Banyak Pemain Timnas Alami Demam, PSSI: Bukan Tertular Fans!

Beberapa pemain baru juga sulit adaptasi karena faktor cuaca

Jakarta, IDN Times - PSSI buka suara terkait adanya beberapa pemain Timnas Indonesia yang terserang demam. Membantah soal tertular penyakit dari fans, penyebab utama penggawa Garuda mengalami sakit disebut karena perubahan cuaca yang cukup ekstrem.

Sebelumnya, beberapa pemain tercatat mengalami demam, yakni Ivar Jenner, Rafael Struick, Sandy Walsh, Nadeo Argawinata, dan Muhammad Riyandi. Selain itu, Yakob Sayuri, Witan Sulaeman, Jay Idzes, Rizky Ridho, hingga Justin Hubner kedapatan memakai masker saat perjalanan ke Vietnam pada Sabtu, 23 Maret 2024.

“Ini meluruskan saja, memang benar ada pemain flu, tetapi ada pula yang terkena akumulasi kartu kuning. Jadi soal demam, isu mereka tertular fans dan sebagainya itu gak bener lah,” kata anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga kepada wartawan. 

1. Exco PSSI minta tak dibesar-besarkan

Banyak Pemain Timnas Alami Demam, PSSI: Bukan Tertular Fans!Potret Nathan Tjoe-A-On debut bersama Timnas Indonesia saat mengalahkan Vietnam 1-0 di SUGBK, Kamis (21/3/2024). (Dok. PSSI).

Arya mengklaim, para pemain Timnas Indonesia selalu menerapkan aturan atau prosedur yang berlaku setiap ke hotel. Jadi, kata dia, hal itu bukan disebabkan karena interaksi dengan suporter. 

Dia menegaskan, para pemain bahkan selalu menjaga kebersihan, termasuk langsung mandi usai menjalani latihan. 

“Jangan dibuat isu begitu lah, itu tidak benar. Ini karena perubahan cuaca saja membuat situasinya jadi begini hingga mereka terserang demam. Jangan jadi diheboh-hebohkan,” ujar pria yang menjabat sebagai Wakil Menteri BUMN ini.

Baca Juga: 5 Pemain Timnas Demam Jelang ke Vietnam, PSSI: Faktor Cuaca

2. Berharap pemain Timnas Indonesia kembali bugar

Banyak Pemain Timnas Alami Demam, PSSI: Bukan Tertular Fans!Latihan Timnas Indonesia di Stadion Madya. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Arya berharap, para pemain bisa lekas sembuh jelang duel melawan Vietnam pada pertemuan kedua mereka di Grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 itu. Sehingga, tim besutan Shinn Tae Yong ini bisa tampil maksimal dan membawa poin dalam duel yang bakal dihelat di My Dinh National Stadium pada 26 Maret 2024. 

Sejak bergabungnya para pemain naturalisasi, penggawa Timnas Indonesia yang berlatih di Jakarta acap didatangi fans. Tak sedikit yang sengaja datang untuk bisa berfoto bersama para penggawa Garuda, terlebih pemain naturalisasi.

Bahkan, beberapa fans rela membawa hadiah/bingkisan untuk idolanya di sela-sela latihan.

3. Ketum PSSI juga tegaskan masalah cuaca buat pemain Timnas Indonesia demam

Banyak Pemain Timnas Alami Demam, PSSI: Bukan Tertular Fans!Potret Nathan Tjoe-A-On debut bersama Timnas Indonesia saat mengalahkan Vietnam 1-0 di SUGBK, Kamis (21/3/2024). (Dok. PSSI).

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI Erick Thohir juga mengatakan masalah cuaca jadi penyebab pemain mengalami demam. Menurutnya, alam beberapa hari ini, cuaca di Indonesia sedang ada dalam masa pancaroba dari hujan ke kemarau.

Erick juga menilai, cuaca yang kerap berubah ini tidak hanya menyebabkan demam, tetapi juga membuat para pemain anyar macam Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On sulit beradaptasi. Alhasil, Nathan tidak main maksimal di SUBGK.

"Kita lihat juga akibat dari cuaca yang berubah-ubah ini, beberapa pemain kita yang bermain di luar negeri adaptasinya cukup tidak mudah kemarin kita bisa lihat Nathan belum maksimal ya, bermain bagus tapi belum maksimal," kata Erick.

Baca Juga: Ernando Susul Timnas Indonesia ke Vietnam, Nadeo Dicoret!

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya