Timnas Indonesia vs Australia: Shin Tak Akan Lakukan Banyak Rotasi

Shayne Pattynama belum diberi kesempatan tampil

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, mengungkapkan secara tersirat tak akan melakukan banyak perubahan dalam komposisi pemain di laga babak 16 besar Piala Asia 2023. Bentrok dengan Australia, dia tak bakal merotasi starting eleven. 

Timnas Indonesia dijadwalkan bentrok dengan Australia di Jassim Bin Hamad Stadium pada Minggu (28/1/2024). Walau kalah segalanya, Timnas Indonesia punya ambisi kembali membuat kejutan dan berusaha merebut tiket ke babak perempat final.

“Kemungkinan pemain yang belum bermain satu menit pun [di Piala Asia], sejauh ini tidak mudah bagi mereka tampil melawan Australia,” kata pelatih asal Korea Selatan itu dalam sesi konferensi pers sebelum laga pada Sabtu, 27 Januari 2024.

1. Jumlah pemain yang masuk DSP dan bisa tampil di lapangan dibatasi

Timnas Indonesia vs Australia: Shin Tak Akan Lakukan Banyak RotasiSesi konferensi pers sebelum laga antara Timnas Indonesia vs Australia di babak 16 besar Piala Asia 2023. (Dok. PSSI)

Shin pun mengungkapkan alasannya kenapa belum memberi kesempatan beberapa pemain mentas di Piala Asia 2023. Dia menilai, jika skuad yang masuk Daftar Susunan Pemain (DSP) terbatas setiap laganya.

“Meskipun kami membawa 26 pemain, pemain yang sebenarnya bermain di pertandingan biasanya adalah 16 orang [lima masuk dari bangku cadangan]. Jadi, menurut saya situasi serupa juga terjadi di tim lain,” ujar Shin kepada awak media.

Sejauh ini, beberapa penggawa skuad Garuda masih diparkir, seperti Shayne Pattynama, Dendy Sulistyawan, Ramadhan Sananta, Edo Febriansah, Wahyu Prasetyo, hingga duo kiper Nadeo Argawinata dan Muhammad Riyandi.

2. Shin tak spesialkan pemain naturalisasi

Timnas Indonesia vs Australia: Shin Tak Akan Lakukan Banyak RotasiSelebrasi pemain Timnas Indonesia usai bobol gawang Jepang di Piala Asia 2023, Rabu (24/1/2024). (the-afc.com).

Shin memang tak pandang bulu saat memilih skuad terbaiknya dalam satu laga. Walau dihuni beberapa pemain naturalisasi berpengalaman, dia tak melihat nama besar itu. Namun, memainkan pemain yang benar-beat siap.

Sandy Walsh sempat duduk di bangku cadangan pada laga lawan Irak di partai pembuka. Dia baru mentas saat di pengujung laga. Baru saat melawan Vietnam dan Jepang dia dipercaya tampil penuh.

3. Kenapa Shayne Pattynama belum diberi kesempatan?

Timnas Indonesia vs Australia: Shin Tak Akan Lakukan Banyak RotasiShayne Pattynama (twitter.com/PSSI)

Kemudian, Shayne Pattynama juga masih tak kunjung mendapat waktu bermain. Bisa jadi, hal itu tak lepas dari dirinya yang telat bergabung dengan tim, karena menemani ibunya yang tengah sakit di Belanda.

Pertimbangan soal adapatasi dan kerja sama tim tentu jadi pertimbangan utama Shin. Namun, ada juga beberapa faktor lainnya yang memang jadi hak prerogatif pelatih dalam menentukan komposisi terbaiknya.

Sepanjang babak penyisihan, hanya ada tiga pemain Timnas Indonesia yang selalu bermain tanpa pernah diganti Shin Tae Yong. Mereka adalah Marselino Ferdinan, Justin Hubner, serta Pratama Arhan. 

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya