7 Pemain Muda yang Siap Menjadi Penerus Generasi Emas Belgia

Telah menjadi andalan klub sejak usia muda

Belgia menjadi salah satu tim kuat Eropa selama beberapa tahun terakhir berkat kontribusi besar dari generasi emas. Nama-nama seperti Romelu Lukaku, Jan Vertonghen, Thibaut Courtois, hingga Kevin De Bruyne telah menjadi tumpuan bagi tim berjuluk Red Devils tersebut. Mereka berhasil membantu Belgia merebut peringkat ketiga pada Piala Dunia 2018.

Selain itu, Belgia sempat menduduki posisi teratas peringkat FIFA pada beberapa kesempatan. Namun, mayoritas pemain dari generasi emas tersebut makin tua sehingga Belgia memerlukan regenerasi pemain agar dapat terus bersaing.

Dalam beberapa tahun terakhir, beberapa pemain muda berbakat asal Belgia telah muncul dengan penampilan yang mengesankan. Mereka diyakini akan menjadi generasi emas Belgia selanjutnya.

1. Romeo Lavia menjadi harapan baru di lini tengah Belgia

7 Pemain Muda yang Siap Menjadi Penerus Generasi Emas BelgiaRomeo Lavia menjadi salah satu gelandang berbakat asal Belgia. (ChelseaFC.com)

Romeo Lavia mulai mencuri perhatian setelah tampil mengesankan bersama Southampton pada 2022/2023. Pemain berusia 19 tahun tersebut menjadi gelandang bertahan andalan The Saints dalam 31 laga di semua ajang. Pada tiap laga yang dilakoninya, Lavia mampu menunjukkan ketangguhan dan keberaniannya dalam merebut bola yang menjadi keunggulannya.

Setelah tampil gemilang di level klub, Lavia akhirnya mendapat debut bersama tim senior Belgia pada Maret 2023. Dengan bakat dan kemampuan yang dimilikinya, sosok Lavia menjadi salah satu harapan Timnas Belgia pada masa depan. Terlebih, Lavia sekarang pindah ke salah satu klub ternama Inggris, Chelsea. Bersama The Blues, kemampuannya diyakini akan makin terasah.

2. Jeremy Doku digadang-gadang sebagai calon penerus Eden Hazard di lini serang Belgia

7 Pemain Muda yang Siap Menjadi Penerus Generasi Emas BelgiaJeremy Doku resmi bergabung dengan Manchester City pada awal 2023/2024. (twitter.com/ManCity)

Jeremy Doku, pemain baru Manchester City pada musim panas 2023, telah menunjukkan potensi luar biasanya saat masih membela RSC Anderlecht dan Stade Rennais. Doku dikenal sebagai winger yang lincah dengan kemampuan dribel yang luar biasa. Kemampuannya tersebut tentu menjadi ancaman serius bagi lini pertahanan lawan.

Setelah menjadi andalan di skuad muda Belgia, Doku berhasil mencatatkan debut bersama tim senior pada September 2020. Kini ia telah mengoleksi 14 caps dengan torehan 2 gol. Berkat potensi yang dimilikinya, Doku digadang sebagai penerus Eden Hazard, salah satu winger terbaik yang pernah dimiliki Timnas Belgia.

3. Maarten Vandevoordt dijuluki sebagai The Next Courtois

7 Pemain Muda yang Siap Menjadi Penerus Generasi Emas BelgiaMaarten Vandevoordt, kiper andalan KRC Genk, dijuluki sebagai The Next Courtouis. (instagram.com/ maarten_vandevoordt)

Maarten Vandevoordt merupakan kiper andalan KRC Genk dan Timnas U-21 Belgia. Dirinya telah tampil reguler bersama KRC Genk sejak 2021. Bersama KRC Genk, pemain berusia 21 tahun tersebut telah tampil dalam 129 laga dengan catatan 167 kali kebobolan dan 30 clean sheet hingga saat ini. Berkat kemampuan yang dimilikinya, Vandevoordt sering disebut sebagai penerus Thibaut Courtois.

Penampilan gemilang Vandevoordt ternyata menarik perhatian salah satu klub raksasa Bundesliga Jerman, RB Leipzig. Akhirnya, pada April 2022, Genk dan Leipzig sepakat untuk transfer Vandevoordt dengan biaya 10 juta euro atau sekitar Rp164 miliar. Namun, Vandevoordt baru akan bergabung ke Leipzig Arena pada 2024 mendatang.

Baca Juga: 5 Pemain Belgia yang Berganti Klub pada Musim Panas 2023, Siapa Saja?

4. Zeno Debast disebut sebagai sosok penerus mantan bek andalan Belgia, Vincent Kompany

7 Pemain Muda yang Siap Menjadi Penerus Generasi Emas BelgiaZeno Debast, bek andalan RSC Anderlecht, digadang sebagai salah satu bek masa depan Timnas Belgia. (instagram.com/ Zeno Debast)

Nama Zeno Debast, bek tengah muda Anderlecht, disebut sebagai penerus Kompany di Timnas Belgia. Debast dikenal sebagai bek dengan kemampuan mengolah bola yang baik. Selain itu, ia juga berperan aktif membantu dalam skema penyerangan timnya.

Menariknya, Debast mendapat debutnya di skuad utama Anderlecht pada Mei 2021 ketika masih di bawah kepelatihan Vicent Kompany. Sejak debutnya tersebut, Debast perlahan mampu bersaing di skuad utama klub dan kini telah mencatatkan 61 laga bersama Anderlecht. Di level internasional, ia juga mulai dipercaya di lini pertahanan Red Devils sejak debutnya pada September 2022. Kini Debast telah mengoleksi tiga caps bersama tim senior Belgia

5. Charles De Ketelaere merupakan salah satu gelandang muda andalan Timnas Belgia

7 Pemain Muda yang Siap Menjadi Penerus Generasi Emas BelgiaCharles De Ketelaere berusaha menemukan permainan terbaiknya bersama Atalanta. (instagram.com/ charlesdeketelaere)

Saat masih membela Club Brugge, Charles De Ketelaere berhasil menunjukkan penampilan mengesankannya. Di sana, ia mampu tampil produktif dengan mencatatkan 25 gol dan 20 assist dalam 120 pertandingan selama 3 musim. Selain itu, De Ketelaere dikenal sebagai pemain yang mampu bermain di banyak posisi, terutama winger dan bahkan striker.

Sayangnya, karier De Ketelaere sedikit tersendat setelah pindah ke AC Milan. Pemain berusia 22 tahun tersebut mengalami kesulitan dalam beradaptasi di Italia. Imbasnya, De Ketelaere hanya mampu mencatatkan 1 assist dalam 40 laga. Ia kemudian dipinjamkan ke Atalanta untuk 2023/2024 dengan opsi pembelian. Ia diharapkan dapat menemukan kembali performa terbaiknya.

Di level internasional, De Ketelaere merupakan salah satu pemain muda yang diandalkan oleh Timnas Belgia. Sejak debutnya pada November 2020, De Ketelaere telah mengoleksi 12 caps sejauh ini. Pada Piala Dunia 2022, ia menjadi salah satu nama yang bawa dalam skuad Belgia dan berhasil tampil selama 15 menit pada laga fase grup melawan Maroko.

6. Lois Openda berpotensi menjadi ujung tombak andalan Timnas Belgia

7 Pemain Muda yang Siap Menjadi Penerus Generasi Emas BelgiaLois Openda (depan) merupakan striker RB Leipzig asal Belgia. (twitter.com/RBLeipzig_EN)

Striker baru RB Leipzig pada musim 2023, Lois Openda, berpotensi menjadi ujung tombak baru Timnas Belgia. Openda mulai menjadi sorotan karena penampilanya yang mengesankan bersama RC Lens pada 2022/2023. Pemain berusia 23 tahun tersebut tampil tajam dengan mencetak 21 gol dalam 42 laga di semua kompetisi musim tersebut.

Di Timnas Belgia, Openda telah mengoleksi 9 caps dan 2 gol sejauh ini sejak debutnya pada Juni 2022. Openda dikenal memiliki kemampuan dalam mencari ruang serta keahliannya dalam mencetak gol dengan kedua kakinya. Hal ini tentunya akan menjadi senjata yang mematikan bagi skuad Red Devils pada masa mendatang.

7. Johan Bakayoko tampil memukau bersama PSV Eindhoven

7 Pemain Muda yang Siap Menjadi Penerus Generasi Emas Belgiapotret Johan Bakayoko, winger muda andalan PSV Eindhoven asal Belgia (twitter.com/PSV)

Johan Bakayoko merupakan winger kanan andalan klub Eredivisie Belanda, PSV Eindhoven. Ia dikenal sebagai seorang winger dengan kecepatan dan kontrol bola yang mengagumkan. Sejak debutnya di tim utama pada 2021/2022, Bakayoko telah bermain dalam 45 laga dan mampu mencatatkan 7 gol serta 10 assist hingga saat ini.

Di level internasional, Bakayoko berhasil mendapat debut bersama Timnas Belgia pada Maret 2023. Saat ini, ia telah mengoleksi 4 caps dan mencatatkan 1 gol. Dengan kehadiran Bakayoko bersama dengan pemain muda lainnya, seperti Jeremy Doku dan Lois Openda, lini serang Belgia siap menjadi salah satu ancaman bagi tim-tim pesaingnya.

Kini Belgia dengan deretan pemain mudanya siap bersaing di level Eropa dan dunia. Di bawah kepemimpinan pelatih baru, Domenico Tedesco, Timnas Belgia akan berjuang untuk lolos ke Euro 2024 dan Piala Dunia 2026. Apakah skuad Red Devils akan mendapatkan trofi internasional pertama mereka dalam waktu dekat?

Baca Juga: 5 Pemain Belgia Termahal yang Direkrut oleh Klub EPL, Siapa Saja?

Gilang Rama W. Photo Verified Writer Gilang Rama W.

Tertarik dengan sepak bola, hiburan, sains, serta isu sosial dan lingkungan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya