5 Pemain Muda yang Siap Menjadi Pemain Kunci Timnas Portugal

Menjadi penerus Cristiano Ronaldo dkk

Portugal telah menjadi negara yang kuat di kancah sepak bola Eropa maupun dunia selama sedekade terakhir. Dibantu performa mengesankan sang megabintang, Cristiano Ronaldo, Portugal berhasil menjadi juara di Euro 2016 dan UEFA Nations League 2018/2019.

Selain itu, mereka juga dapat mencapai babak 16 besar Euro 2020 dan perempat final Piala Dunia 2022. Namun, tim berjuluk Selecao ini perlu melakukan regenerasi dalam skuadnya karena beberapa pemain utama mereka, termasuk Ronaldo, telah mendekati akhir karier.

Kabar baiknya, Portugal kini memiliki segudang pemain muda yang menjanjikan. Beberapa di antaranya telah menjadi andalan di klub dan mulai mendapat kepercayaan di Timnas Portugal. Mereka pun siap menjadi pemain kunci Portugal pada masa mendatang.

1. Goncalo Ramos menjadi sosok penyerang masa depan Timnas Portugal

5 Pemain Muda yang Siap Menjadi Pemain Kunci Timnas PortugalGoncalo Ramos tampil tajam bersama Timnas Portugal. (twitter.com/FIFAWorldCup)

Sosok Goncalo Ramos telah mencuri perhatian karena penampilan mengesankannya bersama Benfica. Sejak debut di tim utama pada Juli 2020, Ramos mampu tampil tajam dengan catatan 41 gol dan 16 assist dalam 106 laga. Kontribusinya yang luar biasa turut membantu Benfica meraih gelar juara Liga Primeira Portugal 2022/2023.

Penampilan mengesankan Ramos di klub akhirnya membuahkan debut di Timnas Portugal pada November 2022. Di tim nasional, pemain berusia 22 tahun ini juga mampu membuktikan ketajamannya dengan mencetak hattrick ke gawang Swiss pada babak 16 besar Piala Dunia 2022. Melihat kemampuan Ramos, publik Portugal berharap pemain berjuluk O Pistoleiro ini akan menjadi juru gedor baru Portugal.

Berkat performanya yang menjanjikan, Ramos diminati klub raksasa Ligue 1 Prancis, Paris Saint-Germain. Akhirnya, pada musim panas 2023, PSG resmi meminjam Ramos dengan opsi pembelian 65 juta euro atau Rp1,06 triliun pada akhir musim. Dirinya kini siap menunjukkan ketajamannya bersama Les Parisiens.

2. Antonio Silva, pemain berusia 19 tahun yang menjadi andalan di lini pertahanan Benfica

5 Pemain Muda yang Siap Menjadi Pemain Kunci Timnas PortugalAntonio Silva, pemain berusia 19 tahun yang menjadi bek andalan Benfica. (slbenfica.pt)

Antonio Silva menjadi salah satu talenta muda Portugal yang sedang naik daun. Pemain yang masih berusia 19 tahun ini menjadi salah satu pemain penting atas keberhasilan Benfica menjadi juara Liga Primeira Portugal 2022/2023. Ia tampil kokoh di lini pertahanan dalam 30 laga dengan catatan 3 gol. Menariknya, Silva baru diorbitkan Benfica dari tim akademi pada musim tersebut.

Setelah tampil gemilang bersama Benfica, Silva berhasil mendapat debut di Timnas Portugal pada November 2022. Dirinya turut menjadi bagian dari skuad Portugal di Piala Dunia 2022. Pada laga fase grup antara Portugal dan Korea Selatan, Silva berkesempatan bermain penuh di posisi bek tengah.

Baca Juga: 4 Pemain Anyar Primeira Liga Portugal yang Datang dari Serie A Italia

3. Diogo Costa menjadi pilihan utama di bawah mistar gawang Timnas Portugal

5 Pemain Muda yang Siap Menjadi Pemain Kunci Timnas PortugalDiogo Costa (kanan) menjadi kiper utama Portugal di Piala Dunia 2022. (twitter.com/DiogoMCosta99)

Gawang Timnas Portugal tampaknya akan aman pada masa mendatang berkat kehadiran Diogo Costa. Sejak debutnya pada Oktober 2021, pemain yang baru menginjak 24 tahun ini telah mengumpulkan 16 caps bersama Timnas Portugal. Ia bahkan dipercaya sebagai pilihan utama di bawah mistar gawang Portugal selama Piala Dunia 2022, mengungguli sosok kiper senior, Rui Patricio.

Di level klub, Costa telah menjadi andalan FC Porto sejak 2021/2022. Ia memiliki catatan impresif dengan 48 clean sheet dalam 116 laga sejauh ini. Costa dikenal sebagai kiper yang mampu melakukan build-up dengan baik dan jago dalam menepis sepakan penalti.

4. Goncalo Inacio tampil mengesankan sebagai bek Sporting CP

5 Pemain Muda yang Siap Menjadi Pemain Kunci Timnas PortugalGoncalo Inacio (tengah) merupakan bek andalan Sporting CP. (instagram.com/goncaloinacio_25)

Goncalo Inacio merupakan bek andalan Sporting CP saat ini. Sejak diorbitkan dari akademi Sporting CP pada Oktober 2020, Inacio telah tampil dalam 128 laga dalam 3 musim terakhir. Meskipun berposisi sebagai bek, dia telah menyumbangkan 11 gol dan 8 assist untuk Sporting.

Inacio dikenal sebagai bek yang tangguh dengan kemampuan mengolah bolanya yang mumpuni dan rutin membantu skema penyerangan. Bersama Sporting, ia telah memenangi Liga Primeira Portugal 2020/2021, Piala Liga Portugal 2020/2021 dan 2021/2022, serta Piala Super Portugal 2022. Di level internasional, Inacio telah membela Portugal dalam 3 kali kesempatan dan mampu menorehkan 2 gol serta 1 assist.

5. Vitinha dikenal sebagai sosok playmaker yang andal

5 Pemain Muda yang Siap Menjadi Pemain Kunci Timnas PortugalVitinha mulai menjadi andalan Paris-Saint Germain sejak kedatangannya pada awal 2022/2023. (twitter.com/vitinha)

Portugal dikenal memiliki sejumlah gelandang hebat pada skuadnya. Salah satunya adalah Vitinha yang masih berusia 22 tahun. Pemain Paris Saint-Germain tersebut telah tampil bersama Timnas Portugal dalam sebelas pertandingan sejak debutnya pada Maret 2022.

Kemampuan mengesankan Vitinha sudah terlihat saat masih membela FC Porto. Setelah sempat dipinjamkan kepada Wolverhampton Wanderers pada 2020/2021, ia menjadi sosok penting bagi Porto. Vitinha sukses membawa klubnya memenangi Liga Portugal 2019/2020 dan 2021/2022 serta Piala Portugal 2020 dan 2022. Bersama Porto, ia tampil dalam 59 penampilan dengan sumbangsih 4 gol dan 6 assist.

Sejak didatangkan pada September 2022 lalu, Vitinha sendiri perlahan mulai menjadi gelandang andalan PSG. Ia dikenal sebagai playmaker dengan kemampuan dribel dan kontrol bola yang baik. Dengan atribut yang dimilikinya, Vitinha akan menjadi sosok sentral bagi klub maupun Timnas Portugal.

Portugal akan menyongsong era baru dengan pemain-pemain mudanya. Dengan ajang Euro 2024 dan Piala Dunia 2026 di depan mata, skuad Selecao bersama pelatih barunya, Roberto Martinez, akan berusaha tampil maksimal untuk menorehkan prestasi. Apakah Portugal mampu melangkah jauh di kedua ajang tersebut? Atau mungkin berhasil menjadi juara?

Baca Juga: 6 Pemain Portugal Terakhir di Barcelona, Ada Duo Joao!

Gilang Rama W. Photo Verified Writer Gilang Rama W.

Tertarik dengan sepak bola, hiburan, sains, serta isu sosial dan lingkungan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya