Shin: Timnas Indonesia Masih Bisa Lolos ke Piala Asia 2023

Peluang masih ada bagi Timnas Indonesia

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, menilai skuad Garuda masih berpotensi lolos ke Piala Asia 2023. Kendati kalah dari Yordania pada Minggu (12/6/2022) dini hari, peluang Indonesia belum tertutup.

"Masih ada sisa satu laga lagi, dan dengan tiga poin di laga terakhir nanti, kami masih bisa lolos ke Piala Asia 2023. Intinya saya senang dengan penampilan anak-anak asuh saya," ujar Shin dalam sesi jumpa pers selepas laga.

1. Shin tak terlalu senang dengan kekalahan ini

Shin: Timnas Indonesia Masih Bisa Lolos ke Piala Asia 2023Timnas Indonesia bersua Yordania. (Dok. PSSI)

Shin berujar, dia tidak terlalu puas dengan kekalahan yang didapat oleh Timnas Indonesia ini. Meski begitu, dia tetap mengapresiasi perjuangan anak-anak asuhnya, yang terus berjuang sampai akhir laga.

"Saya tidak terlalu senang dengan kekalahan yang kami dapat ini, tetapi saya apresiasi perjuangan anak-anak asuh saya yang terus berjuang sampai akhir. Dan juga bagi para pemain Yordania, saya puji kemampuan mereka yang bagus," ujar Shin.

Baca Juga: Yordania Masih Jadi Momok bagi Timnas Indonesia

2. Yordania masih jadi tim menakutkan bagi Indonesia

Shin: Timnas Indonesia Masih Bisa Lolos ke Piala Asia 2023Timnas Indonesia bersua Yordania. (Dok. PSSI)

Indonesia pertama kali bersua Yordania dalam sebuah laga persahabatan, Februari 2004 silam. Ketika itu, skuad Garuda yang masih dibela Aples Tecuari, Budi Sudarsono, dan Ponaryo Astaman, tumbang dengan skor tipis 1-2.

Selepas pertemuan itu, tercatat Indonesia berjumpa Yordania sebanyak lima kali, termasuk pertemuan pada Minggu (12/6/2022) dini hari. Sialnya, dari lima pertemuan itu, tak ada satu pun yang berakhir dengan kemenangan.

3. Membenarkan ucapan Shin Tae Yong

Shin: Timnas Indonesia Masih Bisa Lolos ke Piala Asia 2023Shin Tae Yong, pelatih Timnas Indonesia. (pssi.org)

Ucapan Shin yang menyebut Timnas Indonesia masih berpeluang lolos itu benar adanya. Meski kalah dari Yordania, mereka masih bisa lolos ke Piala Asia 2023. Syaratnya, di laga terakhir mereka harus menang atas Nepal dan mencatatkan selisih gol yang banyak.

Timnas Indonesia sendiri akan bersua Nepal di laga terakhir Kualifikasi Piala Asia 2023, 14 Juni mendatang. Sedangkan Kuwait, mereka masih harus bersua Yordania. Laga terakhir nanti akan menentukan, siapa saja yang lolos ke putaran final.

Baca Juga: Ketum PSSI Berharap Timnas Indonesia Kembali Bikin Keajaiban

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya