Comscore Tracker

[BREAKING] Menangkan Drama 5 Gol Kontra Polandia, Swedia Kuasai Grup E

Polandia sempat samakan kedudukan lewat dua gol Lewandowski

Jakarta, IDN Times - Swedia mengakhiri babak penyisihan Grup E Piala Eropa 2020 dengan hasil positif. Mereka mampu menundukkan Polandia dengan skor tipis 3-2 dalam laga yang digelar di Gazprom Arena, Saint Petersburg, Rusia, Rabu (23/6/2021).

Swedia yang tampil dengan kekuatan terbaiknya, langsung mengejutkan Polandia. Mereka unggul cepat lewat gol yang diciptakan Emil Forsberg saat laga belum genap berjalan dua menit. Pemain Red Bull Leipzig ini memanfaatkan kelengahan pemain belakang Polandia yang terlihat belum siap dalam duel tersebut.

Unggul 1-0 membuat Swedia tampil lebih tenang. Mereka hanya berusaha menguasai jalannya pertandingan. Sesekali, mereka juga berhasil mengancam gawang Polandia yang dikawal Wojciech Szczesny. Namun, tak ada peluang yang berhasil dikonversi menjadi gol.

Usai laga berjalan 15 menit, Polandia mulai bisa menguasai jalannya pertandingan. Swedia yang tampil dengan garis pertahanan rendah, berhasil dimanfaatkan dengan baik Polandia untuk menekan lawannya. 

Sejumlah peluang pun lahir dari para pemain Polandia, salah satunya melalui pemain bintang Bayern Munich, Robert Lewandowski. Dia berhasil menyambut umpan dari rekannya, tapi sundulan Lewandowski hanya membentur mistar saja. Bola liar pun berhasil kembali diterimanya dengan sundulan. Sayang bolanya kembali membentur tiang.

Setelah itu, Polandia terus berusaha mengubah keadaan. Namun, hingga waktu babak pertama berakhir. Polandia gagal menggetarkan jala Swedia. Mereka pun harus tertinggal 0-1 hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Polandia tetap menguasai jalannya pertandingan. Namun, Swedia kembali bisa mengejutkan dengan serangan balik cepat. Robin Quaison berhasil menusuk ke kotak berbahaya dan menyelesaikannya dengan sepakan keras. Sayang, bola tersebut masih bisa di blok pemain belakang Polandia.

Forsberg benar-benar menjadi mimpi buruk bagi bagi Polandia. Dia kembali membobol gawang Polandia untuk kedua kalinya saat laga memasuki satu jam. Memanfaatkan umpan matang di luar kotak penalti, Forsberg berhasil mengarahkan bola ke sudut kanan gawang Polandia yang tak bisa dijangkau Szczesny. 

Hanya berselang beberapa detik, Polandia merespons lewat gol yang lahir melalui serangan cepat. Mendapatkan umpan terobosan matang dari rekannya, Lewandowski melakukan aksi individu di sisi kanan pertahanan Swedia. Dia pun mengakhiri aksinya itu dengan sepakan terukur yang langsung menghujam gawang Robin Olsen. 

Polandia sebetulnya mampu mencetak gol kedua pada menit 65. Memanfaatkan umpan matang Lewandowski, Jakub Swierczok mampu menceploskan bola ke gawang Olsen. Hanya saja, wasit menganulir gol tersebut lantaran Swierczok dianggap terlebih dahulu terjebak offside.

Polandia mampu menyamakan kedudukan enam menit sebelum laga berakhir. Memanfaatkan umpan silang akurat, Lewandowski berhasil meneruskannya dengan penyelesaian akhir yang sangat baik. Skor pun berubah menjadi 2-2.

Drama terjadi di masa injury time. Swedia akhirnya kembali unggul dalam masa kritis itu. Viktor Claesson mampu mencatatkan namanya di papan skor setelah memanfaatkan umpan matang Dejan Kulusevski. Gol itu menjadi penutup laga ini. Swedia berhasil mengakhiri laga panas melawan Polandia dengan skor 3-2.

Hasil ini membuat Swedia kokoh di puncak klasemen Grup E dengan torehan tujuh poin. Mereka lolos otomatis ke babak 16 besar Piala Eropa 2020 ditemani Spanyol yang berada di peringkat kedua.

Baca Juga: Prediksi Grup E Piala Eropa 2020: Pertaruhan Swedia dan Spanyol

Topic:

  • Satria Permana
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya