Pemain Vietnam yang Ledek Timnas Indonesia Rasa Belanda Dicoret!

Kenapa Do Duy Manh dicoret?

Jakarta, IDN Times - Pemain Vietnam yang sempat meledek Timnas Indonesia seperti Belanda, Do Duy Manh, dicoret Philippe Troussier. Dia termasuk dalam lima pemain yang tak dibawa saat duel melawan skuad Garuda di Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada 21 dan 26 Maret 2024.

Sebelumnya, Do Duy Manh, berkelakar rekan-rekannya sering kebingungan antara menghadapi Indonesia atau Belanda.

"Kadang-kadang kami saling meledek. Kami bertanya-tanya nanti akan melawan tim Belanda atau Indonesia," kata pemain Hanoi FC itu dilansir laman resmi VFF.

1. Kenapa Do Duy Manh dicoret?

Pemain Vietnam yang Ledek Timnas Indonesia Rasa Belanda Dicoret!Pemain Timnas Vietnam Do Duy Manh (tengah). (vff.org.vn)

Selain Duy Manh, empat pemain lain yang dicoret Troussier adalah Nguyen Hai Long, Truong Tien Anh, Nguyen Cong Phuong, dan Giap Tuan Duong.

Duy Manh sendiri dicoret dari skuad Vietnam melawan Timnas Indonesia lantaran kondisinya yang kurang bugar. Pemain Hanoi FC itu masih berkutat dengan cedera paha.

Dia sebelumnya sudah mengikuti pemusatan latihan (TC) bersama skuad Vietnam. Duy Manh bahkan sudah berlatih bersama teman-temannya selama masa persiapan ini.

2. Minta waktu untuk pemulihan

Pemain Vietnam yang Ledek Timnas Indonesia Rasa Belanda Dicoret!Potret Hokky Caraka saat Timnas Indonesia melawan Vietnam di Piala Asia 2023. (Dok. PSSI).

Hanya saja, masalah di pahanya membuat Duy Manh ragu jika harus dipaksakan bemain dalam pertandingan. Alhasil, dia berdiskusi dengan Troussier soal kondisi kebugarannya.

Dilansir Bongdaplus, Duy Manh bahkan sudah meminta ke Troussier untuk tak dibawa saat Vietnam dua kali bentrok dengan Indonesia. Hal itu pun akhirnya dikabulkan dan dia mendapat waktu istirahat dalam jeda internasional kali ini untuk melakukan pemulihan.

3. Sebut Indonesia sulit dikalahkan walau tanpa pemain naturalisasi

Pemain Vietnam yang Ledek Timnas Indonesia Rasa Belanda Dicoret!Calon pemain Timnas Indonesia, Thom Haye. (pssi.org)

Perang urat saraf dilancarkan Vietnam jelang melawan Timnas Indonesia pada 21 dan 26 Maret 2024 mendatang. Mereka menyindir proyek naturalisasi yang digalakkan PSSI untuk Timnas Indonesia.

Sebelum serbuan pemain naturalisasi, Do Duy Manh merasa Timnas Indonesia sebenarnya begitu kuat. Namun, karena wajahnya kian kental dengan Eropa, ejekan itu muncul dalam sesi latihan Vietnam.

Namun demikian, Do Duy Manh meyakini Timnas Indonesia bakal lebih menyulitkan. Terlebih, sebagian dari mereka bermain di klub mentereng Eropa.

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya