20 Nominator Golden Boy 2020, Ada Nama Erling Haaland dan Jadon Sancho

Siapa jagoan kalian yang masuk nominasi Golden Boy 2020?

Jakarta, IDN Times - Sebanyak 20 nama mampu bertahan dalam nominasi Golden Boy Award 2020. Jumlah tersebut merupakan hasil pemangkasan dari 40 pemain yang sudah terdaftar dalam nominasi ini.

Dua wonderkid milik klub Bundesliga, Borussia Dortmund, yakni Jadon Sancho (Inggris) dan Erling Braut Haaland (Norwegia) termasuk dalam 20 nama yang masuk dalam nominasi tersebut. Bahkan, keduanya termasuk jadi favorit pemain yang bakal meraih penghargaan individu ini.

Lantas, dari 20 nama nominator yang tersisa, siapakah pemain yang layak meraih gelar Golden Boy 2020?

1. Erling Haaland masuk jadi kandidat peraih Golden Boy 2020

20 Nominator Golden Boy 2020, Ada Nama Erling Haaland dan Jadon Sanchotwitter.com/ErlingHaaland

Cukup sulit untuk mengesampingkan nama Erling Haaland dari perburuan penghargaan individu Golden Boy ini. Terlebih penampilannya bersama klub maupun Timnas Norwegia begitu luar biasa sejak musim lalu.

Bagaimana tidak, setahun silam pemain berusia 20 tahun itu mampu mencetak 28 gol untuk mantan klubnya RB Salzburg dalam setengah musim. Yang paling sensasional, dia mampu menciptakan trigol dalam debutnya di Liga Champions, plus memecahkan rekor sebagai remaja paling produktif dalam semusim.

Pada bursa transfer musim dingin, Haaland pun dibeli oleh Die Borussen. Alih-alih butuh waktu adaptasi, dia malah langsung nyetel dengan permainan tim besutan Lucien Favre dengan mencetak 16 gol bagi Dortmund hanya dalam setengah musim saja.

2. Pemain Inggris jadi yang terbanyak dalam perebutan Golden Boy 2020

20 Nominator Golden Boy 2020, Ada Nama Erling Haaland dan Jadon SanchoTwitter.com/EURO2020

Sama halnya dengan Haaland, Jadon Sancho pun punya performa mengilap musim ini dan dianggap layak mendapatkan gelar Golden Boy 2020. Bagaimana tidak, penampilan gemilangnya bersama Dortmund membuat klub-klub seperti, Manchester United pun siap merogoh kocek dalam untuk pemain berusia 20 tahun itu.

Inggris memang sedang diuntungkan dengan regenerasi yang sangat baik. Walhasil, tak hanya Sancho saja yang kini masuk dalam nominasi Golden Boys 2020. Ada beberapa pemain muda seperti, Mason Greenwood (Manchester United), Callum Hudson-Odoi (Chelsea), Bukayo Saka (Arsenal), sampai Phil Foden (Manchester City) juga masuk dalam 20 pemain yang bersaing meraih penghargaan untuk pemain muda tersebut.

Baca Juga: Erling Braut Haaland Diklaim Bisa Samai Level Messi dan Ronaldo

3. Golden Boy adalah penghargaan individu yang diberikan kepada pemain muda

20 Nominator Golden Boy 2020, Ada Nama Erling Haaland dan Jadon SanchoAnsu Fati usai mencetak gol ke gawang Villarreal, Senin (28/9/2020) dini hari. Twitter/@championsleague

Selain nama di atas, masih ada beberapa pemain muda yang juga masuk dalam nominasi Golden Boy 2020 ini. Beberapa pemain andalan macam, pemain asal Spanyol Ferran Torres (Manchester City), debutan yang berhasil menetak gol perdana untuk negaranya Prancis, Eduardo Camavinga, sampai Sandro Tonali pun punya peluang yang sama untuk meraih gelar bergengsi tersebut.

Sebelum ini, penyelenggara pemilihan pemain muda terbaik, yakni Tuttosport sempat mengumumkan 100 nominator yang bersaing meraih gelar Golden Boy 2020, selanjutnya jumlah tersebut dipangkas menjadi 60 nama, lalu 40 nama, sampai akhirnya kini menyisakan 20 nama saja.

Adapun penghargaan Golden Boy ini merupakan gelar kehormatan yang diberikan kepada pesepakbola muda yang berada di bawah 21 tahun dan sedang mentas di kompetisi domestik kasta teratas Eropa. Beberapa bintang, seperti Lionel Messi, Paul Pogba pun sempat meraih penghargaan tersebut.

4. Ini 20 nama yang masuk dalam nominasi Golden Boy 2020

20 Nominator Golden Boy 2020, Ada Nama Erling Haaland dan Jadon SanchoAlphonso Davies mencoba melewati Jason Denayer pada laga semifinal Liga Champions, Kamis (20/8/2020) dini hari. Twitter/@alphonsodavies

Berikut ini adalah 20 nama yang masuk dalam nominasi Golden Boy 2020

- Mitchel Bakker (Paris Saint-Germain)
-Eduardo Camavinga (Rennais)
- Jonathan David (Lille)
- Alphonso Davies (Bayern Munich)
- Sergino Dest (Barcelona)
- Fabio Silva (Wolverhampton)
- Ansu Fati (Barcelona)
- Phil Foden (Manchester City)
- Ryan Gravenberch (Ajax Amsterdam)
- Mason Greenwood (Manchester United)
- Erling Haaland (Borussia Dortmund)
- Callum Hudson-Odoi (Chelsea),
- Dejan Kulusevski (Juventus)
- Rodrygo (Real Madrid)
- Bukayo Saka (Arsenal)
- Jadon Sancho (Manchester United)
- Dominik Szoboszlai (RB Salzburg)
- Sandro Tonali (AC Milan)
- Ferran Torres (Manchester City)
- Vinicius Junior (Real Madrid)


Siapakah kira-kira yang bakal meraih penghargaan Golden Boy 2020?

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Pernah Berseragam RB Salzburg, Mane Hingga Haaland!

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya