5 Pemain Muda RB Salzburg yang Menjadi Sorotan pada 2023/2024

Berpotensi direkrut klub-klub liga top Eropa

RedBull Salzburg, klub asal Austria, merupakan salah satu klub dengan sistem pencarian dan pengembangan pemain muda berbakat terbaik di Eropa. Sejumlah nama pemain top pun menjadi bukti berkualitasnya sistem yang dimiliki Salzburg, seperti Sadio Mane, Dayot Upamecano, Dominik Szoboszlai hingga Erling Haaland.

Kini, pada 2023/2024, Salzburg kembali meneruskan tradisinya tersebut. Didominasi pemain muda, rata-rata umur skuad Die Rotten Bullen musim ini berada di angka 22 tahun. Dari deretan nama pemain muda tersebut, sejumlah nama mampu tampil memukau bersama Salzburg. Alhasil, nama mereka mulai disorot klub-klub liga top Eropa untuk bursa transfer akhir musim nanti.

Siapa saja mereka? Berikut beberapa pemain muda RB Salzburg yang menjadi sorotan pada 2023/2024

1. Luka Sucic (21 tahun) dipercaya sebagai pengatur permainan RB Salzburg

5 Pemain Muda RB Salzburg yang Menjadi Sorotan pada 2023/2024Luka Sucic, gelandang muda RB Salzburg yang dijuluki The Next Luka Modric. (twitter.com/FCRBS_en)

Luka Sucic merupakan salah satu pemain muda RB Salzburg yang menjadi sorotan pada 2023/2024. Berposisi sebagai gelandang tengah, Sucic dipercaya pengatur permainan tim. Sejauh ini, ia telah tampil dalam 22 laga dengan catatan 1 gol dan 4 assist. Hanya saja, performa mengesankan pemain berusia 20 tahun tersebut agak terganggu karena beberapa kali diterpa cedera pada musim ini.

Sucic sendiri dikenal sebagai gelandang yang kreatif dan mampu membaca ruang dengan baik. Selain itu, penggawa Timnas Kroasia ini merupakan sosok yang ahli dalam eksekusi bola mati. Melihat kemampuan yang dimilikinya, tak berlebihan jika menyebut Sucic sebagai The Next Luka Modric—seniornya di Timnas Kroasia.

2. Oscar Gloukh (19 tahun) tampil memukau sebagai gelandang serang

5 Pemain Muda RB Salzburg yang Menjadi Sorotan pada 2023/2024Oscar Gloukh, pemain muda asal Israel yang tampil memukau sebagai gelandang serang RB Salzburg . (twitter.com/FCRBS_en)

Oscar Gloukh menjadi salah satu pemain muda RB Salzburg yang tampil memukau sejauh ini pada 2023/2024. Sejak didatangkan pada Januari 2023, Gloukh perlahan mulai mendapat tempat di skuad utama. Pada musim ini, pemain berusia 19 tahun itu telah mencatatkan 30 penampilan dengan torehan 7 gol dan 8 assist. Kemampuan membaca ruang, dribel, serta pergerakan dengan/tanpa bola merupakan beberapa atribut yang mencolok dari Gloukh.

Nama Gloukh sendiri telah lama menjadi sorotan usai tampil memukau bersama Timnas Israel di Euro-U-19 2022. Eks pemain Maccabi Tel Aviv itu berperan penting dalam mengantarkan Israel menjadi finalis pada ajang tersebut. Berkat performanya, Gloukh sempat diminati beberapa klub top Eropa, salah satunya FC Barcelona. Namun, ia akhirnya lebih memilih RB Salzburg karena peluang pengembangan karier dan kemampuan yang lebih terjamin.

Baca Juga: 4 Pemain RB Salzburg yang Pindah ke Bundesliga pada Musim Panas 2023

3. Amar Dedic (21 tahun) menjadi andalan RB Salzburg di posisi bek kanan

5 Pemain Muda RB Salzburg yang Menjadi Sorotan pada 2023/2024Amar Dedic menjadi andalan RB Salzburg di posisi bek kanan. (twitter.com/FCRBS_en)

Amar Dedic, pemain muda asal Bosnia-Herzegovina, turut menarik perhatian bersama RB Salzburg pada 2023/2024. Bermain sebagai bek kanan, pemain berusia 21 tahun ini menjadi andalan Die Rotten Bullen dalam 29 laga sejauh ini. Menariknya, Dedic mampu tampil produktif dalam urusan kontribusi gol meski seorang pemain bertahan. Terhitung, ia telah menyumbangkan 5 gol dan 4 assist untuk timnya pada musim ini.

Selain nyaris tak tergantikan di posisinya, Dedic juga mendapat kepercayaan sebagai wakil kapten klub pada 2023/2024. Padahal, ia baru dua musim belakangan bermain di skuad utama. Dedic sendiri merupakan jebolan akademi Salzburg. Ia sempat dipinjamkan ke klub Austria lainnya, Wolfsberger AC, pada 2021/2022 sebelum mendapat tempat di skuad inti Salzburg setelahnya.

Melihat kemampuan dan catatan mentereng miliknya, tak heran jika sejumlah klub top Eropa berminat kepada Dedic. Beberapa di antaranya ialah Chelsea, Arsenal, Barcelona hingga Inter Milan. Namun, bukan perkara mudah untuk mendapat tanda tangan Dedic mengingat ia masih memiliki kontrak hingga 2027 bersama Salzburg.

4. Karim Konate (19 tahun) membuktikan ketajamannya sebagai seorang striker

5 Pemain Muda RB Salzburg yang Menjadi Sorotan pada 2023/2024Karim Konate membuktikan ketajamannya bersama RB Salzburg pada 2023/2024. (twitter.com/FCRBS_en)

Setelah Sadio Mane, Patson Daka, hingga Erling Haaland, RB Salzburg kembali memiliki sosok striker potensial yang tajam, yaitu Karim Konate. Setelah diorbitkan ke tim utama pada 2022/2023, Konate mulai mendapatkan kepercayaan di lini depan Salzburg. Kini, ia mampu tampil tajam dengan catatan 12 golnya dalam 27 laga sejauh ini pada 2023/2024. Selain itu, pemain asal Pantai Gading itu turut menyumbangkan enam assist bagi rekan setimnya.

Konate dikenal sebagai striker yang haus gol dan mampu menempatkan posisi dengan baik. Selain itu, kemampuan duel udaranya menjadi kelebihan yang dimilikinya meski tingginya hanya 1,78 m. Kemampuan ini bukan hanya menguntungkan dirinya saat mencetak gol, tetapi juga saat membantu skema bertahan tim. Melihat kemampuan dan statistik yang dimiliki Konate, tak ayal jika dirinya digadang sebagai The Next Didier Drogba, sang striker legendaris milik Pantai Gading.

5. Lucas Gourna-Douath (20 tahun) tampil mengesankan sebagai gelandang bertahan

5 Pemain Muda RB Salzburg yang Menjadi Sorotan pada 2023/2024Lucas Gourna-Douath, gelandang bertahan muda tangguh yang menjadi andalan RB Salzburg. (twitter.com/FCRBS_en)

Lucas Gourna-Douath merupakan gelandang bertahan andalan RB Salzburg pada 2023/2024. Sejauh ini, ia telah mencatatkan 26 penampilan dengan sumbangsih 1 gol dan 2 assist di semua kompetisi. Berbicara kemampuan, ketangguhan fisik dan pembacaan ruang menjadi keunggulan yang dimiliki penggawa Timnas Prancis U-21 itu.

Lucas sejatinya telah menjadi sorotan saat masih membela AS Saint-Etienne pada medio 2020--2022. Ia sudah tampil reguler bersama klub Prancis tersebut sejak masih berusia 17 tahun. Meski masih belia, Lucas mampu menunjukkan kemampuan di atas rata-rata pemain seusianya.Total 65 penampilan ia berhasil catatkan bersama Les Versts sebelum Salzburg memboyongnya pada Juli 2022.

Melihat performa mengesankan pemain di atas, besar kemungkinan mereka akan diboyong klub liga top Eropa pada 2023/2024. Menurutmu, klub mana saja yang cocok untuk mereka?

Baca Juga: 3 Gelandang Jebolan RB Salzburg di Bundesliga 2023/2024

Gilang Rama W. Photo Verified Writer Gilang Rama W.

A long-life learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya