Persipura Girang Liga 1 di Tempat Netral

Persipura bakal bersua Persita di laga pertamanya di Liga 1

Jakarta, IDN Times - Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F Tiago, menegaskan anak-anak asuhnya sudah siap mengarungi kompetisi Liga 1 2021/2022. Dia memastikan skuad Mutiara Hitam tak masalah dengan format bubble yang bakal digunakan selama kompetisi musim ini.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) meniru kompetisi Indonesian Basketball League yang digelar di tengah pandemik COVID-19 dengan sistem serupa. Terlebih, bubble to bubble ini sudah terbukti sukses diterapkan dengan baik dalam kompetisi basket tersebut.

Jacksen menuturkan sistem itu bisa menguntungkan Persipura, terutama dari sisi mentalitas. Sebab, beberapa kali Persipura sempat merasakan bermain di tempat netral.

1. Mental pemain Persipura sudah teruji di tempat netral

Persipura Girang Liga 1 di Tempat NetralPSMMakassar.co.id/Ahmad Alia

Jacksen memastikan, mental anak asuhnya sudah teruji bermain di tempat netral. Hal itu menjadi kekuatan tim karena sudah terbiasa bermain di luar kandang tanpa kehadiran suporter.

"Kami, Persipura, sudah teruji dalam kondisi seperti itu. Pada 2019 lalu kita mampu lolos ke AFC dengan kondisi bermain di Sidoarjo," kata pelatih asal Brasil itu dikutip laman resmi Liga Indonesia.

Baca Juga: Persita Sang Pendekar Cisadane Enggan Terlena Lawan Persipura

2. Jacksen sebut skuad Mutiara Hitam terus berkembang

Persipura Girang Liga 1 di Tempat Netralliga-indonesia.id

Tak pelak, Jacksen mengingatkan skuad Persipura  agar nyalinya tak ciut saat bermain di luar Jayapura. Terlebih, kali ini mereka tengah membangun kekuatan baru dan dalam kondisi berbeda jika dibandingkan kompetisi sebelumnya.

Jacksen optimistis, melihat kekuatan Persipura sekarang, bisa bersaing di Liga 1 musim ini. Dia merasa, para pemain Persipura terus menunjukkan perkembangan dari waktu ke waktu, termasuk soal kekompakan dan harmonisasi permainan.

"Saya sampaikan kepada anak-anak, meski materi kami saat ini masih dalam proses membangun sebuah kekuatan yang baru, tim sudah kompak," beber pelatih berusia 53 tahun itu.

3. Persipura bentrok melawan Persita di laga pertamanya

Persipura Girang Liga 1 di Tempat NetralPemain Persita, Herwin Tri Saputra. (Dok. Persita).

Persipura dijadwalkan bakal bersua Persita dalam langkah perdananya di Liga 1 2021/2022. Bertindak sebagai tuan rumah, mereka coba memanfaatkan hal itu untuk meraih kemenangan dalam laga yang digelar di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Sabtu (27/8/2021).

Namun, hal itu tampaknya tak bisa diraih dengan mudah oleh Persipura. Terlebih, skuad Persita besutan Widodo C Putro dihuni beberapa pemain bagus dan berpengalaman, seperti Irsyad Maulana, Raphael Maitimo, hingga beberapa legiun asing berkualitas.

Baca Juga: Ada Peluang Lokasi Tempur Liga 1 dan Liga 2 Ditambah

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya