Comscore Tracker

5 Transfer Pemain di Awal Tahun 2019 yang Paling Jadi Sorotan 

Barcelona dapatkan bek baru

Tahun baru bukanlah sekadar momen pergantian tahun. Bagi klub-klub di Liga Eropa, momen baru merupakan kesempatan untuk berburu pemain baru. Ya, tepat di awal Januari, transfer pemain tengah musim atau yang familiar dengans ebutan transfer window, resmi dibuka.

Hasilnya, beberapa klub top langsung bergerak cepat untuk mendapatkan pemain baru. Berikut rangkuman beberapa transfer pemain tengah musim di awal 2019 yang paling mendapat sorotan media.

1. Samir Nasri kembali ke Liga Inggris

5 Transfer Pemain di Awal Tahun 2019 yang Paling Jadi Sorotan twitter.com/sportbible

Lama tidak terdengar kabarnya, gelandang mungil asal Prancis, Samir Nasri kembali menjadi headline pemberitaan media. Nasri yang kini berusia 31 tahun, dilaporkan kembali ke Liga Inggris. Dia direkrut klub premier League, West Ham United dengan durasi kontrak hanya untuk musim 2018/19 plus opsi perpanjangan seperti dikutip dari website resmi klub West Ham United.

"Kembali ke liga paling kompetitif di dunia di tim yang memiliki ambisi tinggi serta manager yang saya kenal, menurut ini pekerjaan paling menyenangkan di dunia. Saya sungguh tidak sabar ingin segera bermain," ujar Nasri.

Bagi penggemar Liga Inggris, Samir Nasri bukanlah nama asing. Dia pernah sembilan tahun merumput di Liga Inggris bersama Arsenal (2008-2011) lalu pindah ke Manchester City (2011-2017). Setelah itu, dia bertualang ke Sevilla (Spanyol) dan Antalyaspor (Turki). Per 31 Desember 2018 lalu, dia baru saja terbebas dari skorsing yang dijatuhkan UEFA.

Di West Ham, Nasri akan mengenakan jersey dengan nomor 18. Dia akan bereuni dengan mantan rekannya di Man City seperti Pablo Zabaleta.

2. Bayern Munchen mendapatkan "The Next Franck Ribery"

5 Transfer Pemain di Awal Tahun 2019 yang Paling Jadi Sorotan www.foxsportsasia.com/football

Tim raksasa Jerman, Bayern Munchen rupanya mulai melakukan peremajaan skuad menyusul beberapa pemain bintangnya yang sudah berumur. Bayern berhasil mendatangkan pemain muda sensasional asal Kanada, Alphonso Davies dari klub Major League Soccer (Liga Amerika Serikat), Vancouver Whitecaps. Davies yang merupakan permain pertama kelahiran 2000 yang bermain di MLS, dibanderol senilai 10 juta pounds.

Bagi anak muda yang baru berusia 18 tahun, bisa direkrut klub sebesar Bayern Munchen menandakan bahwa dia bukan anak muda sembarangan. Di negaranya, Alphonso yang kelahiran Ghana lantas menjadi warga negara Kanada, memang fenomenal. Dia sudah masuk Timnas senior Kanada di usia 17 tahun.

"Alphonso Davies bisa menjadi contoh bagi semua pemain. Dia menjadi representasi Kanada," ujar Pelatih Timnas Kanada, John Herdman dikutip dari situs resmi Bundesliga.

Bagi Bayern, kehadiran Alphonso bagus untuk peremajaan skuad. Terlebih untuk posisi winger, dua pemain sayap Bayern sudah berumur. Franck Ribery sudah berusia 35 tahun dan Arje Robben berusia 34 tahun.

Baca Juga: Resmi! Christian Pulisic Bergabung dengan Chelsea

3. Barcelona mendapatkan 'bek darurat'

5 Transfer Pemain di Awal Tahun 2019 yang Paling Jadi Sorotan www.marca.com

Klub top Spanyol, FC Barcelona mendapatkan solusi dari permasalahan krisis bek yang tengah mereka hadapi. Barcelona mendatangkan bek asal Kolombia, Jeison Murillo dari Valencia. Murillo sudah diperkenalkan kepada suporter Barcelona di Nou Camp.

Bek berusia 26 tahun ini bisa menjadi "bek darurat" di Barcelona yang belum bisa memainkan Samuel Umtiti karena cedera serta Thomas Vermaelen yang sering cedera kambuhan. Murillo bisa melakukan debut bersama Barcelona saat melawan Getafe pada 6 Januari nanti.

Dikutip dari Marca, Murillo menyebut ingin lama bermain untuk Barcelona. Karenanya, dia akan memanfaatkan masa enam bulan paro kedua kompetisi musim 2018/19 untuk memikat pelatih Barcelona, Ernesto Valverde lewat penampilan di lapangan.

"Ini kesempatan yang sangat bagus bagi saya. Mimpi yang menjadi nyata dan sangat berarti bagi saya. Saya punay setengah musim dan saya akan berlatih keras dan cepat beradaptasi dengan tim agar bisa berada di sini lebih lama. Saya ingin menunjukkan kepada pelatih bahwa dia bisa percaya kepada saya," ujar Murillo dikutip dari Marca

4. Ungguli AC Milan, Fiorentina dapatkan penyerang Timnas Kolombia

5 Transfer Pemain di Awal Tahun 2019 yang Paling Jadi Sorotan twitter.com/championsleague

Tim Italia, Fiorentina juga mendapatkan 'tangkapan besar' di bursa transfer Januari. Salah satu klub top di Italia ini berhasil mendapatkan penyerang Timnas Kolombia, Luis Fernando Muriel. Striker berusia 27 tahun ini didapatkan dari klub Spanyol, Sevill dengan status on loan alias pinjaman.

Padahal, Luis Muriel sebelumnya dikabarkan akan merapat ke AC Milan untuk menghidupkan lini depan tim kota mode tersebut. Namun, Fiorentina ternyata bergerak lebih cepat.

Selama membela Sevilla, Muriel tampil dalam 64 pertandingan dengan mencetak 13 gol dan delapan assist. Bagi Muriel, Liga Italia bukan kompetisi baru. Dia pernah mendapatkan penampilan terbaiknya di Liga Italia sewaktu membela Lecce, Udinese dan Sampdoria dengan mencetak 43 gol dalam 165 pertandingan.

5. Chelsea mendapatkan salah satu "aset paling diburu" dari Borussia Dortmund

5 Transfer Pemain di Awal Tahun 2019 yang Paling Jadi Sorotan twitter.com/squawka

Klub top Inggris, Chelsea, bergerak cepat di bursa transfer Januari ini. Klub asal London ini berhasil mendapatkan salah satu aset yang paling diburu di bursa transfer, yakni Christian Pulisic. Klub pemilik Pulisic, Borussia Dortmund mengonfirmasi bahwa pemain Timnas Amerika Serikat ini akan bergabung dengan Chelsea dengan banderol mahal sebesar 58 juta pounds atau setara dengan Rp 1,06 triliun.

Pulisic baru akan bergabung dengan Chelsea pada musim 2019/20 mendatang. Untuk sisa kompetisi musim 2018/19 ini, dia masih akan bermain di Dortmund dengan status pemain pinjaman.

Dengan transfer tersebut, Pulisic menjadi pemain termahal Amerika Serikat. Sebelumnya, beberapa klub top dikabarkan juga berminat pada Pulisic. Diantaranya Liverpool dan AC Milan. Di website resmi klub Chelsea, Pulisic menyampaikan bahwa sebuah kehormatan bisa bergabung dengan klub ternama seperti Chelsea. "Saya akan berlatih keras untuk menjadi bagian dari tim yang memiliki banyak pemain kelas dunia," ujar Pulisic dikutip dari situs resmi Chelsea.

Yang menjadi sorotan media, pelatih Chelsea, Maurizio Sarri ternyata tidak tahu-menahu perihal transfer Pulisic tersebut. Dia mengaku hanya sempat diminta pendapat tentang pemain berusia 20 tahun tersebut pada bulan lalu. "Saya beri pendapat yang positif dan ternyata hari ini sudah deal. Saya tidak tahu apapun," ujar Sarri dikutip dari Talksport.

Dengan Januari masih berada di awal bulan, berarti masa transfer window masih cukup panjang. Artinya, tentu saja masih terbuka kemungkinan akan ada kabar transfer besar dengan melibatkan klub besar dan pemain top lainnya di sesi transfer 2019 ini.

Baca Juga: Demi Dapatkan Mbappe, Juventus Siap Lepas Paulo Dybala

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You