Erik Ten Hag Punya Persentase Kemenangan Terbaik di MU

Catata Ten Hag melampaui Jose Mourinho

Jakarta, IDN Times - Erick Ten Hag punya rapor cukup baik dalam 50 laga pertama menjadi Manajer Manchester United. Catatan tersebut bahkan punya statistik yang lebih baik ketimbang pelatih-pelatih yang sebelumnya menangani MU usai Sir Alex Ferguson lengser.

Dilansir Bleacher Report, sebanyak 70 persen laga yang dilalui bersama MU berakhir dengan kemenangan. Rinciannya adalah 35 menang, tujuh seri, dan delapan kali menderita kekalahan. 

1. Persentase kemenangan Ten Hag lampaui Jose Mourinho saat di MU

Erik Ten Hag Punya Persentase Kemenangan Terbaik di MUPremierleague.com

Catatan Ten Hag itu menjadi yang terbaik dibandingkan beberapa manajer MU terdahulu, seperti Jose Mourinho, Louis van Gaal, hingga Ole Gunnar Solskjaer. Paling banter ya Mourinho yang bisa meraup 60 persen kemenangan dalam 50 aksinya menangani MU.

Sisanya, Van Gaal hanya bisa meraup 54 persen kemenangan, dengan rincian 27 menang, 12 seri, dan 11 kali menelan pil pahit.

Jumlah tersebut masih lebih baik dari Solskjaer yang memiliki persentase kemenangan bersama Setan Merah sebesar 50 persen. Dia hanya bisa mengumpulkan 25 kemenangan, 11 imbang, da 14 sisanya kalah.

Baca Juga: Erik ten Hag Bawa MU Bangkit, Samakan Torehan Ferguson

2. Ten Hag sudah persembahkan satu gelar untuk MU

Erik Ten Hag Punya Persentase Kemenangan Terbaik di MUErik ten Hag (premierleague.com)

Catatan cukup menjanjikan juga diraih Ten Hag. Dia mampu mepersembahkan satu gelar juara untuk MU yakni Carabao Cup 2023. 

Hanya saja, catatan itu masih belum bisa menandingi prestasi yang paling lumayan diraih manajer MU usai Ferguson pensiun. Mourinho mengumpulkan tiga trofi, masing-masing satu dari Carling Cup, Community Shield, dan Liga Europa.

Sementara, Van Gaal hanya bisa meraup satu gelar saja selama menangani MU. Dia membawa anak asuhnya juara Piala FA.

3. Ten Hag berpotensi beri banyak gelar buat MU lampaui Mourinho

Erik Ten Hag Punya Persentase Kemenangan Terbaik di MUManajer Manchester United, Erik ten Hag saat menghadapi Sevilla, Jumat (14/4/2023). (uefa.com)

Namun, catatan itu bukan hal yang tak mungkin dipecahkan Ten Hag. Sebab, pelatih asal Belanda tersebut masih bisa membuat MU. bertahan di Piala FA dan Liga Europa. Hanya Premier League saja yang hampir dipastikan gagal diraih Marcus Rashford dan kolega musim ini.

Jika dua gelar sisa bisa disapu bersih Erik Ten Hag bersama Manchester United. Dia berarti bisa menyami rekor Jose Morinho saat di Old Trafford. Bedanya, tiga gelar itu bisa diraih Ten Hag hanya dalam waktu singkat yakni satu musim.

Baca Juga: Ten Hag Buka-bukaan soal Rapuhnya MU Tanpa Casemiro

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya