Bidadari Tribun, Inilah Kelompok Suporter Wanita di Indonesia

Bisa bikin gagal fokus nih pas nonton

Menjadi olahraga nomor satu di Indonesia, sepak bola memiliki banyak sekali penggemar. Penggemar-penggemar sepakbola Indonesia semakin bertambah seiring berjalannya waktu. Laki-laki memang masih mendominasi. Namun, kehadiran perempuan di stadion juga sudah jamak terlihat. Tak sekadar menonton, mereka juga tak segan menyanyikan yel-yel dukungan. Bahkan, tak sedikit dari klub Indonesia yang saat ini sudah memiliki  kelompok supporter wanita. Berikut beberapa di antaranya: 

1. Viking Girls / Lady Vikers.

Bidadari Tribun, Inilah Kelompok Suporter Wanita di Indonesia Dok. instagram @sandraolga

Viking termasuk ke dalam Bobotoh yang merupakan supporter fanatik dari Persib Bandung. Viking Girls sendiri merupakan bagian dari Viking dengan basis supporter wanita. Dibentuk sejak 1993, kini dikelola oleh generasi kedua pada awal tahun 2000. Pokoknya mah, kalau di Bandung bisa nonton Persib, bonus pemandangan seger dari para gadis parahyangan ini.

2. Srikandi Pasoepati.

Bidadari Tribun, Inilah Kelompok Suporter Wanita di Indonesia Dok. instagram @luthfiah_firdaus

Srikandi Pasoepati merupakan bagian dari supporter Persis Solo yang terbentuk berbarengan dengan lahirnya Pasoepati pada tahun 2000. Hingga saat ini, baik Srikandi Pasoepati maupun Pasoepati telah memiliki anggota yang tersebar tidak hanya di kota Solo namun juga berbagai kota di Indonesia. Kecantikan gadis-gadis solo ini kerap kali membuat salah fokus supporter pria lainnya ketika berada di Tribun.

3. Slemanona/Ladies Curva Sud.

Bidadari Tribun, Inilah Kelompok Suporter Wanita di Indonesia Dok. instagram @riedaputri

Terkenal dengan koreo-korenya yang sering ditampilkan dalam hampir setiap laga, dua kelompok pendukung, yaitu Slemania dan Brigata Curva Sud selalu hadir mendukung PSS Sleman. Slemanona sendiri dideklarasikan di markas klub PSS yaitu Stadion Mandala pada pertengahan 2002 dengan slogan “Female Football Lovers”. Adapun Ladies Curva Sud didirikan pada tahun 2012. 

Baca juga: 5 Perdamaian Supporter Indonesia Ini Patut Dicontoh

4. Aremanita.

Bidadari Tribun, Inilah Kelompok Suporter Wanita di Indonesia wearemania.net

Orang tua, anak muda, bahkan balita sekalipun sering kali terlihat hampir dalam setiap pertandingan Arema FC yang di gelar di kandangnya Stadion Kanjuruhan. Aremania dan Aremanita terkenal sangat fanatik bahkan tak jarang kita melihat seorang Ibu bersama keluarganya yang membawa anak-anaknya untuk menonton langsung Arema. Karena selain memiliki pesona yang luar biasa, Aremanita juga memiliki fanatisme dan loyalitas yang tidak diragukan lagi.

5. Bonita.

Bidadari Tribun, Inilah Kelompok Suporter Wanita di Indonesia bonekjabodetabek.com

‘Bondo Nekat’ atau Bonek merupakan supporter Persebaya Surabaya yang terkenal dengan tampangnya yang sangar. Namun, supporter ini juga menjadi teladan bagi supporter klub sepakbola lain terutama di Jawa Timur. Merupakan singkatan dari Bonek Wanita, Bonita juga tidak kalah menawannya dengan supporter wanita lain di Indonesia. Jumlahnya yang banyak juga dapat menjadi pemandangan tersendiri di tribun.

6. Jak Angels.

Bidadari Tribun, Inilah Kelompok Suporter Wanita di Indonesia simomot.com

Tidak ketinggalan, Ibu kota juga memiliki deretan supporter perempuan cantik yang disebut The Jak Angels. Nama tersebut dicetuskan oleh Ketua Umum The Jakmania kala itu yang dipimpin, Ferry Indrasjarif yang menginginkan nama bagi suporter perempuan Jak Mania, yang saat itu cukup lumayan banyak. Tentu, mereka juga menjadi energi tambahan bagi Persija Jakarta.

Ternyata walaupun hobi menonton sepak bola, namun kecantikan yang mereka miliki tetap awet dan gak luntur ya. Selain supporter-supporter wanita tersebut tentu masih banyak lagi supporter wanita lainnya di Indonesia mengingat banyaknya klub-klub yang ada di Indonesia. Apapun gender-nya, berapapun usianya, bahkan dari mana pun dia berasal tidak jadi masalah selagi dapat menjaga ketertiban.

Baca juga: Koreografi Supporter Indonesia, dari Lapangan Hijau untuk Palestina

Topik:

Berita Terkini Lainnya