialnffc)

Prestasi Nottingham Forest menjuarai European Cup pada 1979 membawa mereka pada ajang pertaruhan gengsi dengan sesama juara eropa alias European Super Cup.

Di pertandingan ini mereka bertemu dengan Barcelona yang di tahun yang sama menjuarai kasta kedua kompetisi Eropa, yaitu Winner Cup atau yang sekarang lebih dikenal dengan UEFA Europe League. 

Pada pertandingan yang digelar di City Ground, Nottingham berhasil mempecundangi Barcelona dengan skor 1-0. Mereka pun untuk pertama kalinya mengangkat trofi European Super Cup. Prestasi yang luar biasa dan sampai saat ini belum bisa mereka ulangi kembali. 

4. Pernah tak terkalahkan dalam 42 pertandingan di Liga Inggris

Awas! 4 Kejayaan Masa Lalu Ini Siap Diulangi Nottingham ForestNottingham Forest (instagram.com/officialnffc)

Prestasi lain yang pernah dicetak oleh Nottingham Forest adalah rekor tak terkalahkan dalam 42 pertandingan di Liga Inggris. Momen istimewa itu terjadi di antara tanggal 26 November 1977 hingga 9 December 1978. Raihan luar biasa itu terhenti setelah mereka kalah 0-2 oleh Liverpool di Anfield.

Hebatnya, mereka kembali mencatatkan 25 pertandingan tanpa terkalahkan pada musim 1995. Rekor tak terkalahkan paling banyak sendiri saat ini masih dipegang oleh Arsenal dengan 49 laga. Sementara pada posisi kedua ada Liverpool dengan 44 laga tanpa kalah.

Jadi, siap menunggu kejutan dari Notthingham Forest? 

Baca Juga: 9 Klub Liga Inggris yang Pernah Main di Final Liga Champions

Kuncoro Photo Verified Writer Kuncoro

Penikmat tanggal muda

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya