Comscore Tracker

Kalah dari UEA, Bima Sakti Puji Perkembangan Timnas U-16

Timnas U-16 masih melakukan beberapa kesalahan di lapangan

Jakarta, IDN Times - Timnas U-16 mengalami kekalahan pertamanya pada uji coba internasional di masa pandemik. Mereka harus menyerah 2-3 dari tuan rumah Uni Emirat Arab (UEA) dalam laga yang digelar di Lapangan UEA FA, Dubai, Rabu (21/10/2020).

Pelatih Timnas U-16, Bima Sakti menyebut, anak asuhnya sudah menunjukkan perkembangan cukup baik di lapangan walau hasil akhir masih belum berpihak.

"chemistry antar pemain terutama saat bertahan, menyerang dalam hal transisi sudah terlihat lumayan," kata Bima Sakti usai laga.

1. Ini yang harus diperbaiki Timnas U-16

Kalah dari UEA, Bima Sakti Puji Perkembangan Timnas U-16Latihan Tim Nasional U-16 di Stadion Patriot Bekasi (IDN Times/Herka Yanis)

Bima Sakti sebetulnya melihat beberapa kekurangan yang mestinya tak terjadi di tengah pertandingan. Namun, secara keseluruhan dia tetap merasa Timnas U-19 sudah tampil semaksimal mungkin.

"Cuma memang ada beberapa hal yang harus diperbaiki dan dievaluasi. Seperti kedisiplinan dalam menempati posisi masing-masing dan komunikasi antar pemain," ujar Bima.

“Jarak antar lini perlu diperbaiki karena terlihat pada menit-menit akhir posisi mereka melebar sehingga ini menjadi celah bagi lawan untuk bisa memanfaatkan situasi ini. Mereka tim bagus dan kita kehilangan fokus di menit-menit akhir, tapi secara umum kami sudah melakukan yang terbaik.” lanjut pelatih yang sempat menangani Timnas Senior tersebut.

Baca Juga: 22 Pemain Timnas U-16 yang Diboyong Bima Sakti Lawan UEA

2. Timnas U-16 sempat unggul dua kali atas UEA

Kalah dari UEA, Bima Sakti Puji Perkembangan Timnas U-16Timnas U-16 kalah oleh UEA 2-3 dalam sebuah laga uji coba, Rabu (21/10/2020) (Dok. PSSI)

Timnas U-16 sebetulnya sempat unggul atas UEA  dua kali. Sejak laga baru dimulai, Raka Cahyana Rizki berhasil mencuri gol untuk membawa timnya memimpin satu gol sampai pertengahan babak pertama.

Namun, keunggulan itu hanya bertahan 25 menit saja. gawang yang dijaga ketat oleh I Made Putra Kaicen harus kebobolan melalui kreasi gol pemain tuan rumah, Sultan Adel Muhammad. Skor pun imbang 1-1.

Tak gentar menghadapi tekanan tim tuan rumah, skuat Garuda Asia yang tampil terbuka, kembali mengubah kedudukan jadi 2-1. Ahmad Athallah berhasil menciptakan gol pada menit ke-40 melalui sepakan keras yang tak bisa dibendung kiper UEA.

Usai turun minum, Timnas U-16 harus kebobolan dua gol. Mesin gol tuan rumah, Sultan Adel Muhammad kembali menggetarkan gawang Timnas U-16 pada menit ke-52 dan ke-74. Kedudukan pun berubah menjadi 3-2 untuk tuan rumah.

3. Timnas U-19 kembali lawan UEA

Kalah dari UEA, Bima Sakti Puji Perkembangan Timnas U-16Timnas U-16. (Dok. PSSI).

Timnas U-16 kembali bentrok dengan UEA dalam laga uji coba kedua pada Sabtu (24/10/2020). Walau berstatus pertandingan uji coba, duel nanti dianggap penting untuk memompa semangat para penggawa Garuda Asia.

Mereka tentu tak mau dibuat malu untuk kedua kalinya. Apalagi sudah lama mereka tak mendapatkan atmosfer pertandingan seperti ini. Muhammad Valeroen dan kolega harus bisa memanfaatkan dengan baik laga nanti.

Uji coba ini merupakan bagian dari persiapan Timnas U-16 mengikuti Piala AFC U-16 2020 yang rencananya akan digelar tahun 2021 mendatang.

Baca Juga: Timnas U-16 vs UEA: Bima Sakti Buta Kekuatan Lawan

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya