Southgate Curhat, Berharap Bisa Bawa 26 Pemain ke Piala Eropa

Inggris belum pernah meraih gelar Piala Eropa

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate berharap federasi sepak bola Eropa (UEFA) mengubah aturan soal jumlah pemain yang didaftarkan ke Piala Eropa 2024. Dia mau, jumlah yang bisa didaftarkan menjadi 26 pemain.

Sebagaimana diketahui, UEFA memperbolehkan setiap kontestan membawa 23 pemain saja di Piala Eropa. Jumlah itu dinilai lebih sedikit ketimbang ajang besar lain usai pandemik COVID-19.

“Mungkin UEFA sudah menentukan di 23 pemain. Namun, masih ada pertemuan mereka dengan beberapa pelatih untuk diskusi soal penambahan jumlah pemain,” kata Southgate dikutip BBC Sport.

1. Southgate bimbang banyak pemain Inggris cedera

Southgate Curhat, Berharap Bisa Bawa 26 Pemain ke Piala EropaMarcus Rashford dan Gareth Southgate. (talksport.com)

Tak hanya soal jumlah pemain yang mesti ideal, Southgate keberatan juga lantaran sedang bimbang memilih pemain yang tepat. Terlebih, dia masih berharap beberapa pemain berpengalaman yang cedera bisa dibawa di Piala Eropa 2024.

Pemain-pemain yang kondisinya masih diragukan karena cedera adalah Harry Kane, Trent Alexander-Arnold dan beberapa bintang yang punya peran vital dalam skuadnya.

Jika semua pemain dibawa dalam kondisi yang masih diragukan, tapi jumlah pemain yang didaftarkan masih 23 orang, maka skuad Inggris berpotensi kekurangan pemain di turnamen terbesar di Benua Biru itu.

Baca Juga: 3 Debutan Timnas Inggris pada Jeda Internasional Maret 2024

2. Bakal maksimalkan 26 pemain sampai menunggu kepastian

Southgate Curhat, Berharap Bisa Bawa 26 Pemain ke Piala EropaGareth Southgate (twitter.com/England)

Menurut rencana, Southgate baru akan mengumumkan nama pemain yang masuk skuad Inggris di Piala Eropa 2024 pada 21 Mei 2024. Dia masih menunggu hingga Premier League 2023/24 rampung lebih dulu.

Sejauh ini, dia mengaku bakal tetap memanggil 26 pemain lebih dulu dalam masa persiapan tim.

“Banyak yang bertanya terkait bagaimana soal pemain yang masih cedera. Itu tak bisa dihindari dan saya bakal membawa skuad lebih banyak. Kami bakal memakai 26 pemain hingga sebelum Piala Eropa digelar,” bebernya.

3. Timnas Inggris berada di Grup C

Southgate Curhat, Berharap Bisa Bawa 26 Pemain ke Piala Eropaistagram/philfoden

Inggris sendiri mempunyai target tinggi di Piala Eropa 2024. Skuad The Three Lions berambisi memboyong gelar yang belum pernah mereka raih sepanjang sejarah turnamen.

Hanya saja, itu tak akan berjalan mudah. Sebab, mereka harus bersaing dengan banyak tim kuat, termasuk tim-tim di Grup C yang bakal dihadapinya, seperti Slovenia, Denmark, hingga Serbia. 

Baca Juga: Misteri Bek Arsenal Tolak Panggilan Timnas Inggris

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya