Comscore Tracker

Timnas Indonesia Langsung Alihkan Fokus ke Piala AFF

Timnas Indonesia menang telak atas 4-0 atas Antalyaspor

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, mengaku puas dengan performa anak asuhnya dalam laga uji coba terakhir Timnas Indonesia. Terlebih, Timnas bisa mencetak banyak gol dan memenangkan pertandingan dengan catatan clean sheet. 

Bentrok dengan Antalyaspor, skuad Garuda berhasil menang telak, dengan skor 4-0, di Limax Football Complex, Antalya Turki, Minggu (28/11/2021). Empat gol kemenangan Timnas Indonesia, masing-masing dicetak Ricky Kambuaya (54'), Witan Sulaeman (58'), Ezra Walian (81'), dan Evan Dimas (90').

"Senang dan puas dengan hasil kemenangan telak melawan Antalyaspor, namun isi pertandingan masih kurang," kata Shin usai pertandingan.

1. Banyak rotasi pemain

Timnas Indonesia Langsung Alihkan Fokus ke Piala AFFTimnas Indonesia menang dalam laga uji coba terakhirnya di Turki melawan Antalyaspor dengan skor telak 4-0 pada Minggu (28/11/2021). (Dok. PSSI).

Jika melihat susunan pemain yang diturunkan saat melawan Antalyaspor, Shin memang melakukan beberapa perubahan dalam starting eleven. Pemain-pemain yang jarang mendapat menit bermain, seperti Marckho Sandy, Ryuji Utomo, I Kadek Agung Widnyana, dan beberapa pemain lain, tampil sejak babak pertama. 

"Kami banyak merotasi pemain dibanding dua uji coba sebelumnya. Pada laga ini, kami juga punya evaluasi untuk para pemain. Kami harus perbaiki mental dan terus menjaga semangat pemain. Secara umum, selama pemusatan latihan di Turki para pemain menunjukkan perkembangan yang baik dan meningkat," kata pria asal Korea Selatan itu.

Baca Juga: Naturalisasi Buat Timnas Indonesia Tak Sembarangan

2. Rapor uji coba di Turki

Timnas Indonesia Langsung Alihkan Fokus ke Piala AFFEzra Walian sedang diapit dua pemain Afganistan saat Timnas Indonesia kalah dalam laga uji coba FIFA Match Day pada 16 November 2021. (pssi.org).

Terlepas dari itu, Shin merasa senang, Timnas Indonesia bisa meraih kemenangan pada laga uji coba terakhirnya di Turki. Hal itu setidaknya bisa dijadikan modal bagus bagi para pemain menuju Piala AFF 2020. Namun, dia mengingatkan agar kekurangan yang masih dilakukan bisa diperbaiki demi tampil maksimal di Piala AFF.

Tercatat, Timnas Indonesia sudah melakukan tiga laga uji coba selama menjalani pemusatan latihan di Turki. Setelah kalah dari Afganistan dalam laga uji coba di jeda internasional, Evan Dimas dan kolega mampu meraih kemenangan atas Myanmar (4-1) dan Antalyaspor (4-0).

Mereka pun tinggal menyelesaikan beberapa kali latihan lagi sebelum bergegas ke Singapura untuk mengikuti ajang Piala AFF 2020.

3. Timnas Indonesia berada di grup berat

Timnas Indonesia Langsung Alihkan Fokus ke Piala AFFTimnas Indonesia berhasil menahan imbang Thailand 2-2 sekalgus meraih poin perdana di kualifikasi Piala Dunia 2022, Kamis (3/6/2021). (Dok. PSSI).

Timnas Indonesia berada di grup berat saat tampil dalam ajang dua tahunan itu. Mereka harus bersaing dengan Vietnam, Malaysia, Laos, dan Kamboja, untuk mendapatkan tiket ke semifinal. Tentu, butuh perjuangan keras dari Pasukan Merah Putih untuk melaju ke fase selanjutnya.

Apalagi, targetnya di Piala AFF 2020 tinggi. Shin Tae Yong diminta mempersembahkan gelar perdana untuk Timnas Indonesia. Padahal, mereka belum pernah sama sekali mendapatkan trofi sejak ajang ini digelar pertama kali pada 1996.

Sebetulnya, Timnas Indonesia sering tampil dalam laga puncak sepanjang sejarah Piala AFF. Tercatat, Indonesia sudah lima kali tampil di final Piala AFF. Namun, semua kesempatan yang didapat tak pernah menghasilkan satu trofi pun.

4. Dibayangi tragedi Piala AFF 2018

Timnas Indonesia Langsung Alihkan Fokus ke Piala AFFTimnas Indonesia di laga lanjutan Piala AFF 2018 di Jakarta. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Thailand jadi negara paling banyak meraih gelar Piala AFF dengan catatan lima kali juara. Setelah mereka, ada Singapura (empat gelar), Vietnam (dua gelar), dan Malaysia (satu gelar), yang berhasil membawa pulang trofi paling bergengsi di Asia Tenggara.

Terakhir kali mentas di Piala AFF, yakni saat 2018 lalu, Timnas Indonesia tak mampu berbuat banyak. Mereka harus tersingkir di babak penyisihan lantaran tak mampu bersaing dengan Thailand, Filipina, dan Singapura.

Timnas Indonesia bakal mengawali kiprahnya di ajang tersebut melawan Kamboja pada 9 Desember 2021. Tiga hari berselang, mereka ditunggu Laos dalam laga kedua fase awal kompetisi paling elite di Asia Tenggara ini.

Usai berhadapan dengan kedua tim itu, Timnas Indonesia bakal bersua dua unggulan secara beruntun, yakni Vietnam (15 Desember) dan Malaysia (19 Desember). Tentu itu jadi tantangan berat yang harus dihadapi Skuad Garuda untuk bisa melaju ke fase gugur.

Baca Juga: Thailand Takut dengan Timnas Indonesia di Piala AFF

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya