Comscore Tracker

4 Inspirasi dari Sukses Manchester City Kembali ke Puncak Liga Inggris

Karena sepak bola tak sekadar menang kalah

Setelah beberapa pekan menjadi pemburu yang mengejar Liverpool, Manchester City akhirnya berhasil mendapatkan tujuan mereka. Manchester City sukses menggeser Liverpool dan kembali menguasai posisi puncak Liga Inggris.

Kepastian itu terjadi setelah Manchester City meraih kemenangan sata bertamu ke markas Everton yang merupakan tim sekota Liverpool. City menang 2-0 lewat gol Alfonso Laporter dan Gabriel Jesus. Ada beberapa inspirasi yang bisa dipetik dari sukses City meraih kembali posisi puncak ini. Apa saja?

1. Tidak mudah menyerah, Manchester City sempat tertinggal banyak poin tetapi kini sudah selevel dengan Liverpool

4 Inspirasi dari Sukses Manchester City Kembali ke Puncak Liga Inggristwitter.com/Laporte

Kemenangan 2-0 atas Everton di pertandingan ke-26 Liga Inggris, Rabu (6/2/2019) malam waktu setempat atau Kamis (7/2/2019) dini hari tadi membuat Manchester City kini mengumpulkan 62 poin dari 26 pertandingan. Poin City sama dengan Liverpool. Namun, City unggul dalam selisih gol sehingga mereka ada di puncak. City surplus 48 gol (68 gol memasukkan dan kemasukan 20 gol) berbanding Liverpool yang surplus 41 seperti dikutip premierleague.com.

Padahal, pada akhir Januari lalu, City hampir saja tertinggal 7 poin dari Liverpool. Namun, seiring melambatnya laju Liverpool setelah meraih dua hasil imbang dan City terus meraih kemenangan, poin mereka kini sama.

Dikutip dari website resmi klub, Pelatih Man.City, Pep Guardiola menyebut keberhasilan timnya menyamai perolehan poin Liverpool karena tidak mudah menyerah. "Kami bisa saja tertinggal tujuh poin pada beberapa hari lalu. Sekarang, kami ada di posisi pertama. Ini pelajaran penting agar kita tidak mudah menyerah," sebut Guardiola dikutip dari mancity.com.

2. Tampil konsisten demi mencapai tujuan

4 Inspirasi dari Sukses Manchester City Kembali ke Puncak Liga Inggristwitter.com/ManCity

Manchester City tidak akan mungkin bisa menyamai perolehan poin Liverpool bila mereka tidak tampil konsisten. Sebagai tim yang mengejar, mereka memang harus terus konsisten meraih kemenangan sembari berharap tim yang dikejar 'terpeleset'. Dan memang, City mampu konsisten demi mempertahankan gelar Liga Inggris.

Cerita seperti itulah yang terjadi. Laju Liverpool melambat setelah meraih dua hasil imbang beruntun saat melawan Leicester City (31/1/) dan Wes Ham United (5/2). City meresponsnya dengan kemenangan penting atas lawan yang sejatinya tidak mudah. Mereka menang atas Arsenal, 3-1 (3/2). Dan dini hari tadi, City mengalahkan tuan rumah Everton 2-0 (7/2) seperti dikutip dari premierleague.com.

Menurut Guardiola, kemenangan atas Everton sangat memuaskan. Karena memang, Goodison Park selalu menjadi tempat yang tidak mudah bagi tim tamu. "Kami bermain luar biasa menghadapi lawan yang tidak mudah. Pemain-pemain saya memperlihatkan kemauan kuat. Saya selalu percaya pada mereka," ujar Guardiola dikuti dari bbc.com.

Baca Juga: Kurang dari Dua Bulan, Manchester City Sudah Kembali Pimpin Klasemen

3. Manchester City sempat terjatuh (kalah) tetapi mereka langsung bisa move on

4 Inspirasi dari Sukses Manchester City Kembali ke Puncak Liga Inggristwitter.com/premierleague

Dalam upaya mengejar Liverpool, Manchester City tidak selalu berlari kencang alias terus meraih kemenangan. City juga sempat terjatuh dalam artian mengalami kekalahan. Bahkan, kekalahan tersebut tidak diduga. Seperti pada akhir Januari lalu, City kalah 2-1 dari tuan rumah Newcastle United. Itu kekalahan pertama mereka di tahun 2019 setelah meraih 7 kemenangan beruntun seperti dikutip dari soccerway.com.

Ditambah lagi, setelah laga melawan Newcastle tersebut, di atas kertas, City menghadapi jadwal berat selama Februari. Toh, Sergio Aguero dkk bisa langsung segera move on. Mereka cepat merespons kekalahan dari Newcastle tersebut dengan meraih kemenangan atas Arsenal dan Everton. Andai mereka lambat move on setelah mengalami kekalahan, Manchester City pastinya bakal semakin tertinggal dari Liverpool di klasemen.

4. Kemenangan perlu dirayakan, meski esok ditunggu tugas berat

4 Inspirasi dari Sukses Manchester City Kembali ke Puncak Liga Inggristwitter.com/premierleague

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola paham, keberhasilan timnya kembali ke posisi puncak, sangat mungkin hanya bertahan beberapa hari. Sebab, mereka memainkan jumlah pertandingan lebih banyak (26 laga). Akhir pekan ini, andai Liverpool yang baru memainkan 25 laga, bisa menang atas Bournemouth di Anfield (9/2), maka Liverpool akan kembali ke puncak klasemen dengan keunggulan tiga poin.

Toh, Guardiola tidak terlalu memedulikan itu. Terpenting, keberhasilan ke puncak meski itu untuk sementara, perlu dirayakan. Apalagi, kemenangan City atas Everton dini hari tadi tentunya akan memunculkan tekanan bagi Liverpool saat menjamu Bournemouth.

"Benar, kami memiliki satu pertandingan lebih banyak dari Liverpool dan bila mereka menang, kami tidak lagi di puncak. Namun, ada di puncak tentunya lebih bagus karena Liverpool masih harus memainkan pertandingan," ujar Guardiola dikutip dari mancity.com.

Akhir pekan ini, City juga akan turun bermain. Mereka akan menghadapi lawan berat, yakni Chelsea (10/2). City memang memainkan pertandingan beruntun karena pekan depan dan juga pekan depannya lagi, mereka tidak akan tampil di Liga Inggris. City akan tampil di Piala FA melawan Newport City (17/2) dan menghadapi Chelsea di final Carabao Cup (24/2).

Jadi, menarik ditunggu bagaimana kelanjutan rivalitas City dan Liverpool di Liga Inggris. Namun, sepak bola bukan hanya skor atau menang kalah. Kita juga bisa memungut pelajaran hidup dari lapangan sepak bola.

Baca Juga: Emiliano Sala Diyakini Tewas, Nantes Minta Cardiff City Bayar Transfer

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

JADWAL SALAT & IMSAK

24
MEI
2019
19 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 24 May 2019 10:00:05

Progress: 770.770 dari 813.350 TPS (94.76486%)

Just For You