Pelatih Vietnam Ragukan Timnas U-23 Lolos ke Final SEA Games 2021

Vietnam fokus rebut tiket lolos ke semifinal

Jakarta, IDN Times - Pelatih Vietnam, Park Hang-seo, meragukan Timnas U-23 bisa lolos ke final SEA Games 2021. Dia pun enggan berandai-andai anak asuhnya kembali bentrok dengan skuad Garuda dalam laga perebutan medali emas nanti.

Sebelumnya, Timnas U-23 membuka peluang lolos ke fase gugur SEA Games usai menundukkan Filipina 4-0, Jumat (13/5/2021). Hasil itu membuat mereka meraup enam poin menyamai torehan Myanmar yang kalah dari Vietnam di waktu yang sama.

“Pertanyaan ini sulit dijawab. Indonesia juga belum tahu apakah akan lolos ke semifinal atau tidak.  Jika kita bertemu, kita akan bertemu. Dan jika Anda tidak bertemu, itu normal,” kata Park dalam sesi konferensi pers usai laga, dikutip laman resmi SEA Games.

1. Park Hang-seo ungkit kekalahan telak Timnas U-23 dari Vietnam

Pelatih Vietnam Ragukan Timnas U-23 Lolos ke Final SEA Games 2021Pesepak bola Timnas Indonesia Ricky Kambuaya (tengah) berebut bola dengan pesepak bola Timnas Vietnam Binh Nguyen Thanh (kiri) dalam laga perdana Grup A Sepak Bola SEA Games 2021 di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, Jumat (6/5/2022). (ANTARA/Aditya Pradana Putra/nym).

Sebetulnya, Vietnam, Myanmar, dan Timnas U-23, punya kans yang sama untuk melaju ke semifinal SEA Games cabang olahraga sepak bola. Hal itu membuat Park enggan memikirkan hal yang lebih jauh selain meraih kemenangan pada satu laga sisa di babak penyisihan kontra Timor Leste.

Namun demikian, dia memastikan siap jika harus kembali berhadapan dengan Shin Tae Yong jika kedua tim lolos ke final. Dia bahkan sesumbar, sudah membuktikan diri mampu mempecundangi Timnas U-23 di babak penyisihan.

“Sebetulnya, masih terlalu dini membicarakan hasil semifinal atau final. Namun, Timnas U-23 Indonesia sudah pernah kami kalahkan 0-3. Tentu saja jika saya bertemu lagi dengan mereka, saya juga siap,” kata Pak menjawab tantangan Shin.

Baca Juga: Hitung-hitungan Timnas U-23 Lolos Semifinal SEA Games 2021

2. Vietnam akan bentrok dengan Timor Leste

Pelatih Vietnam Ragukan Timnas U-23 Lolos ke Final SEA Games 2021ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

Vietnam direncanakan bakal bersua Timor Leste, kontestan yang jadi lumbung gol di babak penyisihan ini. Sehingga, hal itu membuat peluang Vietnam untuk lolos ke fase selanjutnya lebih terbuka lebar ketimbang Timnas U-23 atau Myanmar.

Sementara, Timnas U-23 dan Myanmar harus saling sikut untuk bisa memastikan satu tiket lainnya. Hal itu sedikit menguntungkan Vietnam yang di atas kertas bakal bisa mengantongi tiket semifinal SEA Games.

“Pertandingan berikutnya, kami menghadapi Timor Leste, tetapi kami tidak bisa meremehkan lawan ini. Saya masih tidak tahu pemain mana yang akan digunakan untuk pertandingan mendatang. Saya masih memiliki banyak pilihan di tangan saya,” kata ahli strategi berusia 63 tahun itu.

3. Park masih soroti penampilan Vietnam yang menurun

Pelatih Vietnam Ragukan Timnas U-23 Lolos ke Final SEA Games 2021the-afc.com

Walau optimistis melaju ke fase gugur dan bisa menembus final SEA Games, Park tak mengelak, performa anak asuhnya terus menurun hingga laga ketiga melawan Myanmar. Namun, dia mengklaim, banyak faktor yang memengaruhinya, salah satunya strategi lawan.

“Para pemain memahami bagaimana lawan bermain. Namun dalam pertandingan tersebut, Vietnam U-23 masih melakukan kesalahan. Namun, ini adalah pelajaran untuk membantu pemain menjadi lebih dewasa,” ujar dia.

“Pertandingan berikutnya melawan Timor Leste, kami tidak tahu apakah mereka akan bermain bertahan seperti ini lagi, tetapi kami juga akan menyiapkan semua opsi untuk menghadapi lawan, "kata Park yang memilih fokus menghadapi laga terakhir ketimbang memikirkan duel lawan Timnas U-23 lagi.

Baca Juga: Bekuk Filipina, STY Puji Kolektivitas Skuad Timnas U-23

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya