Isi Kekosongan Jeda Kompetisi, Piala Presiden 2019 Kemungkinan Digelar

Belum ada kejelasan mengenai operator Piala Presiden 2019

Jakarta, IDN Times - Setelah memastikan sepak mula Liga 1 2019 dimulai pada Mei mendatang, PSSI nampaknya mempertimbangkan untuk menggelar turnamen pemanasan sebelum kompetisi resmi dimulai. Rencananya PSSI akan kembali menghelat turnamen Piala Presiden 2019.

Jika sesuai agenda, turnamen bertajuk pra-musim ini akan dijadikan ajang untuk mengisi kekosongan waktu hingga kompetisi Liga 1 digelar pada Mei 2019. Padahal, pada awalnya turnamen ini akan absen dalam pagelarannya karena jadwal klub Liga 1 masih padat.

1. Tim-tim liga 1 memiliki waktu kosong cukup lama sebelum sepak mula Liga 1 dihelat

Isi Kekosongan Jeda Kompetisi, Piala Presiden 2019 Kemungkinan DigelarPSMMakassar.co.id

Seperti diketahui, mayoritas tim-tim Liga 1 dan Liga 2 sejauh ini sedang dalam persiapan tahap awal menuju Liga 1 musim depan. Hanya jeda waktu mereka dianggap sedikit lebih lama, karena harus menunggu sepak mula Liga 1 dimulai pasca-Pemilu pada 17 April 2019.

Namun demikian, sebetulnya tim-tim di Liga 1 dan 2 ini tak bisa disebut terlalu santai menunggu sepak mula kompetisi 2019. Sebab, mereka tengah disibukkan karena sedang mengikuti Piala Indonesia yang sudah memasuki babak 32 besar.

Baca Juga: 5 Alasan Persija Begitu Perkasa di Final Piala Presiden 2018

2. Joko Driyono ingin turnamen pra-musim selesai sebelum kompetisi resmi digelar

Isi Kekosongan Jeda Kompetisi, Piala Presiden 2019 Kemungkinan DigelarSumber Gambar: beritasatu.com

Segala persiapan untuk menggelar Piala Presiden pun akan segera dilakukan. Namun, kata Plt. Ketua Umum PSSI, Joko Driyono, PSSI menginginkan turnamen tersebut selesai sebelum kompetisi resmi dimulai 2019.

"Kami ingin kedua turnamen (baik di Liga 1 dan Piala Presiden) itu dapat terlaksana. Semoga keduanya bisa dilaksanakan dari Januari sampai April 2019," kata Plt. Ketua Umum PSSI, kepada wartawan dalam Acara Kongres Tahunan PSSI di di Hotel Sofitel, Nusa Dua, Bali, Minggu (20/1).

3. Gelaran Piala Presiden sudah digelar sebanyak tiga kali

Isi Kekosongan Jeda Kompetisi, Piala Presiden 2019 Kemungkinan DigelarDok Persib.co.id

Jika sesui dengan rencana, Piala Presiden ini akan menjadi edisi yang keempat kalinya digelar. Sebelumnya, turnamen tersebut dimulai tahun 2015 dan dimenangkan oleh Persib Bandung. Selanjutnya, setahun berselang giliran Arema FC yang berhasil merebut gelar tersebut. Terakhir, Persija Jakarta yang jadi kampiun. Bahkan, mereka berhasil mengawinkannya dengan gelar juara Liga 1 2018.

4. Belum ada kejelasan mengenai operator Piala Presiden 2019

Isi Kekosongan Jeda Kompetisi, Piala Presiden 2019 Kemungkinan DigelarIDN Times/Imam Rosidin

Hanya saja sejauh ini belum ada kejelasan mengenai siapa yang akan menjadi operator turnamen pra musim tersebut. Pasalnya, pihak PSSI sendiri masih mempertimbangkan segala kemungkinan jika Piala Presdien kembali dihelat tahun ini.

5. Mayoritas tim Liga 1 dan 2 sedang menjalani babak 32 besar Piala Indonesia

Isi Kekosongan Jeda Kompetisi, Piala Presiden 2019 Kemungkinan DigelarIDN TImes/Ilyas Listianto Mujib

Sementara, di luar isu akan bergulirnya Piala Presiden 2019, mayoritas klub Liga 1 dan 2 masih melangsungkan pertandingan di Piala Indonesia di babak 32 besar. Fase ini akan dimulai pada 22 Januari - 6 Februari 2019. Seluruh tim akan menjalankan dua laga dengan sistem home dan away.

Sejumlah pertandingan seru diprediksi akan berlangsung. PSS Sleman yang baru saja promosi, misalnya, harus bertandang terlebih dahulu ke kandang Barito Putera di leg pertama. Ini akan menjadi ujian bagi PSS Sleman, tentu saja. Selain itu duel seru lainnya kemungkinan akan terjadi dalam laga Persibat Batang kontra PSIS Semarang dalam laga bertajuk derbi Jateng.

Baca Juga: Piala Indonesia, Fasilitas bagi Klub Menuju Kompetisi Tahun 2019

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya