Sering Jadi Korban Rasisme, Sterling: Pelaku Harus Dihukum Lebih Berat

Say no to Racism!

Winger milik Manchester City, Raheem Sterling, memang telah banyak berlalu lalang di dunia sepak bola. Dari kisah manis hingga kerap kali menjadi sasaran ejekan berbau rasisme para suporter telah dilaluinya. Terbaru, Sterling bersama para penggawa Timnas Inggris yang berkulit hitam mendapatkan ejekan rasis dari pendukung Montenegro pada laga lanjutan kualifikasi Euro 2020 (26/3/2019).

1. Timnas Inggris menjadi korban rasisme pada laga kontra Montenegro

Sering Jadi Korban Rasisme, Sterling: Pelaku Harus Dihukum Lebih Beratskysports.com

Kemenangan 5-1 yang dipetik Inggris kala membantai Montenegro pun ternodai dengan adanya tindakan rasisme yang dilakukan para suporter tuan rumah. Ejekan dan nyanyian-nyanyian berbau rasis terdengar ditujukan kepada para pemain Inggris yang berkulit hitam. Mulai dari Raheem Sterling, Danny Rose, hingga Callum Hudson-Odoi, menjadi sasaran dari aksi tidak terpuji ini. Pelatih Inggris, Gareth Southgate, kabarnya siap membawa perkara ini ke UEFA.

Baca Juga: Kualifikasi Euro: Sterling Cetak Hat-trick, Inggris Bantai Ceko

2. Sterling: Perilaku rasis di tahun 2019 merupakan hal konyol

Sering Jadi Korban Rasisme, Sterling: Pelaku Harus Dihukum Lebih Beratskysports.com

Sterling, yang kerap kali menjadi korban rasisme, mengaku sudah terbiasa terhadap hal tersebut. Ia mengaku bahwa ejekan dari para suporter Montenegro tidaklah membuat luka sedikit pun dihatinya dan para pemain Timnas Inggris lainnya. Menurutnya, perilaku rasisme di tahun 2019 sudah tidak lagi sesuai dengan zaman.

"Aksi-aksi seperti itu seharusnya tidak lagi boleh dikatakan. Sekarang tahun 2019, itu sungguh konyol dan saya ingin katakan bahwa sungguh memalukan melihat hal tersebut masih terjadi," ujar Sterling.

3. Sterling minta pelaku rasisme dihukum lebih berat

Sering Jadi Korban Rasisme, Sterling: Pelaku Harus Dihukum Lebih Beratskysports.com

Sterling juga merasa apabila hukuman yang diberikan pihak berwenang kepada para perilaku rasisme selama ini masih kurang berat. Menurutnya, hukuman yang diberikan selama ini tidak efektif dan tidak akan membuat jera para pelaku. Oleh karena itu, Sterling minta pelaku dihukum dengan hukuman yang jauh lebih berat.

“Para pelaku harus diberi hukuman yang lebih berat. Hukuman seharusnya diberikan kepada seluruh suporter sehingga mereka tidak bisa datang ke pertandingan. Anda harus melakukan sesuatu yang benar-benar berat untuk membuat mereka berpikir dua kali untuk melakukannya."

Baca Juga: Sering Diremehkan, Pogba Minta Media Inggris Lebih Hormati Sterling

Hendi Handoko Photo Verified Writer Hendi Handoko

An ordinary guy with extraordinary dreams.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya