Filipina Dibantai, Jalan Timnas Indonesia ke Piala Asia 2023 Terbuka

Timnas Indonesia masih menuggu hasil Kuwait vs Yordania

Jakarta, IDN Times - Filipina menderita kekalahan dari Palestina 4-0 dalam laga terakhirnya di babak kualifikasi Piala Asia 2023. Hasil ini membuat kans Timnas Indonesia lolos ke babak utama pesta sepak bola elite tersebut.

Sebagaimana diketahui, Palestina dan Filipina sedang bersaing memperebutkan posisi juara Grup B. Hasil ini memastikan Mohammed Rashid dan kolega langsung lolos ke putaran final Piala Asia 2023. 

1. Filipina permudah langkah Timnas Indonesia, tapi ...

Filipina Dibantai, Jalan Timnas Indonesia ke Piala Asia 2023 TerbukaTimnas Indonesia bersua Yordania. (Dok. PSSI)

Sementara, Filipina kini berada di ujung tanduk. Walau duduk di peringkat dua, mereka bakal sulit bersaing memperebutkan lima tiket runner-up terbaik. Dengan poin empat dan selisih gol minus tiga, mereka harus menunggu hasil di grup lain untuk bisa lolos dari lubang jarum.

Timnas Indonesia sendiri sebetulnya masih mengadu nasib dari hasil lainnya. Mereka harus melihat hasil akhir pertandingan antara Yordania melawan tuan rumah Kuwait. Duel itu bakal digelar sebelum Timnas Indonesia melawan Nepal malam nanti.

Baca Juga: Timnas Indonesia Siap Tempur, Buru 3 Poin Lawan Nepal

2. Nasib Timnas Indonesia ditentukan laga Kuwait vs Yordania

Filipina Dibantai, Jalan Timnas Indonesia ke Piala Asia 2023 TerbukaKuwait jadi lawan Timnas Indonesia di babak kualifikasi Piala Asia 2023. (kuna.net.kw)

Jika Kuwait berhasil menang titips dalam laga nanti, berapapun kemenangan Timnas Indonesia melawan Nepal, hasilnya dipastikan tim besutan Shin Tae Yong ini gagal lolos ke putaran final Piala Asia 2023.

Namun, jika Kuwait menang dengan selisih lebih dari dua gol, sementara Timnas Indonesia menang dengan selisih dua gol atau lebih juga, Ricky Kambuaya dan kolega dipastikan melangkan ke babak utama ajang tersebut.

Namun, jika hasil akhir antara Kuwait berakhir imbang atau Yordania yang menang, bermain imbang pun bakal membuat Timnas Indonesia langsung menggenggam satu tiket runner-up terbaik babak kualifikasi Piala Asia ini.

3. Sudah ada tujuh tim lolos ke Piala Asia 2023, Timnas Indonesia masih berpeluang

Filipina Dibantai, Jalan Timnas Indonesia ke Piala Asia 2023 Terbukathe-afc.com

Sejauh ini, sudah ada tujuh tim yang dipastikan lolos ke putaran final PIala Asia 2023. Selain Palestina, ada Uzbekistan, Thailand, Tajikistan, Hong Kong, Kirgistan, dan India. 

Sehingga, kini cuma tersisa empat tiket lagi yang diperebutkan di babak kualifikasi Piala Asia 2023. Tim-tim yang masih berpeluang lolos ke fase selanjutnya adalah Timnas Indonesia, Yordania, Kuwait, Malaysia, Turkmenistan, hingga Filipina.

Baca Juga: Shin: Timnas Indonesia Masih Bisa Lolos ke Piala Asia 2023

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya