26 Pemain Timnas Indonesia TC di Turki, Ada Elkan Baggott

Timnas Indonesia akan uji coba melawan Afghanistan

Jakarta, IDN Times - Shin Tae Yong memanggil 26 pemain untuk bergabung dengan Timnas Indonesia melakukan pemusatan latihan (TC), sekaligus uji coba di Turki pada 16 November-3 Desember 2021. Menariknya, ada nama pemain keturunan, Elkan Baggott (Ipswich Town) masuk dalam skuad Garuda. 

Pemain yang dipanggil Shin merupakan kombinasi dari pemain senior dan muda. Witan Sulaiman, Pratama Arhan, hingga Hanis Saghara, bakal berbaur dengan beberapa pemain lainnya seperti Evan Dimas, Adam Alis, hingga Ryuji Utomo.

“Mereka akan berlatih di Jakarta terlebih dahulu sebelum berangkat ke Turki pada pekan depan (berkumpul 8 November 2021). Pemusatan latihan di Jakarta dan Turki sebagai persiapan menghadapi Piala AFF 2020 bulan Desember mendatang," kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, Sabtu (6/11/2021).

Baca Juga: Shin Tae Yong Soroti 2 Kekurangan Timnas U-23 Indonesia

1. Shin Tae Yong panggil nama-nama baru

26 Pemain Timnas Indonesia TC di Turki, Ada Elkan Baggottpersib.co.id

Selain Baggott yang mengejutkan, Shin juga memanggil beberapa nama baru, seperti Edo Febriansyah (Persita) dan Syahrul Fadillah (Tira Persikabo), Ezra Walian (Persib). Ketiganya mendapat perhatian pelatih asal Korsel itu usai tampil cukup baik di dua seri kompetisi Liga 1 musim ini.

Iriawan memberikan pesan kepada para pemain yang dipanggil, bisa menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam program kali ini. Terlebih, TC dan uji coba di Turki menjadi ajang persiapan untuk menghadapi Piala AFF 2021.

"Pemain harus berjuang keras, disiplin, dan fokus demi timnas Indonesia meraih hasil maksimal pada laga uji coba internasional dan tentunya Piala AFF 2020. PSSI terus mendukung program pelatih pelatih Shin Tae Yong demi raihan prestasi Timnas Indonesia," ujar pria yang kerap disapa Iwan Bule ini. 

2. Gelar dua laga uji coba selama TC di Turki

26 Pemain Timnas Indonesia TC di Turki, Ada Elkan BaggottPemain keturunan Elkan Baggott saat mengikuti latihan bersama Timnas U-19 di Stadion Madya pada 8 Agustus 2020. (IDN Times/Herka Yanis).

PSSI memastikan akan menggelar dua rangkaian uji coba selama berada di Turki. Mereka dipastikan bakal menjajal kekuatan Afghanistan dan Myanmar. Jadwal Timnas Indonesia melawan kedua negara tersebut bahkan sudah beberapa waktu lalu. 

Indonesia akan bertemu dengan negara asal Timur Tengah, Afghanistan pada 16 November 2021 atau dua hari sebelum TC resmi digelar. Mereka bakal menjalani pertandingan yang masuk dalam kalender FIFA itu di Antalya, Turki.

Usai menghadapi Afghanistan, tim besutan Shin Tae Yong ini baru akan bersua dengan Timnas Myanmar dalam sebuah laga uji coba. Pelatih Myanmar, Antoine Hey memastikan, kedua tim asal Asia Tenggara ini dijadwalkan bakal bentrok di Turki pada 25 November 2021.

“Kami akan memainkan pertandingan latihan melawan Manavgat Spor dari Turki pada 9 November 2021. Selanjutnya, kami memainkan laga persahabatan kontra Burundi pada 13 November di Antalya. Lalu, kami bermain melawan Indonesia pada 25 November. Lebih banyak pertandingan uji coba akan segera menyusul,” tulis pelatih asal Jerman itu.

3. Daftar lengkap pemain yang dipanggil Shin Tae Yong

26 Pemain Timnas Indonesia TC di Turki, Ada Elkan BaggottLatihan Timnas Indonesia U-19 di bawah asuhan Shin Tae-yong (IDN Times/Herka Yanis)

Berikut daftar lengkap 26 pemain yang dipanggil Shin Tae Yong untuk mengikuti TC Timnas Indonesia di Turki:

Kiper:
Muhammad Riyandi (Barito Putera), Syahrul Fadillah (TIRA-Persikabo).

Bek:
Fachrudin Aryanto (Madura United), Victor Igbonefo (Persib), Ryuji Utomo (Penang FC), Alfeandra Dewangga (PSIS), Elkan Baggott (Ipswich Town), Pratama Arhan (PSIS), Edo Febriansyah (Persita), Vava Mario (Persik Kediri), Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners).

Tengah:
Evan Dimas (Bhayangkara FC), Kadek Agung (Bali United), Rachmat Irianto (Persebaya), Ahmad Agung (Persik Kediri), Ricky Kambuaya (Persebaya), Syahrian Abimanyu (Johor Darul Tazim, Irfan Jaya (PS Sleman), Ramai Rumakiek (Persipura), Witan Sulaeman (Lechia Gdanks), Egy Maulana Vikri (FK Senica), Yabes Roni (Bali United).

Depan:
Kushedya Hari Yudo (Arema FC), Dedik Setiawan (Arema FC), Hanis Saghara (TIRA-Persikabo), Ezra Walian (Persib).

Baca Juga: Timnas Indonesia Hadapi Afganistan dan Myanmar di Turki

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya