Timnas Indonesia vs Australia: Rizki Ridho Berbenah Mental

Enggan lakukan kesalahan seperti lawan Irak

Jakarta, IDN Times - Pemain Timnas Indonesia, Rizky Ridho, mengaku terus memperbaiki mentalnya jelang duel melawan Australia. Dia juga terus menganalisis kekuatan lawannya itu agar bisa bermain dengan baik.

Timnas Indonesia dijadwalkan bentrok dengan Australia di babak 16 besar Piala Asia 2023 di Jassim Bin Hamad Stadium pada Minggu, 28 Januari 2024. Walau kalah segalanya, Timnas Indonesia punya ambisi kembali membuat kejutan di ajang bergengsi ini.

"Untuk persiapannya sendiri, lebih fokus saja. Sama mental lebih dikuatkan karena menurut saya sendiri saat melawan Jepang, saya bermain kurang baik. Jadi saya akan evaluasi diri," kata Rizky Ridho dikutip laman resmi PSSI. 

1. Rizki Ridho tak mau melakukan kesalahan lagi

Timnas Indonesia vs Australia: Rizki Ridho Berbenah MentalTimnas Indonesia lawan Iran dalam laga uji coba. (don. PSSI)

Ridho berharap saat menghadapi Australia, dia bisa bermain lebih baik. Ridho pun belajar banyak dari laga kontra Jepang.

Selain berbenah mental, Rizki Ridho juga terus mempelajari kekuatan Australia. Punya postur lebih tinggi ketimbang skuad Garuda, dia bakal menyiapkan diri agar tak mengulangi kesalahan seperti yang dilakukan di babak penyisihan Grup D.

Saat menghadapi Irak di laga pertama Grup D, Ridho kalah duel dengan Aymen Hussein, sehingga Singa Mesopotamia berhasil mencetak gol ketiga ke gawang Indonesia.

"Kalau dari saya, belajar dari kesalahan itu tadi. Jangan sampai kalah lagi dalam duel seperti itu," ujarnya.

Baca Juga: Shin Tae Yong: Indonesia Pantang Menyerah Walau Australia Superior

2. Australia superior, tapi...

Australia tampil superior di babak penyisihan Piala Asia 2023. Mereka lolos ke fase gugur dengan status juara Grup B usai meraih tujuh poin, hasil dari dua kali menang dan sekali imbang.

Namun demikian, mereka bukan tanpa celah. Beberapa kali skuad Socceroos dibuat kesulitan oleh tim-tim yang tampil lebih bertahan. Hal itu tergambar di laga mereka saat bentrok dengan India (2-0), Suriah (1-0), dan Uzbekistan (1-1).

Menilik hal ini, Timnas Indonesia masih punya kans untuk bisa merepotkan Australia dalam duel nanti. Hanya saja, skuad Garuda juga wajib memanfaatkan sekecil apapun peluang yang diciptakan, karena Australia juga punya pertahanan cukup solid di Piala Asia 2023 ini. 

3. Timnas Indonesia jadi underdog

Timnas Indonesia vs Australia: Rizki Ridho Berbenah MentalTimnas Indonesia lawan Vietnam di Piala Asia 2023. (Dok. PSSI)

Timnas Indonesia sendiri bakal jadi underdog dalam duel nanti. Maklum, skuad Garuda lolos ke fase gugur lantaran mendapat keberuntungan. Setelah sebelumnya hampir gugur, mereka lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 sebagai tim peringkat tiga terbaik.

Kalah dua kali dan hanya sekali menang, Timnas Indonesia sebetulnya hampir saja pulang. Namun, lantaran Oman ditahan imbang Kyrgystan 1-1 di laga terakhir, skuad Garuda pun tertolong hingga bisa bersua Australia di babak 16 besar Piala Asia 2023.

Baca Juga: Shin Tae Yong Ogah Umbar Cara Timnas Indonesia Matikan Australia

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya