Rooney Dipecat Birmingham, Padahal Baru Melatih 3 Bulan

Rooney hanya bisa persembahkan dua kemenangan dalam 15 laga

Jakarta, IDN Times - Wayne Rooney resmi dicopot dari kursi manajer klub Championship Birmingham City. Kepastian itu diumumkan pada Selasa (2/1/2023) malam.

Hal itu cukup mwengejutkan, karena legenda Manchester United tersebut baru  seumur jagung menangani Birmingham. DIa ditunjuk jadi manajer pada 11 Oktober 2023 dan dipecat hari ini, atau belum genap tiga bulan.

"Birmingham City hari ini resmi berpisah dengan manajer Wayne Rooney dan pelatih tim utama, Carl Robinson,” tulis pernyataan klub di laman resminya.

1. Rooney tak bisa mengangkat performa Birmingham

Rooney Dipecat Birmingham, Padahal Baru Melatih 3 BulanWayne Rooney (instagram.com/waynerooney)

Manajemen Birmingham menilai, walaupun Rooney terus berupaya meningkatkan performa tim, hasil yang diperoleh belum memenuhi harapan yang sudah ditargetkan sejak datang.

Padahal, klub punya ekspektasi tinggi kepada Rooney datang menggantikan John Eustace karena punya karier cukup mentereng sebagai pemain.

“Oleh karena itu Dewan klub merasa perubahan manajemen perlu dilakukan demi kepentingan terbaik klub," kata manajemen Birmingham.

Baca Juga: Rekam Jejak Wayne Rooney sebagai Manajer, Belum Beprestasi!

2. Rooney hanya bisa persembahkan dua kemenangan untuk Birmingham

Rooney Dipecat Birmingham, Padahal Baru Melatih 3 BulanWayne Rooney memulai kariernya sebagai manajer di Derby County. (mlssoccer.com)

Rooney memang baru menangani Birmingham dalam 15 pertandingan di semua kompetisi.

Alih-alih bisa membawa klub bersaing merebut tiket ke Premier League musim depan, posisi The Blues yang sebelumnya sempat berada di peringkat lima, justru merosot ke posisi 20 usai ditukangi Rooney.

Eks pemain Timnas Inggris itu hanya bisa mempersembahkan dua kemenangan saja bagi Birmingham. Hal itu tentu jadi catatan statistik cukup buruk dalam karier kepelatihannya. 

3. Birmingham cari pengganti Rooney

Rooney Dipecat Birmingham, Padahal Baru Melatih 3 BulanWayne Rooney (bcfc.com)

CEO Birmingham, Garry Cook, buka suara soal pemecatan Rooney. Menurutnya, waktu klub bersama sang legenda tak berjalan sesuai rencana. Alhasil, dia melakukan keputusan tegas untuk menyelamatkan tim. 

"Pencarian penggantinya akan segera dimulai dan kami akan memberikan informasi terbaru kepada para pendukung ketika kami memiliki berita lebih lanjut," kata Cook.

Sebagai pengganti, Steve Spooner yang sebelumnya menjadi pelatih tim akademi kini ditunjuk menjadi manajer interim.

Baca Juga: Birmingham Bangkrut Akibat Dituntut Klaim Upah Rp14,6 Triliun

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya