5 Pemain Kamerun Terakhir yang Tampil di EPL sebelum Andre Onana

Tak banyak yang tampil mengesankan

Manchester United resmi mengumumkan Andre Onana sebagai kiper baru mereka usai didatangkan dari klub raksasa Serie A Italia, Inter Milan. Kiper asal Kamerun tersebut menyepakati kontrak hingga Juni 2028 bersama The Red Devils. Onana sendiri didapuk sebagai pengganti David De Gea yang telah pergi dari Old Trafford usai kontraknya habis pada akhir Juli 2023.

Kedatangan Onana ke Manchester United akan menambah daftar panjang pemain asal Kamerun yang pernah tampil di ajang English Premier League (EPL). Dalam beberapa musim terakhir, terdapat beberapa pemain asal Kamerun yang membela klub EPL. Beberapa di antaranya masih aktif bermain hingga saat ini. Siapa saja mereka? Bagaimana kiprah mereka di kompetisi tertinggi Inggris tersebut?

1. Bryan Mbeumo

5 Pemain Kamerun Terakhir yang Tampil di EPL sebelum Andre OnanaBryan Mbeumo merupakan salah satu pemain andalan Brentford FC. (twitter.com/BMbeumo19)

Bryan Mbeumo, pemain Brentford, menjadi salah satu pemain Kamerun yang aktif bermain di Premier League saat ini. Mbeumo bergabung dengan Brentford pada Agustus 2019 saat masih berkutat di Championship. Ia lalu menjadi salah satu pemain andalan klub berjuluk The Bees tersebut.

Sejak penampilan Brentford di EPL pada 2021/2022, Mbeumo telah turun dalam 73 pertandingan. Dari penampilannya, ia mampu mengemas 13 gol serta 15 assist. Di level internasional, pemain berusia 23 tahun ini telah mengoleksi sembilan caps bersama Kamerun.

2. Joel Matip

5 Pemain Kamerun Terakhir yang Tampil di EPL sebelum Andre OnanaJoel Matip menjadi salah satu pemain tak tergantikan di skuad Liverpool. (twitter.com/LFC)

Selain Mbeumo, Joel Matip menjadi pemain Kamerun yang masih aktif bermain di Premier League. Matip bergabung dengan Liverpool pada Juli 2016 dengan status bebas transfer. Pemain bernomor punggung 32 ini perlahan dipercaya sebagai bek utama Liverpool.

Selama berseragam Liverpool, Matip sukses mencatatkan 187 penampilan dalam 7 musim. Peran vitalnya di lini pertahanan turut membantu The Reds meraih banyak gelar prestisius, seperti Liga Champions Eropa 2018/2019, Piala Dunia Antarklub 2020, hingga EPL 2019/2020. Selain di level klub, Matip juga menjadi andalan di Timnas Kamerun dengan koleksi 27 caps sejak 2010.

Baca Juga: 5 Penyerang yang Bakal Debut di EPL 2023/2024, Siapa Bisa Bersinar?

3. Andre-Frank Zambo Anguissa

5 Pemain Kamerun Terakhir yang Tampil di EPL sebelum Andre OnanaFrank Anguissa, penggawa Timnas Kamerun yang sempat membela Fulham di EPL. (instagram.com/anguiss_29)

Frank Anguissa mencoba peruntungannya di Premier League usai direkrut Fulham dari Olympique Marseille pada Agustus 2018. Sayang, penampilan Anguissa pada musim perdananya tak mampu menyelamatkan Fulham dari zona degradasi. Pemilik 48 caps bersama Timnas Kamerun ini lalu dipinjamkan ke beberapa klub, yaitu Villarreal pada 2019/2020 dan Napoli pada 2021/2022.

Anguissa total mencatatkan 66 laga dengan catatan 3 assist selama 2 musim membela Fulham. Selama masa peminjaman di klub lain, dirinya berhasil tampil sebanyak 39 kali bersama Villarreal dan 30 kali bersama Napoli. Pada Mei 2022, Napoli memutuskan memermanenkan Anguissa dengan biaya 16 juta euro atau setara Rp267 miliar.

4. Nicolas Nkolou

5 Pemain Kamerun Terakhir yang Tampil di EPL sebelum Andre OnanaNicolas Nkolou hanya tampil semusim bersama Watford FC. (watfordfc.com)

Pada Oktober 2021, Watford merekrut bek internasional Kamerun, Nicolas Nkolou, secara gratis. Ia hanya menandatangani kontrak hingga akhir musim 2021/2022. Nkolou berstatus bebas transfer usai dirinya memutuskan kontrak dengan Torino pada Juli 2021.

Sayangnya, Nkolou jarang tampil bersama Watford. Ia hanya dimainkan dalam tiga laga sepanjang 2021/2022. Usai terdegradasinya Watford pada akhir musim, Nkolou dilepas secara bebas transfer oleh The Hornets, lalu bergabung dengan klub Liga Yunani, Aris Saloniki.

5. Gaetan Bong

5 Pemain Kamerun Terakhir yang Tampil di EPL sebelum Andre OnanaGaetan Bong membela Brighton selama 4,5 musim. (brightonandhovealbion.com)

Gaetan Bong menjadi salah satu pemain asal Kamerun yang pernah mencicipi Premier League. Bong tampil di kasta tertinggi Liga Inggris ini bersama Brighton & Hove Albion pada 2017 hingga 2020. Ia sendiri bergabung dengan Brighton pada Juli 2015 dan turut membantu The Albion promosi ke EPL pada 2016/2017.

Bersama Brighton & Hove Albion, Bong tampil dalam 51 pertandingan di EPL. Setelah 4,5 musim membela mereka, Bong lalu hengkang ke Nottingham Forest pada Januari 2020. Di level internasional, Bong sendiri telah membela Timnas Kamerun dalam 16 pertandingan.

Melihat performa pemain Kamerun dalam beberapa musim terakhir, praktis hanya Joel Matip yang sempat menorehkan prestasi di English Premier League. Akankah Andre Onana menjadi pemain Kamerun berikutnya yang mampu berprestasi di EPL? Atau ia akan tampil biasa saja seperti pemain lainnya?

Baca Juga: 5 Kiper Afrika yang Bermain di Premier League, Andre Onana Terbaru

Gilang Rama W. Photo Verified Writer Gilang Rama W.

Tertarik dengan sepak bola, hiburan, sains, serta isu sosial dan lingkungan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya