Comscore Tracker

Shin Tae Yong Pimpin Latihan Perdana Timnas Indonesia  

Septian David Maulana berambisi tembus tim utama

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia mulai menggelar pemusatan latihan (TC) untuk persiapan menghadapi babak kualifikasi Piala Asia 2023 pada Oktober 2021. Mereka sudah berlatih di bawah arahan Shin Tae-yong di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Senin (20/9/2021) . 

“Kompetisi sudah berjalan, jadi saya hanya ingin melihat situasi dan kondisi fisik para pemain saja. Tidak ada latihan berat pada TC ini, besok kembali kami akan menggelar satu kali latihan,” kata Shin dalam rilis resmi PSSI.

Latihan yang dipimpin pelatih Shin berjalan selama kurang lebih 90 menit dan tempo yang relatif ringan.

1. Memilih pemain sesuai penampilannya di TC dan Liga 1

Shin Tae Yong Pimpin Latihan Perdana Timnas Indonesia  Para pemain Timnas Indonesia menjalani latihan perdana dalam pemusatan latihan (TC) untuk melakukan persiapan menghadapi babak kualifikasi Piala Asia 2023. (Dok. PSSI).

Para pemain yang dipanggil kali ini merupakan pilihan staf pelatih. Mereka bahkan selalu hadir di beberapa pertandingan Liga 1 yang sudah berjalan tiga pekan. 

“Saya dan staf pelatih tidak ada satu pun pertandingan liga yang terlewatkan untuk memantau pemain, jadi kita memang benar-benar memilih dan kita memikirkan sampai U-23 yang akan bermain di turnamen AFC U-23 pada  27 dan 30 Oktober,” ujar pelatih asal Korea Selatan itu.

Jadi, pemain yang ada di TC ini sudah memenuhi kriteria Shin Tae-yong dan ia akan memaksimalkan sisa waktu yang ada jelang laga melawan Taiwan nanti. Ia menyebut, akan memilih pemain-pemain yang punya performa terbaik dalam TC kali ini. 

Baca Juga: Shin Tae Yong Dapat 3 Asisten Baru di Timnas Indonesia

2. Septian David Maulana ingin masuk skuad Garuda

Shin Tae Yong Pimpin Latihan Perdana Timnas Indonesia  pssi.org

Sementara dua pemain debutan yang baru pertama kali di panggil Shin, yakni Septian David Maulana dan Irfan Jaya, senang bisa diberi kepercayaan untuk TC bersama Timnas Indonesia. 

“Alhamdulillah saya bisa mengikuti latihan dengan lancar, saya bersyukur bisa dipanggil kembali ke dalam timnas, semoga bisa saya manfaatkan dengan baik kesempatan yang sudah diberikan ini,” ujar Septian David.

Ia sangat termotivasi untuk menunjukkan yang terbaik dalam TC kali ini. Targetnya, bisa masuk skuad utama besutan Shin Tae Yong dalam beberapa ajang internasional ke depan.

3. Pengalaman pertama Irfan Jaya berlatih dengan Shin Tae Yong

Shin Tae Yong Pimpin Latihan Perdana Timnas Indonesia  IG: irfanjayaij41

Di sisi lain, Irfan Jaya mengungkapkan pengalamannya pertama kali melakukan latihan di bawah arahan Shin Tae Yong. Ia memastikan, bisa mengikuti arahan eks pelatih Timnas Korea Selatan itu dengan baik.

“Hari ini pelatih melihat kondisi kami. Saya sangat senang dan bersyukur bisa dipanggil lagi kembali ke tim nasional, saya akan memberikan yang terbaik di TC ini,” beber penyerang PS Sleman ini.  

Rencananya, Shin Tae-yong tak ingin berlama-lama melakukan TC, sebab dia bisa memantau kembali para pemain, karena mereka ini terus berlaga di kompetisi BRI Liga 1 yang telah digulirkan PSSI.

Baca Juga: Timnas Indonesia Jumpa 2 Musuh Bebuyutan di Piala AFF

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya