Foden Nilai Haaland Beri Warna Baru ke Permainan ManCity

Haaland kini sudah cetak 22 gol untuk The Citizen

Jakarta, IDN Times - Pemain Manchester City, Phil Foden, yakin jika Erling Haaland yang langsung tampil moncer sejak datang ke Etihad Stadium, tak akan mengubah cara bermain tim besutan Pep Guardiola dalam filosofi permainan. 

Sebagaimana diketahui, eks bomber Borussia Dortmund ini telah mencetak 22 gol dalam 16 penampilan sejak bergabung dengan ManCity musim panas ini. Sembilan gol di antaranya lahir melalui hattrick yang dicetak kontra Crystal Palace, Nottingham Forest dan Manchester United.

1. Haaland tak banyak mengubah permainan ManCity

Foden Nilai Haaland Beri Warna Baru ke Permainan ManCityErling Haaland saat merayakan gol bersama Phil Foden dan Joao Cancelo. (twitter.com/ManCity)

Cara bermain Haaland sebagai penyerang nomor sembilan, dinilai bakal mengikis skema permainan Guardiola. Maklum, sebelumnya ada dia, The Citizen lebih senang bermain dengan false nine.

“Saya tidak berpikir dia telah mengubah gaya permainan kami terlalu banyak,” kata Foden dikutip laman resmi klub.

Sejauh ini, Haaland dan Foden merupakan pencetak gol terbanyak ManCity di Premier League. Haaland mencetak 16 gol dan Foden sudah membukukan enam gol hingga pekan ke-14 kompetisi paling panas Eropa ini bergulir musim ini.

Baca Juga: Guardiola: Semoga Haaland Tak Makan dan Minum Berlebihan

2. Foden sebut peran Haaland cukup vital di ManCity

Foden Nilai Haaland Beri Warna Baru ke Permainan ManCityErling Haaland melakukan selebrasi bersama rekan-rekan setim. (si.com)

Foden sendiri punya hubungan yang dekat dengan Haaland. Menurut dia, ciri khas permainan Haaland justru mengakomodir permainan passing pendek dari kaki ke kaki yang dijalankan di ManCity.

Pemain asal Inggris itu menilai, Haaland cocok dengan gaya bermain yang selama ini jadi dasar ManCity. 

"Dia jelas lebih menjadi target man dibandingkan tahun-tahun sebelumnya ketika kami bermain dengan false nine,” ujar Foden.

“Tapi sekarang kita bisa mencarinya lebih banyak, mengetahui dia bisa menggertak pemain bertahan dan berlari di belakang. Itu tidak banyak berubah, tetapi itu sedikit berubah. Dia penting untuk cara kita bermain sekarang,” lanjut dia.

3. Haaland dan warna baru permainan ManCity

Foden Nilai Haaland Beri Warna Baru ke Permainan ManCityErling Haaland saat akan mencetak gol ke gawang Borussia Dortmund (twitter.com/ManCity)

Lebih jauh, Foden menyatakan jika Haaland sudah memberikan warna baru bagi ManCity musim ini. 

“Dia memberi kami sesuatu yang berbeda dari apa yang biasa kami lakukan di tahun-tahun sebelumnya. Yang harus kami lakukan adalah terus menemukannya dan dia memiliki pemain hebat di sekitarnya yang dapat menemukannya di area penalti di mana dia kuat,” bebernya.

Kini, Erling Haaland dan Phil Foden kembali bakal diandalkan Manchester City untuk meraih kemenangan. Keduanya pun diprediksi bakal merepotkan Leicester City dalam laga lanjutan Premier League 2022/23 yang bakal digelar pada Sabtu (29/10/2022).

Baca Juga: Erling Haaland Bakal Pergi Lebih Cepat dari ManCity?

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya