Ferguson Sudah Lama Pensiun di MU, tapi Masih Kaya Raya

Kini Ferguson punya penghasilan Rp4,4 miliar per pekan

Jakarta, IDN Times - Sir Alex Ferguson memang sudah hampir satu dekade meninggalkan kursi manajer di Manchester United. Namun, siapa sangka saat usianya sudah menginjak 80 tahun, dia punya penghasilannya per pekan mencapai 235.000 poundsterling atau Rp4,4 miliar. 

Ferguson mengumumkan pensiun dari kursi manajer pada 2013 silam. Total, dia sudah mengabdi selama 26 tahun di Old Trafford atau sejak 1987. Dia berhasil mempersembahkan 13 gelar Premier League, plus dua trofi bergengsi Liga Champions bagi Setan Merah. 

Dilansir Marca, setelah sembilan tahun lebih berlalu sejak Ferguson terakhir kali memimpin MU di lapangan hijau, dia tetap dibayar 2 juta pounsterling atau Rp37,4 miliar per tahun karena jadi duta MU.

1. Ferguson punya dapat penghasilan dari buku, investasi, hingga jadi pembicara

Ferguson Sudah Lama Pensiun di MU, tapi Masih Kaya RayaSir Alex Ferguson (skysports.com)

Sumber pendapatan Ferguson itu tak hanya dihasilkan dari pekerjaan sebagai duta klub. Dia juga tercatat dapat royalti hingga penawaran buku, penampilannya di publik, investasi, dan perannya bersama klub. Hal itu membuat kekayaannya terus bertambah. 

Pria asal Skotlandia itu mengantongi 12,2 juta poundsterling tahun lalu, dengan jumlah aset bertumbuh dari 17,5 poundsterling menjadi 26 juta poundsterling atau Rp486 miliar, menurut laporan perusahaan ACF Sports Promotions-nya.

Baca Juga: 5 Trofi yang Diraih Manchester United Setelah Era Sir Alex Ferguson

2. Dapat uang 100 ribu poundsterling setiap jadi motivator

Ferguson Sudah Lama Pensiun di MU, tapi Masih Kaya Rayapotret Sir Alex Ferguson (dailyrecord.co.uk)

Sementara itu, Fergusona yang terdaftar di perusahaan Companies House, tercatat memiliki pendapatan yang kian meningkat setiap tahun. Teranyar, dari 27 juta poundsterling menjadi 39,2 juta poundsterling atau Rp729 miliar. 

Jumlah itu belum dihitung pendapatan tambahan 100 ribu poundsterling setiap kali mendapat undangan sebagai pembicara hingga motivator.

Hal ini terang saja cukup mencengangkan, mengingat Ferguson saat ini tak bekerja sebagai manajer untuk klub sepak bola.

3. Ferguson beri tekanan manajer-manajer di MU

Ferguson Sudah Lama Pensiun di MU, tapi Masih Kaya Rayashropshirestar.com

MU sendiri sampai saat ini belum bisa mendapatkan manajer yang tepat setelah Ferguson pensiun. Masuknya David Moyes, Louis van Gaal, Jose Mourinho, Ole Gunnar Solskjaer, hingga Ralf Rangnick, belum bisa memenuhi ekspektasi publik. Mereka bahkan berguguran satu persatu karena dinilai gagal.

Menurut mantan striker Setan Merah Wayne Rooney, peran Ferguson di klub memberi tekanan pada pelatih baru yang memimpin tim.

"Ketika Sir Alex pensiun, saya pikir semua orang tahu itu akan menjadi pekerjaan yang sangat sulit," kata Rooney dalam program Monday Night Football Sky Sports.

Rooney menyebut, Ferguson masih terlibat dalam beberapa hal dan selalu melihatnya di pertandingan. Hal itu secara alami akan membawa tekanan kepada manajer Manchester United.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Sir Alex Ferguson, Pelatih Tersukses Manchester United

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya