Messi Pindah ke PSG? Fans Barca Ajukan Gugatan ke Pengadilan Prancis

PSG dilaporkan ke Komisi Uni Eropa dan pengadilan Prancis

Jakarta, IDN Times - Lionel Messi dipastikan hengkang dari Barcelona pada bursa transfer musim panas 2021. Seorang fans Blaugrana mengajukan gugatan kepada pengadilan Prancis dan Komisi Uni Eropa agar sang pemain tak hengkang ke Paris Saint-Germain (PSG).

Dalam beberapa hari terakhir, masa depan Messi terus dikaitkan dengan PSG. Klub raksasa Ligue 1 itu disinyalir bakal menjadi klub kedua La Pulga selama berkarier di Eropa. Sang pemain bahkan disebut semakin dekat dengan Les Parisien usai ayahnya, Jorge Messi pergi ke Prancis untuk bernegosiasi.

Dikutip Sportmax, fans Barcelona tak mau tinggal diam. Ia mencurigai PSG melakukan pelanggaran terhadap aturan Financial Fair Play.

1. Biaya gaji PSG dicurigai melebihi total pendapatan

Messi Pindah ke PSG? Fans Barca Ajukan Gugatan ke Pengadilan PrancisSergio Ramos resmi berseragam PSG. (psg.fr/en)

Dalam gugatannya, fans Barcelona yang diwakili pengacara, Juan Blanco, menunjukkan gugatan yang berisi penilaian jika federasi sepak bola prancis telah gagal menegakan aturan FFP lantaran melewati batas gaji. Regulasi FFP menyatakan bahwa ada larangan bagi klub-klub top Eropa untuk mengeluarkan biaya gaji yang melebihi total pendapatannya.

Atas dasar itu, pendukung Barcelona ini ingin menghalangi kepindahan Messi ke PSG pada bursa transfer musim panas ini, tepatnya sepekan usai Ligue 1 musim anyar bergulir. 

Barcelona, seperti rival utamanya di La Liga Spanyol, Real Madrid, sepenuhnya dimiliki para penggemar yang membayar biaya berlangganan, atau disebut  "socios.” Dan, salah satu anggota itu yang ternyata melaporkan PSG terkait FFP ini.

Baca Juga: Penyesalan Terbesar Messi saat Cabut dari Barcelona

2. Laporan fan Blaugrana sedang dalam tahap pemeriksaan

Messi Pindah ke PSG? Fans Barca Ajukan Gugatan ke Pengadilan PrancisLionel Messi. (skysports.com).

Salah satu perwakilan Uni Eropa mengatakan jika aduan dari fans Barcelona alias “socios” telah masuk. Menurut dia, komisi terkait saat ini tengah memeriksa dan belum bisa merespons apakah laporan itu bisa diproses lebih lanjut atau tidak.

"Komisi sedang menilai pengaduan di bawah prosedur standar," kata seorang juru bicara Uni Eropa.

Sementara, PSG dan operator kompetisi Ligue 1 belum ada yang menanggapi terkait kecurigaan publik ini. 

3. Penyesalan Messi tinggalkan Barcelona

Messi Pindah ke PSG? Fans Barca Ajukan Gugatan ke Pengadilan PrancisLionel Messi berpamitan tinggalkan Barcelona. (instagram.com/fcbarcelona)

Messi sendiri sudah mengungkapkan salam perpisahan untuk Barcelona. Walau mengaku berat berpisah dengan cara yang tak wajar, tanpa adanya suporter mengelilinginya di Camp Nou, ia tak bisa berbuat banyak dan harus pergi pada bursa transfer musim panas kali ini.

Emosi Messi tumpah dalam konferensi pers perpisahannya dengan Barcelona. Messi tak kuasa menahan emosinya.

Wajar, karena separuh hidupnya diabdikan di Barcelona. Sejak usia 13 tahun, Lionel Messi telah menjadi bagian dari keluarga Azulgrana. Hingga akhirnya, dia menjelma sebagai salah satu pemain terbaik dunia, meraih enam gelar Ballon d'Or, dan mempersembahkan sederet gelar buat Barcelona.

Baca Juga: Messi Tetap Dilarang Main di Barcelona Meski Tak Digaji

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya