Comscore Tracker

Ketum PSSI: Shin Tae-yong Kesal Uji Coba Timnas U-22 Sempat Ditunda

PSSI terlambat mengajukan izin kepada pihak kepolisian

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyebut, pelatih Timnas U-22 Shin Tae-yong sempat kesal lantaran laga uji coba timnya melawan TIRA Pdersikabo batal pada Rabu 3 Maret 2021.

“Dia sempat kesal. Saya bilang kepada dia buat sabar, karena mengurus izin pertandingan ini memang susah. Saya juga bingung, makannya saya usahakan semuanya. Walau menggerutu, dia tetap saya minta tenang, dia kan nurut sama saya,” kata pria yang kerap disapa Iwan Bule dalam konferensi pers virtual, Jumat (5/3/2021).

Iriawan memaklumi kekesalan Shin. Menurut dia, pertandingan uji coba itu dinilai penting, karena bagian dari rangkaian pemusatan latihan (TC) skuat Garuda dalam tiga pekan terakhir.

Baca Juga: Menilik Protokol Kesehatan yang Dibuat PSSI dan PT LIB 

1. Shin Tae-yong nilai laga uji coba sangat penting

Ketum PSSI: Shin Tae-yong Kesal Uji Coba Timnas U-22 Sempat DitundaShin Tae-yong saat memimpin latihan Timnas Indonesia (IDN Times/Herka Yanis)

Shin tae-yong sebelumnya sudah menyusun dua laga uji coba. Namun sesaat sebelum sepak mula laga pertama, pertandingan diputudkan ditunda. Hal itu karena PSSI belum mengantongi izin dari kepolisian.

“Bagaimana mau meraih target emas, sementara tanding aja susah.Hal itu sempat dikeluhakn Shin. Tapi saya terus bilang ke dia sabar walau saya tahu seorang pelatih pasti kesal,” kata Iriawan saat menyebut bagaimana kesalnya Shin.

“Karena dia berpikir begitu pentingnya lawan tanding juga dalam TC. Shin menilai gak mungkin latihan saja. Meski ada internal games, itu berbeda,” lanjut dia.

Baca Juga: Pengakuan PSSI Soal Insiden Memalukan Batalnya Uji Coba Timnas U-22

2. Laga uji coba Timnas U-22 ditunda, bukan dibatalkan

Ketum PSSI: Shin Tae-yong Kesal Uji Coba Timnas U-22 Sempat DitundaTimnas Indonesia saat melakukan uji coba dengan Persita pada Jumat (21/2). (IDN Times/Ilyas Listianto Mujib).

Terkait alasan gagalnya laga uji coba Timnas U-22 melawan Tira-Persikabo,  Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Polri, Ahmad Ramadhan sempat buka suara. Menurut dia, penyebabnya adalah izin kepolisian yang belum keluar. 

Ramadhan menyebut, surat pengajuan dari PSSI ke Mabes Polri baru diterima di hari jelag laga. 

"Surat yang masuk tentunya membutuhkan waktu untuk diproses Polri. Kami memiliki mekanisme dalam mengeluarkan izin tersebut, salah satunya adalah melakukan kajian yang lebih dalam dari sisi keamanan dan lain-lain," kata Ramadhan.

"Itu sesuai dengan peraturan, pengajuan izin keramaian tersebut harus diajukan tujuh hari sebelum kegiatan, atau seminggu sebelumnya. Kami sampaikan jika pertandingan tersebut bukan dibatalkan, namun ditunda," lanjut dia.

Baca Juga: Izin Keluar! Ini Jadwal Baru Timnas U-22 Vs Persikabo dan Bali United

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya