Comscore Tracker

Castillion dan Wander Luiz, Duet Persib Paling Mematikan di Liga 1

Castillion dan Wander Luiz cetak enam dari tujuh gol Persib

Jakarta, IDN Times - Kontribusi legiun asing Persib di tiga laga awal Liga 1 2020 tak dipungkiri sangat besar. Hal itu membawa tim berjuluk Maung Bandung tersebut kokoh di puncak klasemen, dengan perolehan poin sempurna dari tiga kali kemenangan.

Pada laga pembuka kompetisi, Persib secara digdaya menaklukkan Persela (3-0). Sedangkan pertandingan away di kandang Arema FC Stadion Kanjuruhan, juga mampu menyelesaikan dengan kemenangan (1-2), dan sebelum Liga 1 ditunda juga mampu mengandaskan PSS (2-1).

Sejauh ini, Persib berhasil mengumpulkan sembilan poin dengan memasukkan tujuh gol dan kemasukan dua gol. Produktivitas tersebut adalah yang terbaik di antara kontestan lain sampai pekan ketiga. Yang paling dekat adalah Persipura dan Borneo FC yang sama-sama mengemas enam gol.

1. Persib jadi tim paling tajam karena duet Castillon dan Wander Luiz

Castillion dan Wander Luiz, Duet Persib Paling Mematikan di Liga 1Pemain Persib, Geoffrey Castillion. (persib.co.id)

Ketajaman lini depan Persib pada awal musim tak lepas dari kontribusi dua striker asingnya, Geofrey Castillion dan Wander Luiz. Bagaimana tidak, dari tujuh gol yang diciptakan, enam di antaranya dicetak keduanya dengan rincian Castillion (dua), Wander (empat), dan satu gol lainnya hasil bunuh diri pemain Arema FC Saiful Indra Cahya.

Keduanya secara mengejutkan tampil kompak pada setiap pertandingan Persib. Padahal, Castillion dan Wander sempat diragukan kemampuannya lantaran datang dengan rekor biasa saja dari klub sebelumnya, dan berstatus sebagai pemain seleksi.

Walhasil, duet ini kini mulai menggeser kolaborasi legiun asing yang sempat jadi senjata Persib pada Musim 2018, antara Ezechiel N'Douassel dan Jonathan Bauman. Bahkan, bisa dibilang catatan gol Castillion dan Wander jauh lebih baik di bandingkan duet sebelumnya di Persib.

2. Castillion anggap terlalu dini penilaian duetnya dengan Persib sukses

Castillion dan Wander Luiz, Duet Persib Paling Mematikan di Liga 1Pemain Persib, Omid Nazari (kiri), Geofrey Castillion (tengah), dan Kim Jefrey Kurniawan (kanan) melakukan selebrasi. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/aww).

Kendati, hal itu enggan dibesar-besarkan Castillion. Menurut dia, masih cukup dini untuk menilai kolaborasinya dengan Wander dianggap sukses. Terlebih, kompetisi ini masih akan berjalan panjang dan segala kemungkinan bisa terjadi.

"Masih terlalu dini untuk memberikan penilaian. Saya harus berbuat lebih banyak untuk Persib. Seperti pernah saya katakan sebelumnya, saya ingin merasakan gelar bersama tim ini, dan itu perlu kerja keras," kata Castillion.

Namun, pemain berpaspor Belanda itu cukup senang dirinya perlahan sudah mulai bisa menunjukkan kontribusi bagi Persib. Sebab, ia merupakan debutan yang baru datang ke kompetisi Indonesia dan masih butuh adaptasi dengan iklim. Tapi, awal musim yang fantastis membuat dia bisa lebih percaya diri menghadapi kompetisi nanti.

Baca Juga: Mencegah Ancaman Virus Corona, Skuat Persib Tes Kesehatan

3. Wander Luiz selalu terlibat dalam gol Persib musim ini

Castillion dan Wander Luiz, Duet Persib Paling Mematikan di Liga 1Penyerang Persib, Wander Luiz. (persib.co.id)

Performa lebih menawan ditunjukkan rekan duetnya Wander Luiz. Pemain asal Brasil itu selalu terlibat di mayoritas gol yang telah dicetak Persib. Selain torehan empat golnya, ia juga berhasil memberikan satu assist kepada Castillion dan sepakan terakhir yang membuat Arema FC mencetak gol bunuh diri.

Kontribusi keduanya langsung membuat Persib berhasil melakukan torehan terbaik sejak kompetisi era Indonesia Super League digelar pada 2011. Hal itu membuat perjalanan tim besutan Robert Alberts ini bakal semakin percaya diri ke depan.

4. Wander Luiz belum puas dengan performa yang sudah ditunjukkan

Castillion dan Wander Luiz, Duet Persib Paling Mematikan di Liga 1Pemain Persib, Wander Luiz berhasil mencetak dua gol untuk membawa timnya menang atas Persela 3-0 pada laga perdana Liga 1 2020 di Stadion Si Jalak Harupat, Minggu (1/3). (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/wsj

Walau berhasil menjadi topskor sementara dan memberikan kontribusi maksimal, Wander merasa hal itu belum maksimal. Sebab, targetnya bukan hanya tampil baik di tiga pertandingan awal saja, tapi konsisten sampai akhir musim dan bisa meraih gelar juara.

"Tidak. Saya belum puas. Ini baru awal. Perjalanan masih sangat panjang dan kita harus bisa lanjutkan ini dengan menang di setiap pertandingan,” ujar pemain yang sejauh ini memimpin daftar top skor Liga 1 2020.

Lebih jauh, keduanya punya kans menorehkan tinta emas bersama Persib dan bakal dipuja Bobotoh--julukan suporter Persib--nantinya. Syaratnya, tampil konsisten sampai akhir musim Liga 1 2020 dan memberikan gelar juara musim ini.

Baca Juga: Rapor Liga 1 Pekan Ketiga, Persib Pimpin Klasemen, Persipura Bangkit

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya