Balik dari Belanda, Striker Persib Jalani Tes COVID-19 Kedua

Sejumlah pemain Persib juga jalani tes swab COVID-19

Jakarta, IDN Times - Legiun asing Persib, Geofrey Castillion untuk kedua kalinya menjalani tes untuk mendeteksi virus corona atau COVID-19. Apakah dia merasakan gejala-gejala orang yang terinfeksi pandemik itu?

Pemain asal Belanda tersebut kedapatan melakukan tes di Graha Persib, Sulanjana, Bandung pada Kamis (26/3). Dia bersama beberapa pemain lain, seperti Wander Luiz, Fabiano Beltrame, Omid Nazari, plus pelatih Persib Robert Rene Alberts dan Komisaris Utama PT PBB, Zaenuri Hasyim diperiksa oleh Laboratorium Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat.

1. Castillion harus tes dua kali karena pulang dari Belanda

Balik dari Belanda, Striker Persib Jalani Tes COVID-19 KeduaPemain Persib, Geofrey Castillion melakukan tes kesehatan unyuk melihat virus corona, Senin (16/3). persib.co.id

Doket tim Persib, Raffi Ghani, menyebut jika mantan pemain Ajax tersebut harus kembali melakukan tes lantaran baru pulang dari kampung halamannya. Melalui diskusi dengan pihak kesehatan, akhirnya pemain tersebut harus mengikuti prosedur tes kedua untuk kembali memastikan kondisi kesehatannya.

"Castillion sebelumnya dilakukan tes pada 16 Maret 2020 dan hasilnya negatif, namun ada kegiatan dia pulang ke negaranya. Setelah pulang, saya berdiskusi, maka dilakukan tes ulang untuk mendeteksi kembali sebagai pencegahan dini," kata Rafi dikutip dari laman resmi klub.

Baca Juga: Castillion dan Wander Luiz, Duet Persib Paling Mematikan di Liga 1

2. Tes corona juga berguna bagi pemain asing sebagai keterangan untuk pulang ke negaranya

Balik dari Belanda, Striker Persib Jalani Tes COVID-19 KeduaPemain Persib, Wander Luiz berhasil mencetak dua gol untuk membawa timnya menang atas Persela 3-0 pada laga perdana Liga 1 2020 di Stadion Si Jalak Harupat, Minggu (1/3). (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/wsj

Selain itu, tes tersebut merupakan syarat yang dilakukan agar pemain asing bisa pulang ke negaranya masing-masing.

"Ini adalah pengecekan kepada yang belum (tes). Ini untuk mendeteksi sedini mungkin apakah terpapar atau tidak virus corona. Dan bagi pemain asing beberapa memerlukan keterangan bebas covid 19 untuk bisa pulang," ujarnya.

Bisa jadi dalam beberapa pekan ke depan pemain asing Persib bakal kembali ke negaranya masing-masing jika PT LIB sebagai operetor kompetisi memastikan status Liga 1 dan Liga 2 seperti apa.

3. Pemain Persib diminta jaga pola hidup sehat

Balik dari Belanda, Striker Persib Jalani Tes COVID-19 KeduaDok.Humas Jabar

Lebih jauh, dia mengingatkan kembali jika para pemain harus bisa menjaga pola hidup sehat. Menurut dia, hal itu sangat penting, termasuk juga dalam menjaga kebersihan dan melakukan social distancing atau jaga jarak aman dari kerumunan orang.

"Lakukan semua anjuran pemerintah untuk memutus rantai virus corona ini. Lakukan pola hidup sehat, rajin mencuci tangan dengan sabun. Semoga wabah ini segera berakhir," tukas dia.

Baca Juga: Skuat Persib Vakum Latihan, Robert Alberts Minta Kejelasan ke PSSI

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya