Statistik Pelatih Persib Bojan Hodak di Liga 1: Bawa PSM Nirkalah

Hodak juga bawa Juku Eja ke babak utama AFC Cup 2020

Jakarta, IDN Times - Persib Bandung baru saja menunjuk Bojan Hodak sebagai pelatih anyar. Juru taktik asal Kroasia itu ternyata punya rekor cukup baik di Liga 1.

Hodak sebelumnya punya pengalaman menangani klub di Liga 1. Dia sempat menangani PSM Makassar pada 2020 silam selama sembilan bulan. Dia terpaksa berhenti lantaran pandemik COVID-19 melanda tanah air.

Selama menukangi PSM, Hodak punya statistik yang cukup baik. Lalu, bagaimana sepak terjangnya di Liga 1.

1. Hodak tukangi PSM selama tiga laga

Statistik Pelatih Persib Bojan Hodak di Liga 1: Bawa PSM Nirkalahthe-afc.com

Hodak menjalani debut bersama PSM di Liga 1 dengan sukses. Dia membawa skuad Juku Eja menang dengan skor tipis 2-1 dalam duel di Stadion Andi Mattalatta, Makassar. Dua gol tuan rumah dicetak Ferdinand Sinaga dan Hussein El Dor.

Setelahnya, PSM ditahan imbang Persita Tangerang dan Barito Putera dengan skor sama 1-1. Sayang, dia tak bisa memimpin klubnya lagi lantaran kompetisi dihentikan akibat pandemik COVID-19.

2. Hodak tangani PSM di AFC Cup 2020

Statistik Pelatih Persib Bojan Hodak di Liga 1: Bawa PSM NirkalahPSM bermain imbang 1-1 melawan Kaya FC Ilo-Ilo dalam laga lanjutan Grup H AFC Cup 2020 di Stadion Madya, Jakarta, Selasa (10/3). (IDN Times/Ilyas Listianto Mujib)

Sebelum mengarungi Liga 1, Hodak sempat memimpin PSM tampil di AFC Cup 2020. Dia mampu membawa klubnya itu lolos dari babak kualifikasi usai menumbangkan klub Timor Leste Lelanok United dalam duel yang berlangsunng dua leg itu.

PSM selanjutnya masuk Grup H di babak utama AFC Cup 2020 bersama Tampines Rovers (Singapura), Shan United (Myanmar), dan Kaya FC-Iloilo (Filipina). Kalah sekali dari Tampines, mereka kemudian menang atas Shan dan bermain imbang 1-1 lawan Kaya FC.

Mereka harus bertengger di peringkat tiga di ajang kasta kedua Asia tersebut. Kompetisi pun akhirnya terhenti lantaran COVID-19.

3. Sepak terjang Hodak saat jadi pelatih

Statistik Pelatih Persib Bojan Hodak di Liga 1: Bawa PSM NirkalahPelatih PSM Makassar, Bojan Hodak, berbicara dalam konferensi pers pra-pertandingan leg pertama play off AFC Cup 2020 kontra Lalenok United FC. (Dok. PSM Makassar/Ahmad Alia)

Hodak memulai karier kepelatihannya di Malaysia dengan menandani UPB-MyTeam di 2006 silam. Pada 2010, Hodak hijrah ke Kamboja dan melatih Phnom Penh Crown. Dia membawa klub tersebut menjadi juara pada 2011, dan lolos ke AFC President Cup untuk pertama kalinya sepanjang sejarah.

Selepas itu, Hodak sempat hijrah ke China, hingga kembali ke Malaysia dengan menukangi Kelantan, Johor Darul Ta'zim (JDT), jadi CEO Penang, Timnas Malaysia U-19. Sempa menukangi PSM, dia kemudian balik ke Malaysia menjadi pelatih Kuala Lumpur City FC dan membawa prestasi jadu runner-up Piala Malaysia hingga runner-up AFC Cup 2022.

Baca Juga: Resmi! Persib Tunjuk Bojan Hodak Jadi Pengganti Luis Milla

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya