Comscore Tracker

Jadwal Timnas Wanita Indonesia di Penyisihan Piala Asia 2022

Harus behadapan dengan Australia lebih dulu

Jakarta, IDN Times - Timnas Wanita Indonesia akan memulai perjalanannya di Piala Asia 2022. Mereka dijadwalkan langsung berhadapan dengan lawan tangguh di laga pertama Grup B, yakni Australia dalam laga yang digelar pada Jumat (21/1/2022).

Ya, Australia, tim favorit juara yang dihuni banyak pemain bintang berpengalaman, bakal jadi ujian pertama skuad Garuda Pertiwi dalam laga yang bakal digelar di Mumbai Football Arena, India. Timnas Wanita jelas tak diunggulkan dalam duel nanti dan diprediksi sulit mengimbangi kekuatan lawannya. 

Usai melawan Australia, Timnas Wanita bakal ditunggu dua lawan lain di fase grup. Sebab, tim besutan Rudy Eka Priyambada ini juga berada satu grup dengan dua lawan kuat lainnya. Keduanya merupakan tim dari Asia Tenggara, yakni Thailand dan Filipina.

Baca Juga: Australia Ultimatum Timnas Wanita Indonesia di Piala Asia

1. Punya kedalaman skuad yang kalah mentereng dari Australia

Jika membandingkan pemain-pemainnya, sudah jelas Australia punya skuad yang jauh lebih mentereng dibandingkan Timnas Wanita. Bagaimana tidak, mayoritas pemainnya merupakan andalan di klub-klub Eropa. Hanya enam pemain saja yang tampil di kompetisi domestik.

Sebaliknya, Timnas Wanita hanya punya satu pemain yang mentas di luar negeri. Dia adalah Shalika Aurelia Viandrisa, yakni bek potensial yang baru saja direkrut  klub Serie B Italia, Roma Calcio Femminile.

Walau tak diunggulkan, kapten Timnas Indonesia Wanita, Ade Mustika, berjanji akan memberikan performa terbaiknya saat bentrok dengan Australia di laga pertama Grup B Piala Asia 2022. Melawan tim kuat, semangatnya justru semakin terbakar untuk bisa membuat kejutan dalam laga nanti. 

Ade mengaku, tak akan menyia-nyiakan setiap laga yang dijalani Timnas Wanita. Terlebih, sangat jarang pasukan Srikandi bisa merasakan mentas di ajang tersebut. Terakhir kali Timnas Wanita tampil di Piala Asia adalah pada edisi 1989.

Baca Juga: Target Kyah Simon Kalahkan Timnas Wanita di Laga Perdana Piala Asia 

2. Australia tak akan beri belas kasih Timnas Wanita

Jadwal Timnas Wanita Indonesia di Penyisihan Piala Asia 2022Kyah Simon ingin Australia bisa mengandaskan Timnas Indonesia di laga pertama Grup B Piala Asia Wanita 2022 demi menjaga peluang timnya jadi juara di edisi kali ini. (myfootball.com.au)

Timnas Wanita tak dianggap remeh oleh Australia lantaran diperkuat pemain yang terus disorot AFC, yakni Zahra Muzdalifah. Pemain Australia, Kyah Simon, pun tak menampik dan menilai calon lawannya ini punya kualitas bagus. Terbukti skuad Garuda Pertiwi bisa melaju ke babak utama Piala Asia Wanita 2022

Namun, dia juga tak mau fokusnya tersita dengan mengamati Timnas Wanita. Dia lebih senang skuad Australia mempersiapkan diri dengan baik. Sehingga, mereka bisa mengalahkan lawan-lawannya di setiap laga, termasuk melawan Timnas Wanita. 

"Kami sebagai sebuah tim memiliki standar, harapan di dalam, dan antara satu sama lain. Namun, saya tidak berpikir kami perlu memberi tekanan ekstra pada diri sendiri, karena banyak memikirkan eksternal," ujar Simon.

3. Jadwal lengkap Timnas Wanita di babak penyisihan Piala Asia Wanita 2022

Jadwal Timnas Wanita Indonesia di Penyisihan Piala Asia 2022Piala Asia Wanita 2020 di India kini terancam oleh pandemik COVID-19. (the-afc.com)

Usai melawan Australia. Timnas Wanita pun dijadwalkan bakal langsung menjajal kedua pesaingnya dari Asia Tenggara itu. Berikut merupakan jadwal lengkap mereka di Piala Asia Wanita 2022.

Jumat (21/1/2022)
Pukul 17.00 WIB - Indonesia vs Australia, INews TV, RCTI Plus

Senin (24/1/2022)
Pukul 19.00 WIB - Indonesia vs Thailand, INews TV, RCTI Plus

Kamis (27/1/2022)
Pukul 21.00 WIB - Indonesia vs Filipina, INews TV, RCTI Plus

Baca Juga: Australia Ultimatum Timnas Wanita Indonesia di Piala Asia

Topic:

  • Satria Permana
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya