Saddil Ramdani Dipastikan Bisa Bela Timnas U-23 di SEA Games 2021

Sabah FC memberi izin kepada Saddil tampil di laga pertama

Jakarta, IDN Times - Saddil Ramdani dipastikan bisa membela Timnas U-23 Indonesia di ajang SEA Games 2021 Vietnam. Hal itu dipastikan usai klubnya, Sabah FC, yang mentas di Malaysia Super League, memberikan izin pemain berusia 23 tahun itu.

Sebelumnya, Saddil kesulitan mendapatkan lampu hijau bergabung dengan Timnas U-23 untuk ajang yang digelar mulai 12-23 Mei 2022 ini. Maklum, Sabah tengah berjuang di papan atas klasemen kompetisi musim ini. 

Namun, federasi sepak bola Malaysia (FAM) akhirnya menghentikan kompetisi sementara, karena Timnas Malaysia juga harus tampil maksimal di SEA Games. Walhasil, Saddil pun kebagian untung dari regulasi FAM itu.

1. Indra Sjafri dan Shin Tae Yong harus turun tangan untuk datangkan Saddil

Saddil Ramdani Dipastikan Bisa Bela Timnas U-23 di SEA Games 2021www.fourfourtwo.com

Sebelumnya, PSSI kesulitan meminjam Saddil ke Sabah. Mereka bahkan sempat mengutus Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri dan pelatih Shin Tae Yong, untuk berbicara dengan Pelatih Sabah FC Ong Kim Swee. Hasilnya positif, karena dia akhirnya mengizinkan Saddil pergi saat jeda kompetisi.

Setelah Ong memberikan lampu hijau, Presiden Sabah FC YB Datuk Seri Panglima Bung Moktar Bin Radin pun juga sudah setuju. 

"Terima kasih kepada Presiden Sabah FC Datuk Seri Bung Mokhtar Radin yang telah mengizinkan Saddil untuk memperkuat tim U-23 Indonesia. Sekali lagi terima kasih atas kerja samanya,” kata Iriawan dalam laman resmi PSSI, Jumat (29/4/2022).

Baca Juga: Beda Nasib Asnawi Mangkualam dan Saddil Ramdani di Timnas U-23

2. Ketum PSSI ucapkan terima kasih ke FAM soal Saddil

Saddil Ramdani Dipastikan Bisa Bela Timnas U-23 di SEA Games 2021Winger Timnas Indonesia, Saddil Ramdani. Dok.IDN Times/Istimewa

Iriawan tak lupa mengucapkan terima kasihnya kepada Presiden FAM Datuk Haji Hamidin Bin Haji Mohd Amin atas bantuannya. 

"Saudaraku, terima kasih atas atensi dan perhatiannya, salam hormat," katanya.

Pria yang kerap disapa Iwan Bule ini tak mengelak, tenaga Saddil sangat dibutuhkan pelatih Shin Tae Yong, khususnya untuk menyisir sisi kiri pertahanan lawan. Selama bermain di Sabah FC, Saddil tampil konsisten sehingga membawa tim yang berada di Pulau Kalimantan itu bisa tampil apik di Liga Super Malaysia.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Sabah FC yang mau mengerti bahwa tenaga Saddil sangat dibutuhkan oleh tim Indonesia, khususnya saat melawan Vietnam di laga pembuka pada Jumat 6,” ujar Iriawan.

3. Saddil tak bisa bela Timnas U-23 di semua laga SEA Games

Saddil Ramdani Dipastikan Bisa Bela Timnas U-23 di SEA Games 2021Saddil Ramdani. Dok. IDN Times/Istimewa

Namun, Saddil  tampaknya tak bisa membela Timnas U-23 hingga gelaran SEA Games secara penuh. Sebab, Sang pemain harus kembali ke Kinabalu, Sabah, tanggal 10 Mei, karena klubnya harus mentas di FA Cup dan Liga Super Malaysia melawan Penang FC pada 17 Mei 2022.

Walhasil, dia baru bisa kembali bergabung dengan Timnas U-23. Artinya, dia hanya bisa tampil saat tim bersua Vietnam saja di fase Grup A. Setelah itu, dia akan absen di tiga laga sisa. 

Hanya saja, jika Timnas U-23 masih bisa melangkah ke babak semifinal SEA Games 2021, Saddil bisa kembali bergabung, karena semifinal ajang ini bakal digelar 19 Mei, atau sehari setelah Saddil kembali bergabung dengan tim.

Baca Juga: Saddil dan Elkan Terancam Tak Gabung Timnas U-23, PSSI Turun Tangan

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya