5 Pemain Muda Berbakat asal Ukraina, Ada Pemain Chelsea

Siap menjadi kekuatan baru di Eropa

Ukraina menjadi salah satu negara dengan pengembangan talenta muda yang kian meningkat. Dalam beberapa tahun terakhir, pengembangan pemain muda mereka mulai menampakkan hasil. Terbaru, Ukraina mampu mencapai semifinal Euro U-21 2023. Selain itu, fans Ukraina juga masih mengingat momen ketika skuad muda mereka mampu menjuarai Piala Dunia U-20 2019.

Dari penyerang tajam hingga kiper tangguh, Ukraina berpotensi menjadi salah satu negara kejutan berkat talenta masa depan yang dimilikinya. Siapa saja pemain muda berbakat asal Ukraina saat ini?

1. Anatoliy Trubin

5 Pemain Muda Berbakat asal Ukraina, Ada Pemain Chelseapotret Anatoliy Trubin, kiper muda andalan Shakhtar Donetsk (twitter.com/FCShakhtar_eng)

Anatoliy Trubin merupakan kiper andalan klub raksasa Liga Ukraina, Shakhtar Donetsk. Sejak debut profesional pada 2019, Trubin telah tampil dalam 94 laga dan mampu menorehkan 39 clean sheet dengan kebobolan sebanyak 94 kali. Bersama Shakhtar Donetsk, Trubin berhasil mengoleksi 2 gelar juara Liga Ukraina dan 1 gelar Piala Super Ukraina.

Penampilan mengesankan di level klub membuat Trubin mendapat debutnya di Timnas Ukraina pada Maret 2021. Trubin pun kini telah mengoleksi tujuh caps. Penampilannya di level klub dan timnas ternyata menarik perhatian Inter Milan. Klub Italia tersebut dikabarkan siap memboyong Trubin usai kedua kiper mereka, Andre Onana dan Samir Handanovic, hengkang pada musim panas 2023.

2. Mykhailo Mudryk

5 Pemain Muda Berbakat asal Ukraina, Ada Pemain ChelseaMykhalo Mudryk, penggawa Timnas Ukraina, bergabung dengan Chelsea pada Januari 2023. (chelseafc.com)

Mykhailo Mudryk mengawali kariernya bersama akademi Metalist Kharkiv dan Dnipro sebelum bergabung dengan Shakhtar Donetsk pada 2016. Ia perlahan mendapat kepercayaan hingga akhirnya mampu tampil dalam 44 laga selama 3,5 musim bersama Shakhtar Donetsk. Dari penampilannya, Mudryk berhasil menorehkan 12 gol serta 17 assist.

Pada Januari 2023, Mudryk diboyong  Chelsea dengan harga 70 juta euro atau Rp.1,16 triliun. Sayang, Mudryk gagal memenuhi ekspektasi pada periode perdananya. Dari 15 pertandingan liga yang dilakoninya, ia hanya mampu mencatatkan 2 assist dan gagal mengangkat performa The Blues. Mengingat performa Chelsea yang buruk serta ini merupakan musim perdananya, wajar saja Mudryk belum mampu tampil optimal.

Di level internasional, Mudryk sendiri telah mengoleksi sebelas caps bersama Timnas Ukraina sejak debutnya pada Juni 2022. Ia juga menjadi bagian dari skuad Ukraina muda pada gelaran Euro U-21 2023. Pada ajang tersebut, Mudryk dkk mampu melangkah jauh ke partai semifinal.

Baca Juga: Serba-serbi Transfer Mykhailo Mudryk, Klausul Unik hingga Biaya Perang

3. Georgiy Sudakov

5 Pemain Muda Berbakat asal Ukraina, Ada Pemain ChelseaGeorgiy Sudakov menjadi salah satu talenta muda berbakat yang dimiliki Ukraina saat ini. (twitter.com/uafukraine)

Georgiy Sudakov telah membela Shakhtar Donetsk sejak 2017. Dirinya berhasil tampil dalam 67 laga dan mampu menorehkan 10 gol serta 12 assist bersama Shakhtar Donetsk. Pada 2022/2023, Sudakov yang bermain sebagai gelandang serang turut membantu klubnya meraih gelar juara Liga Ukraina. Di level internasional, pemain berusia 20 tahun ini telah mengoleksi tujuh caps bersama Timnas Ukraina.

Pada gelaran Euro U-21 2023, Sudakov menjadi salah satu pemain yang disorot. Dalam lima laga yang dilakoninya, ia mampu mencetak 3 gol, termasuk 2 gol ke gawang Prancis di perempat final. Kontribusinya tersebut berhasil membawa Ukraina mencapai partai semifinal sebelum akhirnya mengalah oleh Spanyol. Sudakov sendiri terpilih sebagai top scorer di ajang itu bersama Sergio Gomez dan Abel Ruiz dari Spanyol.

4. Danylo Sikan

5 Pemain Muda Berbakat asal Ukraina, Ada Pemain ChelseaDanylo Sikan merupakan ujung tombak masa depan Timnas Ukraina. (twitter.com/FCShakhtar_eng)

Danylo Sikan menjadi salah satu striker muda berbakat asal Ukraina. Sikan merupakan pemain jebolan akademi Karpaty Lviv dan mendapatkan debut profesionalnya di sana. Ia lalu bergabung dengan Shakhtar Donetsk pada 2019 saat masih berusia 18 tahun. Untuk mendapatkan jam terbang, Shakhtar Donetsk lantas meminjamkannya ke FK Mariupol (2018/2019;2020/2021) hingga ke klub Jerman, Hansa Rostock (2021/2022).

Sekembalinya dari masa peminjaman, Sikan mulai mendapat banyak menit bermain bersama klub asal Kota Donetsk itu. Pada 2022/2023, Sikan dipercaya untuk tampil dalam 33 laga. Dari penampilannya, ia mampu mencatatkan 9 gol dan 2 assist.

Sikan telah dipercaya sebagai tumpuan negaranya sejak masih muda, terutama saat membela skuad U-20 Ukraina. Pada gelaran Piala Dunia U-20 2019 di Polandia, Sikan berhasil membawa Ukraina menjuarai ajang tersebut. Berkat 4 gol yang dicetaknya dalam 6 laga, Sikan dianugerahi predikat Silver Boot. Setelah tajam di level usia, ia dipercaya melakukan debut di timnas senior pada September 2021. Kini Sikan telah mengoleksi 6 caps dengan catatan 1 gol.

5. Ilya Zabarnyi

5 Pemain Muda Berbakat asal Ukraina, Ada Pemain ChelseaIlya Zubarnyi, bek muda Timnas Ukraina yang kini membela AFC Bornemouth. (afcb.co.uk)

Setelah nama Oleg Blokhin, Igor Belanov, hingga Andriy Shevchenko, Dynamo Kyiv kembali menemukan berlian Ukraina, kini pada diri Ilya Zabarnyi. Pemain didikan akademi Dinamo Kyiv ini telah dipromosikan ke skuad utama sejak 2019, tetapi baru mendapat debut pada September 2020. Sejak saat itu, Zabarnyi telah tampil dalam total 84 laga bersama Dinamo Kyiv selama 2,5 musim. Pada 2020/2021, ia turut membantu klubnya menyabet semua gelar kompetisi Ukraina.

Berkat penampilan mengesankannya, bek berusia 20 tahun ini direkrut AFC Bornemouth pada Januari 2023. Biaya 22,7 juta euro atau Rp376 miliar mesti digelontorkan pihak The Cherries untuk memboyong penggawa Ukraina itu. Sayang, Zubarnyi sempat mengalami cedera lutut pada awal kedatangannya sehingga ia hanya diturunkan dalam lima laga sampai musim berakhir.

Di level internasional, Zabarnyi mendapat debutnya bersama Timnas Ukraina pada Oktober 2020. Ia perlahan dipercaya sebagai bek andalan negaranya dan kini telah mengoleksi 27 caps. Nama Zabarnyi sendiri termasuk ke dalam skuad yang dibawa Andriy Shevchenko, pelatih Timnas Ukraina, ke Euro 2020.

Melihat deretan talenta berbakat yang dimilikinya, Ukraina dapat menjelma sebagai kekuatan baru di antara negara Eropa lainnya. Adapun ajang paling dekat yang menanti Ukraina ialah Euro 2024. Mampukah Ukraina berbuat banyak di ajang tersebut bersama generasi emasnya ini?

Baca Juga: 6 Pemain Ukraina yang Pernah Membela Klub London, Mudryk Teranyar 

Gilang Rama W. Photo Verified Writer Gilang Rama W.

Tertarik dengan sepak bola, hiburan, sains, serta isu sosial dan lingkungan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya