Pesan Menyentuh Neymar untuk Pele yang Tutup Usia

Sepak bola jadi seni dan hiburan berkat Pele

Jakarta, IDN Times - Bintang Brasil Neymar menyampaikan pesan menyentuh untuk legenda sepak bola dunia Pele yang tutup usia. Dia menilai, Pele telah memberikan makna bal-balan di seluruh dunia.

Legenda Brasil yang memiliki nama Edson Arantes do Nascimento tersebut, dinyatakan meninggal dunia pada Jumat (30/12/2022) dini hari WIB. Dia Pele mengembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Albert Einstein, Sao Paolo usai berjuang melawan sakit kanker usus.

Sebelum Pelé, "10" hanyalah sebuah angka. Saya membaca ungkapan itu di suatu tempat, di beberapa titik dalam hidup saya. Tapi kalimat itu cantik, meskipun tidak lengkap,” kata Neymar di akun Instagram pribadinya.

Neymar menyebut, dampak yang diberikan Pele di dunia sepak bola begitu bermakna. Menurut dia, sepak bola sebelum Pele hanyalah olahraga biasa.

“Pele mengubah segalanya. Dia mengubah sepak bola menjadi seni, menjadi hiburan. Dia memberikan suara kepada orang miskin, orang kulit hitam dan terutama memberi visibilitas ke Brasil,” ujar pemain Paris Saint-Germain itu. 

Sepak bola dan Brasil disebut Neymar, statusnya terus memuncak berkat Pele. Dia pun memastikan bakal tetap mengenang jasa dan tak akan melupakan Pele. 

“Dia pergi, tapi sihirnya akan tetap ada. Pele itu abadi!” beber Neymar mengenang Pele. 

Baca Juga: Legenda Sepak Bola Dunia Pele Meninggal Dunia!

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya