Hasil Piala Asia 2023: Bungkam Tajikistan, Yordania ke Semifinal

Yordania jadi tim pertama yang lolos ke semifinal

Jakarta, IDN Times - Yordania memastikan diri lolos ke babak semifinal Piala Asia 2023. Mereka jadi tim pertama yang melaju usai menang atas Tajikistan 1-0 di babak perempat final yang berlangsung di Ahmad bin Ali Stadium, Jumat (2/2/2024).

Yordania yang diunggulkan dalam duel ini, tampil menekan sejak laga dimulai. Mereka sudah menciptakan ancaman di 10 menit laga babak pertama. Hanya saja, belum ada ancaman yang bisa membuat Tajikistan kebobolan. Terlebih, para pemain belakang tim kuda hitam ini tampil disiplin.

Tajikistan bukan tanpa perlawanan. Mereka sesekali bisa mencuri serangan dan membuat peluang, salah satunya menit 15. Sayang, sontekan Ehson Panjshanbe

hanya membentur mistar gawang saja.

1. Tajikistan sempat membuat beberapa peluang

Usai menciptakan peluang, Tajikistan tampil lebih menekan. Sebaliknya, Yordania bertahan menahan gempuran dari lawannya itu. 

Yordania baru bisa membuat peluang lagi menit 30 dan lima menit sebelum turun minum. Al Naimat hampir mencatatkan namanya di papan skor andai dua peluangnya itu bisa merobek gawang Tajikistan.

Walau sudah berusaha mencetak gol, kedua kesebelasan tak mampu mengubah keadaan. Alhasil, Yordania dan Tajikistan harus puas bermain imbang di babak pertama ini.

2. Tajikistan sempat buat Yordania tertekan

Usai turun minum, Tajikistan langsung membombardir pertahanan Yordania. Peluang emas bisa diciptakan Shervoni Mabatshoev. Sayang sodorannya hanya menyamping saja di sisi gawang Yordania.

Yordania akhirnya bisa unggul lebih dulu dalam laga ini. Mereka mendapat durian runtuh usai Vahdat Hanonov malah menceta gol ke gawang sendiri. Dia tak sengaja membelokkan bola usai terjadi kemelut di depan gawangnya.

Usai tertinggal, Tajikistan berusaha menyamakan kedudukan. Alisher Shukurov hampir saja membobol gawang Yordania andai sepakannya tak bisa dimentahkan kiper Yordania Yazeed Abdulaila.

3. Susunan Pemain Tajikistan vs Yordania

Di sisa laga, Tajikistan terus berupaya mencetak gol ke gawang Yordania. Berbagai serangan dilakukan untuk membongkar pertahanan lawannya itu. Hanya saja, banyak ancaman terbuang percuma lantaran para pemain tampil terburu-buru.

Sebaliknya, Yordania justru menurunkan tempo permainan. Usai unggul, mereka bermain lambat dan tak terbawa permainan Tajikistan.

Hingga wasit meniup peluit panjang pertandingan, kedua kesebelasan tak ada yang bisa mencetak gol. Alhasil, duel ini akhirnya dimenangkan Yordania. Mereka pun berhak melaju ke semifinal Piala Asia 2023. 

Susunan Pemain Tajikistan vs Yordania dalam laga perempat final Piala Asia 2023:

Tajikistan (4-4-2): Rustam Yatimov; Manuchekhr Safarov, Vakhdat Khanonov, Zoir Dzhuraboev, Akhtam Nazarov; Parvizdzhon Umarbayev, Alisher Shukurov; Shervoni Mabatshoev, Shervoni Panjshanbe; Shahrom Samiev, Alisher Dzhalilov.

Pelatih: Petar Segrt

 

Yordania (3-4-3): Yazeed Abulaila; Abdallah Nasib, Nasib Yazan Al-Arab, Salem Al-Jalin; Ihsan Haddad, Rajaei Ayed, Noor Al-Rawabdeh, Mahmoud Al-Mardi; Musa Al-Taamari, Yazan Al Naimat, Ali Olwan.

Pelatih: Hussein Ammouta

Baca Juga: Jadwal Live Streaming Laga Babak Perempat Final Piala Asia 2023

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya