3 Fakta Menarik Usai Qatar Jadi Juara Piala Asia 2023

Qatar sukses lakukan back to back

Jakarta, IDN Times - Qatar keluar sebagai juara Piala Asia 2023. Bentrok dengan Yordania dalam laga final di Lusail Stadium pada Sabtu (10/2/2024), mereka akhirya mampu menyelesaikan laga dengan kemenangan 1-3.

Akram Afif tampil sebagai pahlawan kemenangan Qatar dalam duel ini. Dia menciptakan hattrick ke gawang Yordania. Menariknya, seluruh gol yang dibubuhkannya diciptakan melalui titik putih. 

Sebetulnya Yordania tampil apik sepanjang laga, tapi Qatar bermain lebih efektif dan mendapat dewi fortuna hingga bisa mendapat tiga penalti.

Berikut adalah beberapa fakta menarik usai Qatar menjadi juara Piala Asia 2023.

1. Hentikan kutukan juara bertahan

3 Fakta Menarik Usai Qatar Jadi Juara Piala Asia 2023Qatar menang 3-2 atas Iran pada semifinal Piala Asia 2023. (the-afc.com)

Qatar sukses melakukan back to back di Piala Asia. Berhasil mempertahankan gelar di ajang ini, mereka bisa menghentikan kutukan juara bertahan tak bisa mempertahankan gelarnya sejak 2007.

Sebelumnya, Qatar mampu merengkuh gelar juara di Piala Asia 2019. Mereka kali itu meraih kemenangan atas Jepang di laga final

Terakhir kali tim bisa meraih back to back terjadi pada awal Milenium. Catatan itu ditorehkan Jepang saat merebut trofi Piala Asia edisi 2000 dan 2004. 

Baca Juga: Akram Afif Cetak 3 Gol Penalti, Qatar Juara Piala Asia 2023

2. Qatar samai catatan Korsel di Piala Asia

Qatar menyamai rekor Korea Selatan jadi negara yang mampu meraih gelar juara keduanya di Piala Asia. Korsel mampu mencatatkan prestasi itu saat menjadi juara di edisi 1956 dan 1960.

Uniknya, mereka juga mengikuti cari Korsel saat menyabet dua gelar itu, yakni secara beruntun dalam dua edisi meraih gelar juara.

Hanya saja, Qatar dan Korsel bukan kontestan yang paling banyak menjadi juara. Jepang masih belum bisa digeser posisinya sebagai raja turnamen dengan catatn empat gelar. Disusul Arab Saudi dan Iran yang meraup tiga gelar.

3. Akram Afif jadi topskor, empat gol dicetak melalui penalti

3 Fakta Menarik Usai Qatar Jadi Juara Piala Asia 2023Pemain Qatar, Akram Afif, coba melewati kapten Yordania, Ihsan Haddad, dalam laga final Piala Asia 2023. (X/@jordanFA)

Akram Afif jadi topskor Piala Asia 2023 lantaran mengoleksi delapan gol sepanjang turnamen. Menariknya, setengah dari gol yang dicetaknya dihasilkan melalui titik putih.

Tiga gol penalti Afif diaih saat bermain melawan Yordania di laga final. Alhasil, torehan tiga gol itu membuatnya bisa melewati torehan Aymen Hussein yang mengoleksi enam gol sepanjang turnamen.

Baca Juga: Daftar Juara Piala Asia Sejak 1956, Terbaru Qatar

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya