Kalah Adu Penalti, Indonesia Gagal Jadi Juara Piala AFF U-23 2023!

Timnas U-23 tak bisa menciptkan gol di waktu normal

Jakarta, IDN Times - Timnas U-23 Indonesia gagal menjadi juara Piala AFF U-23 2023. Bersua Vietnam di laga final yang berlangsung di Rayong Province Stadium pada Sabtu (26/8/2023), tim besutan Shin tae Yong menyerah melalui drama adu penalti. 

Coba memainkan dua penyerang anyar, Muhammad Ragil dan Abdul Rahman, Timnas U-23 tetap tampil menekan sejak laga dimulai. Mereka bahkan menguasai bola dan bisa mengukir beberapa peluang emas hingga laga berjalan 20 menit.

Timnas U-23 bisa saja unggul lima menit berselang. Rifky Dwi Seeptain yang mengeksekusi sepakan bebas, mampu melepaskan sepakan keras. Hanya saja, kiper Vietnam Quan Van Chuan yang tampil sigap, mampu menepisnya.

Petaka datang saat laga memasuki menit 31. Timnas U-23 dihukum penalti usai pemain Vietnam dijatuhkan Alfeandra Dewangga di dalam kotak berbahaya. Alhasil, wasit menilai itu sebuah pelanggaran.

Nguyen Quoc Viet yang ditunjuk sebagai eksekutor gagal menjalankan tugasnya dengan baik. Sepakan kerasanya ke sisi kiri mampu ditepis dengan baik oleh Ernando Ari. Alhasil, Vietnam hanya mendapatkan sepak pojok.

Kedua kesebelasan coba mengubah kedudukan di sisa waktu sebelum turun minum. Hanya saja, tak ada gol tercipta. Timnas U-23 dan Vietnam harus bermain imbang 0-0 pada babak pertama ini.

Memasuki babak kedua, Timnas U-23 melakukan beberapa perubahan. Ramadhan Sananta dan Jeam Kelly Sroyer. Keputusan Shin Tae Yong ini cukup tepat, karena skuad Garuda Muda semakin mendominasi jalannya pertandingan.

Beberapa peluang emas kembali diciptakan Timnas U-23 melalui sepakan bebas. Sananta hingga Dewangga hampir mencatatkan namanya di papan skor. Hanya saja, Quan Van Chuan lagi-lagi bisa mencegahnya.

Memasuki menit 60, Vietnam justru balik menekan Timnas U-23. Beberapa ancaman berhasil diciptakan. Beruntung, Ernando Ari bermain gemilang dengan mengagalkan peluang lawan. Sehingga, gawang skuad Garuda Muda tetap perawan.

Timnas U-23 berhasil mencuri peluang menit 76. Sananta mampu melepaskan sepakan keras yang menghujam ke arah gawang Vietnam. Sayang sepakannya masih membentur mistar gawang lawan.

Masing-masing kesebelasan sama-sama berusaha menciptakan gol pertamanya di sisa babak kedua. Hanya saja, sampai 90 menit waktu normal skor tak berubah. Sehingga, duel dilanjutkan ke babak tambahan.

Pada babak tambahan pertama, tak ada gol yang bisa diciptakan Timnass U-23 maupun Vietnam. Hal serupa terjadi juga pada babak kedua. Para pemain terlihat kelelahan walau belum ada yang bisa mencetak gol.

Lantaran tak bisa menentukan pemenang dalam laga terbuka sampai waktu habis, duel terpaksa ditentukan melalui adu penalti. 

Dewangga, Arkhan Fikri, Frenky Missa, Kelly Sroyer, dan Sananta secara bergiliran mampu menjalankan tugasnya dengan baik dalam adu tos-tosan ini. Sementara, lima penendang pertama Vietnam juga melakukan eksekusi dengan baik.

Sayang, Ernando Ari yang menjadi penendang keenam Timnas U-23, gagal mencetak gol. Sebaliknya, Vietnam berhasil melakukannya. Alhasil, Vietnam keluar sebagai juara Piala AFF U-23 2023. 

Baca Juga: Ernando Ari Gemilang, Timnas U-23 Tahan Vietnam di Babak I

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Eddy Rusmanto

Berita Terkini Lainnya