Korsel Ketar-Ketir Jumpa Timnas U-23, Semua Gegara Shin Tae Yong

Timnas U-23 dinilaipunya skuad berkualitas

Jakarta, IDN Times - Pengamat sepak bola kenamaan Korea Selatan, Park Moon Seong, mengatakan jika Timnas Indonesia U-23 sangat berbahaya. Dilatih Shin Tae Yong, mereka berpotensi membuat Korsel U-23 kelabakan.

Timnas U-23 bersua Korsel dalam laga perempat final Piala Asia U-23. Duel tersebut bakal dihelat di Abdullah bin Nasser bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar pada Jumat, 26 April 2024.

Sosok Shin dinilai jadi pembeda skuad Garuda Muda. Terlebih, pelatih yang sempat menangani Korsel kelompok umur hingga senior itu, sudah paham karakter permainan sepak bola Negeri Ginseng.

1. Shin Tae Yong paham karakter permainan Korsel

Korsel Ketar-Ketir Jumpa Timnas U-23, Semua Gegara Shin Tae YongAksi pelatih Timnas U-23 Shin Tae Yong saat memberikan arahan kepada anak asuhnya di pinggir lapangan saat bersua Yordania dalam laga Grup A Piala Asia U-23. (Dok. PSSI)

Park Moon Seong menilai, Timnas U-23 berbahaya bagi Korsel yang dibesut Hwang Sun Hong. Sebab, Shin sudah mengenal gaya bermain skuad Taeguk Warrior, walaupun tak secara detail mengetahui setiap individu pemain.

Dia mengatakan, bisa saja Shin sudah mengantongi kelemahan masing-masing pemain Korsel. Dengan mendapat informasi dari rekan di negara asalanya, bukan hal sulit bagi Shin melakukannya.

“Shin Tae Yong bisa mengetahui segalanya, termasuk karakter pemain. Di sini Hwang Sun Hong harus berpikir lagi, karena lawan sudah mengenal kami dengan baik. Lalu, bagaimana persaingannya? Masalah psikologis memiliki peran krusial dalam duel ini,” kata Park Moon Seong dalam wawancaranya di YTN.

Baca Juga: Pemain Korsel Was-was, Ungkap Kekuatan Timnas U-23

2. Timnas U-23 punya skuad berbahaya dan diperkuat empat pemain keturunan

Korsel Ketar-Ketir Jumpa Timnas U-23, Semua Gegara Shin Tae YongJustin Hubner memperkuat timnas Indonesia U-23 dalam laga kontra Australia di Piala Asia U-23 2024 (dok. PSSI)

Park Moon Seong tak menampik secara statistik Korsel memang dominan. Mereka tak pernah kalah dari Timnas U-23 dalam pertemuan terakhir di semua ajang. Namun, kondisi itu tak bisa jadi jaminan.

Dia mengatakan, Indonesia saat ini sudah berubah, terutama Timnas U-23 di Piala Asia U-23 2024. Mereka dinilsi punya skuad kompetitif, terlebih diperkuat empat pemain keturunan.

“Indonesia memang baru pertama kali lolos ke perempat final. Jika melihat daftar pemain, ada empat orang merupakan kelahiran dan tumbuh di Belanda [punya postur besar],” beber dia.

“Selain itu, banyak pemain berpostur besar di Timnas U-24. Ada pemain yang piawai mengolah bola. Ini membuat Korsel harus melupakan keunggulan statistik,” lanjut Park Moon Seong.

3. Duel emosional di perempat final Piala Asia U-23 2024

Korsel Ketar-Ketir Jumpa Timnas U-23, Semua Gegara Shin Tae YongPelatih Korea Selatan U-23, Hwang Sun Hong. (the-afc).

Partai ini akan menjadi laga yang emosional buat kedua tim. Shin Tae Yong akan berhadapan dengan negaranya sendiri, sementara Korea Selatan diuji mantan pelatihnya.

Shin sudah memata-matai permainan Korea Selatan kala bentrok dengan Jepang di laga pamungkas Grup B, Senin (22/4/2024).

Saat Shin enggan berkomentar tentang laga nanti, pelatih Korsel Hwang Sun Hong memprediksi duel akan berjalan sulit.

"Dalam turnamen seperti ini, semua pertandingan akan sulit termasuk melawan Indonesia," kata Hwang Sun Hong dikutip Korea Times.

Baca Juga: Waspada Timnas U-23, Korsel Nirkalah dalam 16 Laga Terakhir

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya