Comscore Tracker

Real Madrid Menang di Copa del Rey, Bernabeu Malah Sepi Penonton

Solari sebut Madrid tidak akan pernah kesepian

Real Madrid berhasil keluar dari episode buruk di awal tahun. Madrid akhirnya meraih kemenangan perdana di tahun 2019 setelah menang telak 3-0 atas tamunya, Leganes di laga pertama babak 16 besar Copa del Rey, Rabu (9/1/2019) malam waktu setempat atau Kamis (10/1/2018) dini hari tadi.

Namun, ada pemandangan tidak biasa dalam pertandingan itu. Meski Madrid mampu menang meyakinkan, tetapi Santiago Bernabeu ternyata sepi penonton. Sedikit saja suporter yang mendukung langsung Sergio Ramos dkk di stadion. Kenapa?

1. Stadion hanya terisi separo penonton, Bernabeu paling sepi di musim ini

Real Madrid Menang di Copa del Rey, Bernabeu Malah Sepi Penontonwww.marca.com/en/football

Santiago Bernabeu, markas Real Madrid merupakan salah satu stadion dengan kapasitas terbesar di Eropa. Stadion yang difungsikan sejak kompetisi tahun 1947 ini memiliki kapasitas yang mampu menampung 81.044 suporter. Namun, ketika Madrid menjamu Leganes dini hari tadi, Bernabeu hanya terisi separoh lebih sedikit. Hanya ada 44.231 Madridista yang hadir langsung di stadion.

Dikutip dari foxsportsasia.com, jumlah suporter tersebut merupakan yang terendah di pertandingan Real Madrid sepanjang musim ini. Boleh jadi, sepinya Bernabeu tersebut sebagai bentu kekecewaan Madrid setelah akhir pekan kemarin kalah 0-2 di Bernabeu dari Real Sociedad di Liga Spanyol.

Namun, sepinya Bernabeu itu tidak membuat pelatih Real Madrid, Santiago Solari cemas. Menurutnya, Madrid merupakan klub yang sudah mengglobal dan memiliki suporter di seluruh belahan dunia. "Real Madrid memiliki ratusan juta fans di seluruh dunia, di hampir semua negara. Tidak semua orang bisa datang ke Bernabeu. Tapi, selalu ada fans yang menyaksikan kami bermain. Saya ulang, Real Madrid punya ratusan juta fans. Kami tidak pernah kesepian," ujar Solari dikutip dari foxsportsasia.com.

2. Mainkan beberapa pemain inti demi buru kemenangan, Solari puji Vinicus dan Navas

Real Madrid Menang di Copa del Rey, Bernabeu Malah Sepi Penontontwitter.com/LaLigaEN

Meski tidak terpengaruh sepinya penonton, Solari jelas terpengaruh dengan kegagalan menang Real Madrid di dua pertandingan awal tahun di Liga Spanyol. Terlebih setelah Madrid kalah 0-2 dari Sociedad di Bernabeu. Karenanya, ketika menjamu Leganes, Solar memilih memainkan beberapa pemain utama demi mengejar kemenangan. Diantaranya Sergio Ramos, Casemiro, Lucas Vazquez dan Karim Benzema.

Hasilnya, Real Madrid menang 3-0 lewat gol-gol Sergio Ramos di menit ke-44 melalui sepakan penalti, Lucas Vazquez di menit ke-68 serta Vinicius Junior di menit ke-77 seperti dikutip dari soccerway.com. Laga kedua babak 16 besar akan dimainkan pada 17 Januari mendatang di markas Leganes. Seharusnya, bekal kemenangan 3-0 membuat Real Madrid bisa lolos ke perempat final.

Solari memuji penampilan Vinicius. Selain mencetak gol, pemuda Brasil berusia 18 tahun ini juga membuat assist untuk gol kedua oleh Vazquez. Dia juga memberikan aplaus untuk penampilan kiper asal Kostarika, Keylor Navas yang kali ini bermain sebagai starter.

"Dia (Navas) bermain sangat bagus. Dia profesional dan sangat repek kepadanya. Dia akan selalu menjadi pemain penting di tim ini," ujar Solari dikutip dari marca.com.

Baca Juga: Ramos Cetak Gol ke-100, Real Madrid Kalahkan Leganes di Copa del Rey

3. Baru tiga hari bergabung, Brahim Diaz langsung tampil

Real Madrid Menang di Copa del Rey, Bernabeu Malah Sepi Penontontwitter.com/LaLigaEN

Laga Copa del Rey melawan Leganes dini hari tadi juga menjadi debut bagi pemain baru Real Madrid, Brahim Abdelkader Diaz. Pemain Spanyol berusia 19 tahun ini mendapatkan kesempatan memeprlihatkan kemampuannya di 12 menit terakhir. Diaz dimainkan di menit ke-78 untuk menggantikan Vinicius.

Padahal, pekan lalu, Brahim Diaz masih berstatus sebagai pemain Manchester City, kemudian akhir pekan kemarin ditransfer ke Real Madrid, diumumkan sebagai pemain Madrid pada Senin dan lantas menjalani sesi latihan pada Selasa (8/1/2019).
Dan, tiga hari kemudian dia langsung bermain di salah satu klub paling terkenal di dunia seperti dikutip dari marca.com. Kehidupan seperti berjalan sangat cepat bagi Brahim Diaz.

Brahim sempat menciptakan peluang untuk Isco menjelang akhir laga. Menariknya, di akhir pertandingan, Brahim tidak mau menukar jerseynya seperti pemain-pemain lainnya. Baginya, jersey tersebut bak harta karun karena itu pertandingan pertamanya bagi Real Madrid.

4. Real Madrid dihantam badai cedera pemain dan relasi panas Solari-Isco

Real Madrid Menang di Copa del Rey, Bernabeu Malah Sepi Penontontwitter.com/RMadridHome_

Meski meraih kemenangan penting pertama di tahun 2019, tetapi hasil itu belum sepenuhnya bisa membuat Pelatih Real Madrid, Santiago Solari tersenyum lega. Sebab, pelatih asal Argentina ini masih cemas menyusul banyaknya pemain intinya yang cedera. Ya, Madrid memang tengah dihantam badai cedera.

Beberapa pemain inti Real Madrid yang masih menjalani perawatan akibat cedera diantarnya kiper Thibaut Courtois yang cedera pinggul, Gareth Bale cedera betis, Marco Asensio cedera hamstring, serta Toni Kroos dan Marcos Llorente.

Selain masalah cedera, Madrid juga diisukan kabar retaknya hubungan Solari dan Isco. Isco kini kerap dicadangkan Solari setelah beberapa waktu lalu mengkritisi
strategi Solari yang memainkan pemain-pemain muda, tepatnya ketika Madrid kalah 0-3 dari Eibar pada Oktober lalu.

Saat melawan Leganes dini hari tadi, Isco juga tidak dimainkan sebagai pemain inti. Seusai pertandingan, ketika ditanya wartawan mengapa Isco tidak dimainkan, Solari hanya berujar singkat, "Hari ini kami bermain sangat bagus."

Meski mampu menang atas Leganes, tekanan kepada Solari jelas belum usai. Solari masih harus meyakinkan suporter Real Madrid bahwa dia memang mampu meraih hasil bagus di LIga Spanyol. Madrid butuh terus menang demi memperbaiki posisi karena kini tercecer di peringkat lima. Dimulai pada akhir pekan ini, saat Real Madrid away ke markas Real Betis. Fans Madrid pastinya tidak sabar melihat tim mereka segera kembali ke papan atas. 

Baca Juga: Pesta Gol, Real Madrid Lolos ke Babak 16 Besar Copa Del Rey

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya