Comscore Tracker

3 Fakta Menarik Lewandowski Usai Bayern Menang Atas Benfica

Lewandowski lebih baik dari Lionel Messi dan Ronaldo

Jakarta, IDN Times - Bayern Munich mengantongi satu tiket ke fase gugur Liga Champions 2021/2022. Hal itu dipastikan usai Die Roten meraih kemenangan atas Benfica 5-2 dalam duel Grup E yang digelar di Allianz Arena pada Rabu (3/11/2021) dini hari WIB.

Lima gol kemenangan Bayern dihasilkan melalui hattrick Robert Lewandowski (26’, 61’, 84,’), lalu Serge Gnarby (32’), dan Leroy Sane (49’). Sementara, dua gol hiburan Benfica dicetak masing-masing oleh Morato (38’) dan Darwin Nunez (74’).

Lewandowksi sebetulnya bisa mencetak lebih dari tiga gol andai bisa menyelesaikan tugasnya dengan baik saat mengeksekusi tendangan penalti jelang turun minum. Sayang, sepakannya masih belum mengarah ke gawang.

Selain banyak kejadian menarik yang lahir dalam duel ini, tentu peran besar para pemain lain memang tak bisa dikesampingkan. Hanya saja, Lewandowski yang tampil menawan, membuat Bayern lebih mudah meraih kemenangan dalam duel kali ini.

Terlepas dari keberhasilan Bayern Munich melaju ke fase gugur Liga Champions, berikut fakta menarik dari performa gemilang Lewandowski yang dihimpun IDN Times dari berbagai sumber.

1. Pemain Polandia pertama yang tampil hingga 100 kali di Liga Champions

Lewandowski kini berhasil mencetak sejarah anyar di Liga Champions. Ia jadi pemain Polandia pertama yang mencapai 100 penampilan di ajang tersebut. Sebelumnya, tak ada satupun pemain asal Polandia yang melakukan capaian serupa.

Tak hanya itu, penampilan ke-100 ini terasa semakin istimewa, karena Lewandowski berhasil mencetak gol. Ia tercatat sebagai pemain keenam yang mencetak gol pada penampilannya yang ke-100 di Liga Champions, setelah Thierry Henry, Zlatan Ibrahimovic, Cristiano Ronaldo, Andrea Pirlo dan Toni Kroos. 

Baca Juga: 5 Alasan Robert Lewandowski Layak Menjadi Pemenang Ballon d'Or 2021

2. Catatkan rekor bagus, tapi gagal penalti

3 Fakta Menarik Lewandowski Usai Bayern Menang Atas Benficaskysports.com

Pemain berusia 33 tahun ini juga jadi pemain pertama yang bisa mencetak gol, sekaligus memberi assist, tapi gagal mengeksekusi penalti dalam sebuah pertandingan Liga Champions, dalam delapan tahun terakhir. 

Tentu ini sedikit mengagetkan, karena rasio keberhasilan Lewandowski mencetak gol melalui titik putih adalah satu 100 persen. Dia sudah mencetak 14 gol dari 14 penalti yang dilakukan sebelum malam ini.

Sebelumnya, ada Diego Costa yang pernah melakukan catatan serupa di Liga Champions edisi 2013 silam. Kal itu ia masih memperkuat Atletico Madrid yang berhadapan dengan FK Austria Wien.

3. Sejajar dengan Messi dan Ronaldo

Lewandowski punya catatan lebih mentereng dibandingkan dengan Lionel Messi, atau bahkan Cristiano Ronaldo di Liga Champions dalam urusan mencetak gol. Ia mencatatkan diri sebagai pemain paling subur dalam penampilan ke-100 di banding dua nama bintang itu.

Lewandowski mencatatkan 81 gol dalam 100 penampilannya di ajang kompetisi paling elite Eropa ini. Sementara, Messi hanya bisa mencetak 77 gol dan Ronaldo 64 gol dalam penampilan ke-100 di Liga Champions. 

Messi harus melewati 102 laga hanya untuk mencetak 80 gol. Sementara Ronaldo, butuh waktu lebih lama, yakni 116 laga untuk bisa menciptakan gol sebanyak Messi dan Lewandowski.

Dalam urusan menciptkan hattrick, Lewandowski pun mulai sejajar dengan Messi dan Ronaldo. Ia jadi pemain ketiga yang mampu menciptakan minimal empat hattrick di Liga Champions. Lewandowski sudah mencatatkan empat hattrick, sementara Messi dan Ronaldo sama-sama menciptakan delapan hattrick.

Baca Juga: 5 Pemain yang Bisa Menyaingi Lewandowski Meraih Top Skor Bundesliga

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya