Preview Prancis vs Argetina: 3 Alasan Kenapa Prancis Lebih Diunggulkan

#WorldCup2018 Performa Messi sedang payah

Jakarta, IDN Times – Babak 16 besar Piala Dunia 2018 dibuka dengan pertandingan Prancis melawan Argentina di Kazan Arena, Sabtu (30/6) pukul 21.00 WIB. Ini adalah pertemuan ke 12 bagi Prancis dan Argentina. Dalam pertemuan terakhir yang digelar 11 Februari 2009, Prancis kalah dari Argentina dengan skor 0-2 dalam pertandingan persahabatan.

Argentina juga memiliki rekor bagus dalam 11 pertemuan itu, di mana mereka menang 6 kali atas Prancis dan hanya 3 kali seri. Meski secara rekor pertemuan Prancis terlihat inferior, ada 3 alasan kenapa Prancis kali ini lebih diunggulkan. 

1. Rekor bagus Prancis di babak grup dibanding Argentina

Preview Prancis vs Argetina: 3 Alasan Kenapa Prancis Lebih DiunggulkanBEREBUT BOLA. Kylian Mbappe (Prancis) berebut bola dengan Miguel Trauco (Peru) di pertandingan Grup C yang akhirnya dimenangkan Prancis. Foto dari FIFA.com

Argentina terseok-seok di babak grup dan bisa dibilang mereka lolos karena beruntung. Dalam 3 pertandingan, Argentina kalah telak 3 gol dari Kroasia, imbang melawan Islandia dan menang dramatis dari Nigeria dengan skor 2-1. Koleksi 3 gol dan kemasukkan 5 gol di babak penyisihan grup bukanlah catatan yang baik untuk ukuran tim sekelas Argentina.

Sementara itu Prancis memiliki rekor yang lebih bagus. Mereka menang melawan Australia dan Peru dan imbang melawan Denmark. Satu-satunya gol yang masuk ke gawang Prancis pun datang dari titik penalti saat melawan Australia. Sebagai balasannya, dalam 3 pertandingan itu, mereka mencetak 3 gol.

2. Pertahanan bagus Prancis di Piala Dunia

Preview Prancis vs Argetina: 3 Alasan Kenapa Prancis Lebih Diunggulkangoaljerseys.ru

Seperti dilansir fifa.com, Prancis tidak kebobolan selama 757 menit melawan tim asal Amerika Latin hingga saat ini. Terakhir gawang Prancis dibobol Brasil pada Piala Dunia 1986.

Prancis juga tidak kebobolan di 5 dari 7 pertandingan Piala Dunia yang mereka jalani. Bagusnya lini pertahanan Prancis membuat mereka tidak terkalahkan dalam 7 pertandingan Piala Dunia.

Sebagai contoh, dalam Piala Dunia ini, dari 5 tembakan on target ke gawang Prancis, hanya 1 yang menjadi gol, itu pun melalui penalti saat melawan Australia di babak grup. 

3. Performa Lionel Messi yang dipertanyakan

Preview Prancis vs Argetina: 3 Alasan Kenapa Prancis Lebih Diunggulkanfifa.com

Penyerang Argentina Lionel Messi menjadi sebab Prancis boleh dijagokan dalam pertandingan ini. Sebab performa Messi di babak penyisihan grup tidak sekinclong namanya. Bahkan, Messi sempat gagal mengeksekusi penalti saat Argentina ditahan Islandia 1-1 pada 16 Juni lalu.

Menurut sportingnews.com, Messi adalah pemain Argentina terakhir yang mencetak gol melawan Prancis, pada Februari 2009 dalam pertandingan persahabatan (2-0).

4. Perkiraan formasi

Preview Prancis vs Argetina: 3 Alasan Kenapa Prancis Lebih Diunggulkanfifa.com

Prancis: Hugo Lloris; Benjamin Pavard, Raphael Varane, Samuel Umtiti, Lucas Hernandez; Paul Pogba, N’Golo Kante; Kylian Mbappe, Antoine Griezmann, Ousmane Dembele; Olivier Giroud

Argentina: Franco Armani; Gabriel Mercado, Nicolas Otamendi, Marcos Rojo, Nicolas Tagliafico; Ever Banega, Javier Mascherano, Enzo Perez, Angel Di Maria; Lionel Messi, Gonzalo Higuain

Baca Juga: Inggris Tampil Impresif, Gareth Southgate Ungkap Rahasianya

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya